Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bantu UKM di Indonesia, Facebook Kucurkan Dana Rp12,5 Miliar

0 281

Keberlangsungan usaha kecil menengah atau UKM sangat penting untuk dijaga, terutama di situasi yang sangat tidak menentu seperti sekarang. Mereka harus bisa untuk beradaptasi dengan perubahan, mengubah strategi konvensional agar apa yang ditawarkan masih dapat memikat masing-masing target konsumennya. Kondisi ini rupanya menjadi perhatian juga bagi Facebook.

Selain terus mengedukasi penggunanya untuk tetap aman dalam berselancar di internet, serangkaian inisiatif telah digulirkan oleh Facebook untuk menghadapi ketidakpastian situasi ekonomi akibat pandemi global. Salah satunya termasuk mendukung UKM di Indonesia.

Bentuk dukungan yang diberikan oleh Facebook bermacam-macam. Di antaranya adalah memberikan dana bantuan senilai total Rp12,5 miliar, program pelatihan virtual secara daring, dan fitur produk di seluruh aplikasi produk. Facebook merancang aplikasinya agar para pebisnis UKM lokal mampu promosikan produknya dengan lebih mudah.

Nilai Rp12,5 miliar tentu saja sangat kecil dibanding pemasukan raksasa media sosial tersebut di Indonesia yang diperoleh dari iklan baik di Facebook maupun Instagram. Meski demikian, tentu saja lebih baik sedikit daripada tidak sama sekali.

“UKM saat ini mengalami masa-masa yang sangat sulit,” kata Pieter Lydian, Country Director untuk Indonesia di Facebook dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (7/10). “Banyak dari mereka yang berusaha beradaptasi dan memanfaatkan platform online. Kami mendengarkan tantangan yang dihadapi para pemilik UKM dan ingin memberikan dukungan yang bermanfaat – termasuk dukungan finansial.”

Dukungan tersebut ditujukan untuk membantu para UKM agar dapat kembali bangkit, menata ulang strategi dan memulihkan kinerja usahanya. Facebook bermitra dengan Deloitte Consulting dan Goodera untuk meninjau pendaftar yang masuk, menyeleksi UKM, dan mendistribusikan dana bantuan kepada UKM yang nantinya bakal terpilih.
Baca juga: Fase Transisi New Normal Krusial Bagi UKM Indonesia

Cara Mendaftar Program Dana Bantuan UKM Dari Facebook

Secara global, Facebook bakal menggelontorkan bantuan senilai USD100 juta dalam bentuk dana cash maupun ad credits, untuk membantu sekitar 30 ribu pengusaha kecil di lebih dari 30 negara agar dapat melewati masa sulit saat ini. Khusus di Indonesia, disiapkan dana senilai total Rp12,5 miliar.

Dana tersebut dibagikan ke kurang lebih 400 UKM yang lolos tahap seleksi, masing-masing bakal menerima uang tunai sekitar Rp31 juta, dan sekitar Rp19 juta dalam bentuk ad credits. Pendaftarannya telah dibuka, hingga batas waktu akhir sampai 12 Oktober 2020 lewat halaman khusus berikut ini. Pelaku UKM tak diwajibkan untuk memiliki akun Facebook sebagai syarat pendaftaran.

Beberapa persyaratan lainnya adalah pelaku UKM wajib memiliki antara 2 – 50 karyawan, telah menjalani usahanya lebih dari satu tahun, dan menghadapi kesulitan dikarenakan situasi pandemi. Dan syarat lainnya telah dijabarkan oleh Facebook pada halaman pendaftaran di atas, setelah pengguna memilih negara Indonesia.

Selain dalam bentuk bantuan langsung, Facebook juga menyelenggarakan rangkaian webinar gratis untuk bantu para wirausaha membawa bisnis mereka ke ranah daring, supaya bisa beradaptasi dengan cepat. Sementara di halaman ini, Facebook berikan tips, fitur dan pelathian gratis untuk bantu UKM tetap terhubung dengan pelanggan. Semoga dapat membantu Gizmo friends yang juga menjadi pelaku UKM saat ini ya.