Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Facebook Ajak Pengguna Berbagi Kebaikan, Rilis Program & Stiker Ramadan

0 603

Menyambut bulan penuh kebaikan yang datang di pekan depan, Facebook dan keluarga aplikasinya (Instagram dan WhatsApp) mengajak masyarakat di Indonesia untuk bergabung dengan komunitas global, dalam kampanye Ramadan yang dilangsungkan secara daring. Seiring dengan masuknya bulan Ramadan di masa pandemi.

Selama pandemi COVID-19 masih berlangsung, tentunya tradisi untuk mudik atau pulang kampung bertemu sanak keluarga besar bakal dicegah atau ditiadakan. Kondisi tersebut membuat masyarakat hanya dapat bertemu secara virtual, merayakan momen kebersamaan lewat daring dari tempat tinggal masing-masing. Mulai hari pertama Ramadan nanti, Facebook bakal hadirkan banyak cara dan ide untuk penggunanya menyebar kebaikan.

Setiap orang nantinya dapat menjelajahi, menginspirasi dan mengekspresikan kebaikan di tiga platform yaitu Facebook, Instagram dan WhatsApp. Tiga poin tersebut adalah yang utama untuk program Facebook pada bulan Ramadan 2021 ini. Kampanye #BulanKebaikan ini hadir guna memberi lebih banyak cara bagi orang-orang untuk lakukan kebaikan.

Baca juga: Facebook Luncurkan Fitur Pelacak Lokasi dan Informasi Vaksinasi Covid-19

Hadirkan Dampak Positif Untuk Komunitas Hingga UKM

Facebook UKM

Dalam sebuah sesi konferensi daring (8/4), Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia menyebutkan bila pihaknya bakal mengangkat kisah dan inspirasi dari figur-figur yang telah menciptakan dampak positif di komunitas. Agar penggunanya dapat berkontribusi kembali ke komunitas mereka lewat aplikasi dari Facebook.

“Selain itu, kami juga akan menghadirkan serangkaian fitur agar orang-orang dapat mengekspresikan aksi kebaikan mereka, serta terhubung dengan teman dan keluarga di bulan yang suci ini,” tambah Pieter. Sepanjang bulan Ramadan, baik Facebook, Instagram Di Indonesia, lebih dari 10 juta orang membuat post dan komentar di Facebook tentang pengalaman berbuka puasa tahun lalu.

Nantinya, tiga platform Facebook bakal mulai rangkaian kebaikan beruntung untuk menginspirasi penggunanya berbuat kebaikan. “Ide-ide #BulanKebaikan yang kami bagikan ini sangat mudah, dan menyenangkan untuk dilakukan bersama teman dan keluarga,” jelas Pieter.

Tak hanya itu, Facebook juga bakal merilis panduan khusus UKM supaya bisa menyambut Ramadan, akrena kegiatan belanja yang diprediksikan akan lebih banyak terjadi di platform daring. Salah satnya adalah pustaka gambar khusus di Getty Images yang juga turut berkolaborasi dengan Facebook.

Disediakan secara gratis, UKM dapat memilih visual bertemakan Ramadan yang cocok untuk perangkat mobile, bisa digunakan untuk pendukung materi dan kegiatan pemasaran mereka selama bulan Ramadan. Panduan tersebut bisa Gizmo friends akses pada tautan berikut ini.

Bakal Hadirkan Program Interaktif & Stiker Khusus Ramadan

Facebook Stiker Ramadan
Stiker khusus Ramadan yang bakal hadir di Facebook, WhatsApp & Instagram.

Lewat pendekatan kolaborasi, Facebook juga bakal adakan program ‘Ramabar’, bekerja sama dengan komunitas Gaming, streamer gamers resmi Facebook, Ustad Maulana serta pemuka agama lainnya. Bakal diadakan sesi siaran langsung tiga kali dalam seminggu, seperti Kultum dan diskusi terkait topik Ramadan.

Sementara di platform Instagram, bakal diadakan sesi live selama 30 menit setiap hari Sabtu selama Ramadan. Beberapa kreator seperti Prilly Latuconsina serta Nagita Slavina bakal berbincang di waktu ngabuburit, dengan topik seputar Ramadan dan berbagai inspirasi tentang aksi kebaikan.

WhatsApp bersama influencer juga bakal mengajak orang-orang untuk tetap berbelanja di pasar tradisional, sembari menggunakan WhatsApp. Bermitra dengan UKM Indonesia, bakal diberdayakan lebih dari 1000 pedagang pasar tradisional di 22 kota dan 15 provinsi. Supaya siap menyambut Ramadan dan Idul Fitri lewat pelatihan WhatsApp Business.

Dan untuk mengekspresikan kebaikan, bakal hadir stiker khusus untuk Instagram Stories, WhatsApp serta Stiker Avatar dan News Feed di Facebook. Juga efek kamera dan stiker terbaru yang bisa pengguna manfaatkan ketika ngobrol di platform Messenger serta Messenger Kids milik Facebook.

Tinggalkan komen