Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Fakta TikTok, Aplikasi Video Singkat yang Sering Disebut “Alay”

0 481

Tahun 2019, industri video streaming  di Indonesia kian diminati oleh para pengguna smartphone. Salah satunya adalah TikTok yang tiba-tiba booming terutama di kalangan anak muda. Tahun ini, TikTok memperkuat posisinya sebagai platform yang mendorong kreativitas para penggunanya. Walaupun sempat banyak kontra dari masyarakat yang mengatakan bahwa TikTok adalah aplikasi  “alay”, padahal di dalamnya banyak fitur-fitur dan efek yang membuat para penggunanya lebih kreatif.

“Di TikTok ini sebenernya enggak cuma konten alay doang kok, banyak juga konten yang bermanfaat. Seperti konten belajar, konten lucu-lucuan, dan sampe ada juga konten jualan. Jadi untuk yang ngatain TikTok alay itu berarti dia belum pernah mencicipi aplkasi kita,” kata Anugrah Putra, Head of User and Content Operations Tiktok.

Sebagai platform pencetak konten tren, Anugrah menambahkan, TikTok seakan menawarkan jendela dengan pemandangan video dari berbagai konten yang relavan, serta mendorong kreativitas para kreator dalan pengembangan konten.

Baca juga:TikTok Perbarui Fitur Manajemen Waktu dan Filter Konten

Sementara Donny Eryastha, Head of Public PolicyTikTok Indonesia, menjelaskan kebanyakan pengguna TikTok itu para generasi Z. Namun tak sedikit juga generasi milennial yang memanfaatkan platform berdurasi 15-60 detik itu untuk mendistribusikan kreativitasnya.

Contohnya kreator paling populer di TikTok selama 2019 adalah seorang traveler sekaligus fotografer kondang Barry Kusuma, bahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuat sebuah akun di aplikasi video singkat ini.

“TikTok itu sebenarnya terbuka untuk siapapun, bukan cuma buat anak muda saja, kita ngedukung semua kalangan untuk bisa memamerkan kreatifitasnya, bahkan kalo mau promosiin barang jualannya juga gapapa,” lanjut Deni.

Di sepanjang 2019, TikTok juga menggaet beberapa artis ternama untuk aktif di platform besutan ByteDance ini. Beberapa artis yang populer di TikTok selama 2019 seperti Gisel yang sering share keseharianaanaknya Gempi, Irma Dharmawangsa, serta penyanyi Anji.

Dengan alat merekam video dan editing yang mudah digunakan, TikTok memungkinkan semua orang untuk mengepresikan kreativitas mereka. Dari kreator hingga brand, ada tempat bagi semuanya di TikTok untuk memamerkan ide-idenya, merayakan bakat yang unik dan seru, atau hanya untuk menciptakan video untuk bersenang-senang.

TikTok sendiri sudah tersedia di lebih 150 Negara dan wilayah dalam 75 bahasa, 50 kantor cabang di berbagai negara, termasuk Indonesia.