Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Facebook Kembangkan Jam Tangan Pintar Pendeteksi Kesehatan

0 103

Facebook saat ini sedang mengembangkan jam tangan pintar sebagai bagian dari usaha menghasilkan perangkat kerasnya sendiri. Media sosial ciptaan Mark Zuckerberg tersebut dikabarkan sbekerja membangun sistem operasinya sendiri untuk perangkat kerasnya.

Menurut laporan baru dari The Information, meskipun pada awalnya akan menjalankan versi open-source Android Google, Facebook ingin membangun sistem operasinya sendiri. Jam tangan Facebook juga dapat mengakses internet melalui koneksi seluler, yang berarti tidak perlu dipasangkan dengan smartphone.

Fitur-Fitur Andalan Jam Tangan Pintar

Samsung Galaxy Watch

Selain itu, beberapa fitur akan ditambahkan seperti olahpesan, kesehatan, dan kebugaran. Untuk mewujudkan ini semua, Facebook akan bergabung dengan headset realitas virtual Oculus Facebook dan perangkat obrolan video Portal sebagai bagian dari ekosistem perangkat keras jaringan sosial yang berkembang. 

Mengenai isu-isu tersebut, Facebook  masih menolak berkomentar mengenai proyek jam tangan pintar yang saat ini direncanakan.Bukan rahasia lagi, jika setiap tahun perusahaan mempunyai ambisi keras dalam mengembangkan jaringan seluas-luasnya. 

Pengerjaan Proyek Berikutnya

Facebook juga sedang mengerjakan kacamata pintar Ray-Ban yang akan dirilis akhir tahun 2021 dan penelitian Augmented Reality (AR) terpisah yang dikenal sebagai Project Aria.  Ini merupakan bagian dari eksplorasi AR perusahaan yang lebih luas serta telah dikerjakan oleh tim selama beberapa waktu. 

Perusahaan ini memiliki lebih dari 6.000 karyawan yang bekerja pada berbagai proyek augmented reality dan virtual reality. Selain itu,bagian dari divisi perangkat keras yang ada seperti Oculus dan Portal, serta inisiatif eksperimental di bawah divisi Facebook Reality Labs kuat, Bloomberg melaporkan bulan lalu. 

Walau pun Facebook belum menunjukkan minat yang pada perangkat kesehatan dan kebugaran, perusahaan tersebut memiliki rekam jejak dalam perangkat yang dapat dikenakan dengan headset Oculus dan kacamata pintar yang akan datang.

Perangkat Masa Depan Facebook

ilustrasi augmented reality
ilustrasi augmented reality (augmentedrealityindonesia.com)

Facebook juga telah mengakuisisi startup antarmuka saraf CTRL-Labs pada 2019. CTRL-Labs berspesialisasi dalam membangun mekanisme input nirkabel, termasuk perangkat yang dapat mengirimkan sinyal listrik dari otak ke perangkat komputasi tanpa memerlukan layar sentuh tradisional atau input tombol fisik. 

Kekayaan intelektual startup dan penelitian yang sedang berlangsung dapat menjadi faktor dalam semua perangkat yang dapat dikenakan, telah dibangun Facebook di masa depan termasuk jam tangan pintar, kacamata pintar, atau headset Oculus masa depan.

Dengan fokus Facebook untuk menghubungkan pengguna jam tangan pintar ke aplikasi kesehatan, memungkinan untuk terjadinya pengumpulan data para pengguna dalam prosesnya.  Dengan adanya catatan perusahaan yang goyah akibat kebocoran privasi, menimbulkan kekhawatiran bagi konsumen akan keamanan data yang dimiliki jika data dipakai oleh pihak pengembang.