alexa

Bangun Pusat Data hingga Goverment Cloud Jadi Target Kominfo di 2022

Jakarta, Gizmologi – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menjelaskan ada beberapa program prioritas yang akan dijalankan kementeriannya, pada tahun 2022. Salah satunya mempersiapkan masyarakat Indonesia memasuki era transformasi digital

“Dampak COVID-19 mengharuskan kita menyelesaikan permasalahan di sektor digital untuk mengantarkan masyarakat memasuki era transformasi digital,” kata Johnny G Plate di sela Rapat Kerja Komisi I DPR, Senin (30/8/2021).

Johnny menjelaskan hampir semua program yang dimiliki Kemenkominfo merupakan prioritas, misalnya infrastruktur digital seperti satelit dan penyediaan akses internet untuk fasilitas publik masyarakat. Termasuk meningkatkan kemampuan digital dari sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

“Di tingkat dasar ada gerakan literasi digital, tingkat menengah ada ‘digital talent scholarship’, dan tingkat atas ada ‘digital leadership academy’. Tentu saja kerja sama dengan institusi lain harus dibangun bersama-sama, termasuk dengan global teknologi yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Pusat Data dan Goverment Cloud

Kominfo - 5G Indosat
(Kiri-kanan) CEO Indosat Ahmad Al Neama, Director & Chief Operating Officer Indosat Vikram Sinha, Menteri Johnny G. Plate, Direktur Jenderal PPI Ahmad Ramli dan Direktur Telekomunikasi Aju Widyasari.

Johnny menjelaskan Kominfo akan mempersiapkan infrastruktur untuk data di Indonesia sehingga dapat dibentuk pusat data atau “goverment cloud” yang harus dipersiapkan sejak saat ini. Seiring dengan pemerataan infrastruktur jaringan internet di tanah air.

“Seperti Palapa Ring, dan upaya peningkatan literasi digital masyarakat yang sekarang ini sedang kita galakkan,” ungkapnya.

Dia menekankan bahwa semua program-program prioritas tersebut perlu didukung anggaran yang memadai agar pelaksanaannya bisa maksimal. Sehingga Raker Komisi I DPR dapat membahas secara rinci kebutuhan anggaran bagi pelaksanaan program prioritas Kominfo 2022.

“Apalagi diharapkan pemulihan pandemi COVID-19 lebih baik sehingga gerak ekonomi masyarakat berjalan dan saat yang sama ada agenda politik dalam negeri,” pungkasnya

Tinggalkan komen