Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

10 Film dan Serial Dokumenter Netflix Bisa Ditonton Gratis di YouTube

1 11.039

Selama masa pandemi berlangsung, beberapa organisasi maupun penyedia layanan tertentu turut membantu meredakan situasi dengan memberikan layanan yang mereka punya secara gratis. Kalau HBO memberikan akses ke beberapa serial televisinya secara gratis, beda lagi dengan Netflix. Platform video on demand terbesar ini menyediakan tayangan film dokumenter Netflix di YouTube.

Seperti yang kita tahu, untuk mengakses konten Netflix, kita diharuskan untuk membayar keanggotaan bulanan sebelum dapat mengakses aplikasinya dengan akun personal. Belum lagi jika di Indonesia, pengguna Telkom dan Telkomsel kesulitan untuk mengaksesnya. Agar seri dokumenter Netflix bisa dilihat olah semua orang, Netflix mengunggah materi film dokumenter di YouTube.

Sebagai catatan, film dokumenter Netflix yang ada di YouTube tersebut saat ini tersedia dalam bahasa Inggris. Teks caption dalam lebih dari selusin bahasa akan tersedia akhir minggu ini. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah jika kamu merupakan orang tua atau guru, silakan periksa peringkat sehingga dapat membuat pilihan berdasarkan informasi untuk siswa dan anak-anak.
Baca juga: Netflix Tingkatkan Fitur Kontrol Orang Tua untuk Tayangan Anak-anak

Daftar 10 Judul Film Dokumenter Netfflix, Gratis di YouTube

Menonton acara televisi adalah salah satu cara utama yang digunakan masyarakat untuk mendapat hiburan selama masa pandemi. Dengan begitu, otomatis tingkat penggunaan layanan streaming seperti Netflix melonjak. Dengan beberapa serial dokumenter yang digratiskan, bisa dibilang ini cara pihak Netflix untuk berterima kasih, dan tetap bisa memberikan hiburan edukatif bagi semua orang.

Secara total, terdapat 10 judul konten serial dan film dokumenter Netflix pada akun YouTube resminya. Kamu dapat mengaksesnya melalui playlist berikut ini.

Film Dokumenter Netflix di YouTube
Beberapa pilihan tayangan dokumenter Netflix yang digratiskan di YouTube.

Beberapa serial dan film dokumenter Netflix ini ditujukan untuk para pengajar, sebagai materi pembelajaran yang bisa diaplikasikan ke para siswa melalui kelas virtual. Nantinya, Netflix akan merilis sesi tanya jawab kepada sebagian kreator seri dokumenter yang ditayangkan, sehingga para pelajar dapat memahami perspektif secara langsung dari pembuatnya. Berikut sedikit gambaran dari masing-masing tayangan yang disediakan:

  • 13th (film): dokumenter Amerika Serikat tahun 2016, mengambil tema ras dalam sistem pengadilan pidana Amerika Serikat, berasal dari Amendemen ke-13 Konstitusi Amerika Serikat yang melarang perbudakan.
  • Abstract Season 1 (series): membahas lebih dalam seni desain yang dikaitkan dengan sains serta filosofi di baliknya, menampilkan beberapa desainer terbaik dunia dengan karya visioner mereka.
  • Babies (series): lewat proses produksi lebih dari tiga tahun, Babies membahas perjalanan seorang bayi mulai sejak lahir hingga menjadi balita. Mulai dari bagaimana seorang bayi pertama kali terhubung dengan orang tua, pengetahuan perihal parenting serta beberapa tahap awal mengasuh anak lainnya dibahas pada serial satu ini.
  • Chasing Coral (film): sesuai judulnya, film ini dibuat dengan pembahasan seputar terumbu karang dari kaca mata seorang penggemar yang juga ilmuwan kelautan. Film ini mengeksplor lebih dalam mengenai berbagai macam terumbu karang yang ada di dasar laut.
  • Explained (series): serial ini terdiri dari berbagai episode yang masing-masing membahas sebuah topik tertentu, mulai dari politik, sains, sejarah hingga kultur yang ada saat ini. Favorit penulis di antara serial dokumenter lainnya, sangat menarik untuk dicoba.
  • Knock Down the House (film): dokumenter yang satu ini bisa dibilang cukup terkenal, mengenai perjalanan seorang Alexandria Ocasio-Cortez bersama tiga wanita tangguh lainnya untuk berjuang mencalonkan dirinya sebagai anggota Kongres Amerika Serikat, menghadapi banyak tantangan sosial & politik.
  • Our Planet (film): bekerja sama dengan WWF, serial ini menggabungkan pemandangan fotografi menarik serta tampilan dari berbagai sisi dunia yang menarik. Merupakan sebuah proyek yang menghabiskan lebih dari 3500 hari, lebih dari 50 negara serta tak kurang dari 600 kru pembuatan.
  • End of Sentence (film pendek): secara umum menggambarkan bagaimana para perempuan yang berada di area pedesaan di luar Delhi, India melawan stigma perihal menstruasi.
  • The White Helmets (film pendek): sebuah dokumenter yang berlatar lokasi di Aleppo, Siria dan Turki, awal 2016. Mengikuti tiga pekerja penyelamat sukarela menyelamatkan warga lokal yang terdampak oleh peperangan.
  • Zion (film pendek): menggambarkan potret seorang Zion Clark, seorang pegulat muda yang lahir tanpa kaki, dan besar dalam panti asuhan. Meski memiliki keterbatasan fisik, bergulat adalah hal yang membuatnya semangat melalui hidup sehari-hari.

Jika kamu termasuk salah satu dari pengajar, Netflix menyediakan materi edukasi dari masing-masing tayangan yang bisa diakses pada tautan Netflix Media Center.