Bank Indonesia Persembahkan SNAP dan QRIS Antarnegara di HUT ke-76 RI

Jakarta, Gizmologi – Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan ke-76, Bank Indonesia (BI) meluncurkan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) dan QR Code Indonesian Standard (QRIS) lintas negara sebagai inovasi sistem pembayaran digital untuk masyarakat. Peluncuran jadi kado terindah yang bisa diberikan BI bagi bangsa Indonesia.

“Ini adalah kado indah yang kami berikan untuk merayakan kemerdekaan kita. Kami sajikan untuk masyarakat kita agar bisa lebih baik dan tentu saja untuk kemajuan industri dan kemajuan kita bersama,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Peluncuran Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) dan Peluncuran Praresmi QRIS Antarnegara, Selasa (17/8/2021).

Ia menjelaskan, SNAP akan menyatukan langkah, mengintegrasikan, dan mengkoneksikan berbagai pelayanan jasa sistem pembayaran yang dilakukan bagi kemajuan ekonomi Indonesia. Di mana BI bekerja sama dengan Perbanas, Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), dan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

SNAP merupakan standar nasional yang ditetapkan BI atas seperangkat protokol dan instruksi yang memfasilitasi interkoneksi antaraplikasi secara terbuka dalam pemrosesan transaksi pembayaran di tanah air.

“Standar Nasional Open API Pembayaran ini adalah history. Karena SNAP ini akan menyatukan langkah kita mengintegrasikan, mengkoneksikan pelayanan jasa sistem pembayaran yang kita lakukan bagi kemajuan keuangan dan ekonomi negeri ini,” paparnya.

Menurut dia, implementasi SNAP merupakan salah satu tahapan penting dalam rangka mengakselerasi open banking di area sistem pembayaran. Inisiatif tersebut merupakan tindak lanjut dari visi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 untuk terus mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan nasional melalui inisiatif open banking.

Sejalan dengan praktik di beberapa negara, standardisasi Open API Pembayaran diharapkan akan mengurangi fragmentasi industri serta mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan di Indonesia. Penyusunan SNAP didahului dengan penerbitan Consultative Paper Standar Open API Pembayaran oleh BI pada triwulan I-2020.

Baca Juga: Nilai Transaksi via QRIS Capai Rp727 M, Selama PPKM Darurat

Layanan QRIS Antarnegara

Bank Indonesia Luncurkan SNAP dan QRIS Antarnegara
Bank Indonesia Luncurkan SNAP dan QRIS Antarnegara

Selain itu, BI mengumumkan kerjasama dengan Bank of Thailand untuk peluncuran pra-resmi QRIS antar negara. Program ini memungkinkan berbagai transaksi keuangan dan ekonomi dapat dilakukan di kedua negara.

Ia mengatakan peluncuran QR lintas batas tersebut bertujuan untuk mempermudah berbagai transaksi keuangan dan ekonomi seluruh masyarakat Indonesia maupun Thailand. Dengan kerjasama ini, konsumen dan pedagang di kedua negara akan dapat melakukan transaksi barang serta jasa melalui penyedia jasa pembayaran (PJP) di masing-masing negara.

“Ini sebagai bentuk kalau kita tidak bisa sendiri maka mari bersinergi dan perkuat terus persatuan dan kesatuan kita, saling membantu untuk kemajuan negeri ini,” ucapnya.

Baca Juga: Mengenal QRIS, Standar Baru Pembayaran Digital dengan QR Code di Indonesia

Sejatinya pilot project dari QR cross border antara Indonesia dan Thailand ini, telah mulai diberlakukan pada Agustus 2021. Koneksi ini merupakan yang pertama menghubungkan operator sistem pembayaran ritel di kedua negara, serta menginisasi konektivitas Pembayaran di ASEAN.

Rencananya dalam fase praresmi ini, BI mengharapkan akan lebih banyak bank/non-bank yang berpartisipasi, sembari berproses ke fase komersial penuh QR lintas negara yang akan diluncurkan pada triwulan I-2022.

Pada masa mendatang, layanan tersebut akan diperluas untuk memungkinkan pengguna di kedua negara melakukan transfer dana secara real-time dengan mudah, hanya dengan merujuk nomor ponsel penerima.

Tinggalkan komen