Nokia WING Perkuat Konektivitas Layanan Solusi IoT Enterprise HMD Global

Tidak bisa dipungkiri jika internet of things (IoT) merupakan teknologi yang paling berkembang saat ini, begitu juga dengan permintaannya. Hal ini tampaknya menjadi alasan di balik alasan HMD Global menmanfaatkan Nokia WING untuk memperkuat konektivitas layanan solusi IoT enterprise miliknya.

Kemitraan tersebut terkait penggunaan World Wide IoT Netword Grid (WING) milik Nokia pada solusi manajemen SIM data global untuk perusahaan yang bernama Connect Pro.

Layanan IoT milik HMD Global ini menawarkan kemampuan konektivitas pada perusahaan untuk melacak aset secara real-time, di mana pun berada dengan satu platform untuk visibiltas, keamanan, dan produktivitas yang lebih baik.

Biasanya, layanan sejenis ini digunakan pada perusahaan logistik, distributor produk kesehatan, penyedia energi, dan industri lain yang membutuhkan informasi yang lebih baik tentang aset bergerak mereka hanya dengan platform manajemen tunggal.

Konektivitas 5G di Seluruh Dunia

Nokia Wing Platform
Platform Nokia WING

Dalam hal ini, HMD Global akan menawarkan perangkat keras dan paket datanya sendiri melalui layanan HMD Enable Pro yang sudah tersedia dan digunakan lebih dari 600 jaringan di lebih dari 180 negara.

Dengan dukungan teknologi IoT Connectivity Enablement Nokia WING, HMD Global mampu menghadirkan konektivitas 5G tanpa batas di seluruh dunia.

Lewat pengumuman kerja sama yang dilakukan secara virtual Selasa (15/6/2021), Janne Lehtosalo, VP President of Services HMD Global mengatakan bahwa IoT merupakan industri yang berkembang paling cepat.

“Pemanfaatannya akan meningkat di tahun 2023. Aplikasi bisnis dan cloud computing menjadi yang pertumbuhannya paling cepat. Jika di tahun ini pemanfaatannya mencapai US$418 juta, maka pada tahun 2023 mencapai US$1,5 miliar, ujarnya.

Sementara itu, Ankur Bhan, Head of Network Function Service Nokia mengatakan, pihaknya bersama HMD Global akan menyediakan jaringan IoT yang unggul ke seluruh dunia dengan tingkat dukungan pelanggan yang konsisten.

“Layanan HMD Connect Pro akan memanfaatkan ekosistem konektivitas yang terus berkembang. NOKIA Wing memungkinkan dunia terhubung tanpa batas untuk IoT, sehingga mengurangi kompleksitas bagi perusahaan dan memungkinkan mereka mengontrol asetnya di mana pun berada,” ujarnya.

Membantu Transformasi Digital Perusahaan

Di balik kemitraan HMD Global dan Nokia ini, juga ada peranan CGI, sebuah perusahaan konsultan IT global yang akan menawarkan layanan HMD Connect Pro, HMD Enable Pro, dan perangkat keras smartphone sebagai bagian dari portofolio layanan end-to-end CGI kepada klien dari kalangan enterprise.

Keahlian CGI akan membantu klien menavigasi perjalanan transformasi digital mereka. Kemitraan ini tentunya akan mengintegrasikan kekayaan penawaran inovatif CGI ke dalam portofolio peroduk perusahaan HMD Global yang telah ada untuk memberikan keamanan, peningkatan efisiensi, dan interoperabilitas teknologi yang lebih dalam.

“Dalam beberapa tahun terakhir, analitik dan kecerdasan buatan telah menjadi pusat untuk memajukan strategi bisnis perusahaan. Kami telah mendukung pertumbuhan bisnis HMD dan pengalaman pelanggan yang positif dari pengguna ponsel Nokia melalui analitik,” ungkap Markus Lenius, VP Advanced Analytics Solution CGI Finlandia.

Tinggalkan komen