Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Telkom Dukung Pemerintah Wujudkan Smart City Lewat QRen

0 197

Metode pembayaran kini dibuat semakin mudah. Tanpa menggunakan uang berbentuk fisik, kita dapat berbelanja atau bayar tagihan langsung dari smartphone seperti melalui QRen. Metode ini banyak diminati oleh masyarakat, karena kemudahannya serta tak perlu kontak fisik secara langsung. Untuk mencegah persebaran virus, terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini.

Sebagai langkah strategis untuk ciptakan layanan pembaran yang mudah dan modern, PT Telkom Indonesia berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan smart city di Indonesia. Salah satu langkahnya adalah dengan melalui QRen, yang merupakan layanan kemudahan pembayaran, memanfaatkan teknologi kode QR (Quick Response).

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan informatika telah bersinergi dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Star Kepresidenan. Mereka bersama menjalankan sebuah program ‘Gerakan Menuju 100 Smart City’, guna mendorong terciptanya standar yang sesuai dalam masa industri 4.0.

Baca juga: Ini yang Bikin Telkom Akhirnya Buka Akses Layanan Netflix

QRen Hadir Untuk Percepat Akselerasi Smart City

simulasi pembayaran retribusi pasar dengan QRen

Kepala Dinas KOMINFO Provinsi Jawa Barat, Setiaju mengungkapkan jika industri dan para pelaku bisnis sedang bertransformasi ke arah digital. Mereka berusaha mengimbangi permintaan akan produk digital yang semakin tinggi. “Menyadari hal tersebut, pemerintah menggalakkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengakselerasi program Smart City, salah satunya dengan QRen.”

Lewat rilisan pers yang diterima Gizmologi (30/7), Setiaji mengungkapkan keunggulan dari pembayaran kode QR, yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat terutama di masa pandemi ini. “Dengan hadirnya teknologi pembayaran kode QR, kedepannya diharapkan dapat membantu mewujudkan juga misi besar pemerintah dalam memberikan layanan terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia.”

Lebih jelasnya mengenai smart city, ini adalah program penciptaan kota atau wilayah berbasis teknologi, di mana masyarakat dan pemerintah setempat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pada kehidupan sehari-hari. Pemerintah bahu membahu untuk ciptakan fasilitas kota atau wilayah berbasis teknologi, dengan menyusun Masterplan Smart City.

Sampai saat ini, pemerintah telah mengintegrasikan berbagai inovasi teknologi, seperti pembayaran digital berbasis QR sesuai standar Bank Indonesia dan pemanfaatan platform QRen, yang merupakan QRIS-nya Telkom Indonesia. Upaya lainnya adalah pemasangan stiker QRIS pada bisnis UMKM, aplikasi QRen pada UMKM, serta pemanfaatan API module QRen pada perangkat pendukung aplikasi (layanan POS, aplikasi pembayaran e-commerce, layanan ticketing, parkir dan billing system).

Manfaat QRen Dapat Dirasakan Pengguna & Merchant

QRen

Chief Executive Officer QRen, Fajar Eri Dianto menambahkan jika inovasi pembayaran digital seperti aplikasi QRen dapat permudah para pelaku bisnis, UMKM lembaga sosial ataupun lembaga lainnya. “Aplikasi QRen juga hadir untuk membantu efektifitas pengelola pembayaran layanan masyarakat, baik yang dikelola oleh pihak swasta maupun pemerintah daerah.”

Tujuannya guna mempercepat terwujudnya smart city di berbagai daerah sekaligus meningkatkan dan memantau Pendapatan Asli Pemerintah (PAD). Merchant yang memanfaatkan QRen dapat menyediakan beragam layanan dan fitur inovatif, seperti layanan PPOB, top up e-money, mencetak kode QR untuk pembayaran kode QR, serta riwayat transaksi dan pemisahan modal usaha dan pendapatan.

PPOB sendiri adalah singkatan dari Payment Point Online Bank, berguna untuk membayar berbagai tagihan seperti PLN, BPJS, tiket dan lainnya. Dengan QRen, pengguna dapat menikmati pengalaman bertransaksi yang cepat dan praktis. Sementara untuk pelaku UMKM, QRen juga dapat meningkatkan produktivitas bisnis, serta membantu pengelolaan bisnis agar lebih tertata dengan baik.