Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tren E-Commerce Live Streaming Kian Populer di Indonesia

0 2.523

Masa pandemi tahun 2020 yang lalu ternyata pemicu lonjakan aktivitas digital masyarakat Indonesia untuk belanja daring. Hasil survei dari Bank DBS Indonesia menemukan peningkatan sebesar 66% pertumbuhan pengguna e-commerce di Indonesia. Termasuk didorong oleh tren e-commerce live streaming.

Masyarakat semakin beralih ke online untuk mencari beragam jenis produk mulai dari kebutuhan sehari-hari, kesehatan, elektronik, perawatan, kecantikan, dan masih banyak lagi. Semenjak pandemi, kegiatan belanja online naik sebanyak 14%, sedangkan belanja di pusat perbelanjaan turun secara signifikan mencapai 24%.

Sementara itu berdasarkan laporan dari Redseer, Gross Marketing Value (GMV) e-commerce Indonesia meningkat di kuartal kedua tahun ini, mencapai US$10 miliar. Hal ini karena dorongan masyarakat yang berganti ke platform daring untuk belanja produk kebutuhan sehari-hari. Seperti kesehatan dan perawatan, bahan makanan, dan Fast-Moving Consumer Goods (FMCG).
Baca juga: Facebook Ungkap Tren Belanja Online Kelas Menengah di Indonesia

Tren E-commerce Live Streaming di Indonesia

e-commerce live streamingSalah satu yang menjadi sorotan adalah E-commerce live streaming di Indonesia yang telah meningkat secara signifikan menanggapi waktu dan kondisi yang tepat ini. Hal ini dibuktikan dengan pemain e-commerce ternama di Indonesia seperti Shopee dan Lazada.

Mereka menggunakan platform live streaming sebagai alat promosi penting untuk mendorong konversi pesanan. Sekaligus menciptakan pengalaman live streaming yang menyenangkan untuk meningkatkan interaksi pelanggan.

Belanja ditambah konten live streaming dapat meningkatkan interaksi langsung antara merek dan konsumen, yang semakin diyakinkan tentang kualitas produk, dan mendorong konsumen mengambil keputusan pembelian yang cerdas dan efisien.

Penerapan e-commerce live streaming yang kreatif dianggap berhasil menarik minat masyarakat, dan mitra bisnis. Mereka bergabung dalam berbagai platform live streaming sebagai tindakan mengikuti tren digital populer.

Inovasi konten e-commerce live streaming memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian konsumen. Temuan Shopee yang mencatat peningkatan penjualan sebesar rata-rata 3,5 kali. Sementara Lazada, pada bulan April 2020 saja sudah mencetak total angka GMV yang dihasilkan melalui LazLive meningkat 45% dari bulan ke bulan.

Masuknya pemain baru e-commerce live streaming

e-commerce live streaming.Selain para pemain e-commerce ternama di Indonesia, platform online lain dengan basis pengguna yang besar seperti Facebook dan UC Browser juga telah memasuki bidang live streaming UC Browser sendiri telah meluncurkan solusi interaksi online baru pada tahun 2020.

Layanan UCeleb network adalah MCN yang menyediakan layanan terpadu untuk mitra merek dengan melalui sarana komunikasi Key Opinion Leader, desain kreatif, hingga penguatan kampanye. Menurut laporan tren tahunan UC Browser terbaru, mulai bulan April 2020 hingga Desember 2020, telah tercatat beragam kerjasama dengan mitra merek yang telah menarik total penonton hingga 4.545.268 tayangan untuk live streaming di UC Browser.

Meledaknya minat pasar belanja online seperti Indonesia juga telah memicu permintaan rekomendasi berbasis konten. Laporan tahunan UC Browser 2020 juga telah menunjukkan bahwa ulasan produk dan konten rekomendasi telah menyaksikan lebih dari 13 miliar konsumsi di platformnya pada tahun 2020.

Banyak alternatif dan peluang lain yang dapat dicapai para pelaku usaha untuk menjangkau konsumen di tengah perubahan perilaku yang signifikan. Melihat pertumbuhan pengguna e-commerce dan konsumsi konten digital yang tinggi di Indonesia, seakan menjadi pertanda bahwa perubahan ini akan bertahan untuk sementara waktu.

Perusahaan dan para pelaku usaha sewajarnya mencari inovasi untuk beradaptasi sehingga mampu bersaing tidak hanya menghadapi kompetisi, namun juga perubahan perilaku pasar. Popularitas tren live streaming e-commerce dan rekomendasi konten diharapkan mampu menjadi kontribusi besar terhadap suksesnya sektor e-commerce di Indonesia, negara dengan potensi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.