Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Telegram 6.0 Bawa Fitur Folder, Arsip dan Stiker Baru Bertema Virus

0 2.109

Salah satu aplikasi messenger paling populer, Telegram, baru saja merilis pembaruan versi aplikasinya ke Telegram 6.0. Pembaruan ini hadirkan cukup banyak fitur baru, seperti Folders yang bisa merapihkan daftar chat sesuai keinginan dan beberapa penyempurnaan animasi agar lebih enak dipandang.

Telegram banyak digunakan oleh pengguna smartphone berkat fiturnya yang lengkap, ditambah penyimpanannya yang tidak terbatas, dan tidak memerlukan backup atau mencadangkan data tiap kali hendak berpindah perangkat. Berbeda dengan WhatsApp, kamu bisa login dengan satu akun Telegram ke banyak perangkat, termasuk PC sekalipun.

Baca juga: Kominfo dan WhatsApp Luncurkan Hotline Informasi COVID-19 untuk Masyarakat Indonesia

Fitur-fitur Baru Telegram 6.0

Folders di Telegram 6
Folders memudahkan pengguna untuk mengkategorikan chat lewat beberapa tab terpisah.

Fitur pertama yang diperkenalkan oleh Telegram pada versi baru ini adalah Folders. Ide perihal fitur tersebut tercetus setelah pihak Telegram menyadari kalau aplikasi mereka banyak digunakan untuk pekerjaan maupun studi, terutama dalam beberapa minggu terakhir saat wabah pandemi virus korona (Covid-19) hadir. Agar penggunanya tidak melewatkan chat-chat penting, diluncurkanlah fitur ini.

Dengan Folders di Telegram 6, kamu bisa mengkategorikan berbagai macam chat sesuai selera. Semisal, membuat folder untuk chat personal dan kantor, atau folder khusus berisi grup dan folder ini chat pribadi yang statusnya belum terbaca (unread). Bisa juga kamu membuat sebuah folder khusus channels/bots, atau grup-grup yang sering membagikan memes.

Untuk menambahkan sebuah folder, kamu cukup menahan tab “Chats” di bagian bawah pada perangkat iOS. Sementara di Android, masuk ke Settings – Folders, atau klik link berikut ini. Selain itu, kamu bisa memberikan pin secara tidak terbatas, baik untuk tampilan semua chat atau masing-masing folder.

Chat atau grup yang sudah diarsipkan dan disenyapkan notifikasinya (muted) akan tetap menampilkan notifikasi angka di bagian atas, agar kamu tetap tahu kalau ada chat baru. Ini berfungsi untuk merapikan kontak atau grup yang tidak seperlunya penting ketika daftar kontak sudah cukup banyak. Kamu juga bisa menghilangkan tombol arsip tersebut dengan menahan lalu pilih opsi sembunyikan. Untuk mengaksesnya, cukup geser dari atas ke bawah.

Channel stats Telegram 6.0

Desktop Sync membuat tampilan antara aplikasi di smartphone dan PC menjadi sama. Telegram 6 menambahkan sidebar untuk mempermudah akses Folders yang sudah dibuat. Fitur ini hanya berlaku untuk aplikasi pada Desktop dan Mac, tidak dalam versi web. Mengelola sebuah channel dengan lebih dari 1000 subscribers? Telegram akan otomatis menampilkan menu statistik, berisi pergerakan growth, jumlah notifikasi, subscribers, bahasa yang digunakan dan sebagainya.

Telegram 6.0 Juga Hadirkan Stiker dan Emoji Bertema Virus

Stiker virus Telegram 6.0
Tulis emoji virus dan Telegram akan memberikan serangkaian stiker terkait yang menarik.

Dan fitur-fitur tambahan lainnya seperti animasi baru pada tombol rekam suara, serta emoji dan stiker baru yang bertemakan virus dan kesehatan untuk membantu komunikasi lebih mudah. Ketika kamu mengirimkan stiker dadu, yang terkirim akan menjadi dadu yang terkocok otomatis, pas untuk memutuskan pilihan dalam sebuah grup. Telegram 6 sudah tersedia baik di Android dan iOS. Kalau memang tidak ada update, besar kemungkinan aplikasi di smartphone kamu sudah versi baru, tinggal cari saja fitur-fitur baru di dalamnya. Selamat mencoba!