Fitur Baru Telegram: Hapus Pesan Otomatis Hingga Kode QR

Aplikasi pengirim pesan instan, Telegram saat ini menjadi primadona. Pengguna aplikasi ini terus meningkat, dengan jumlah pengguna aktif yang bertambah hingga 500 juta. Di awal 2021, terjadi lebih dari 63 juta kali pengunduhan dalam satu bulan saja yang membuatnya menjadi aplikasi terpopuler di bulan Januari 2021 versi Sensor Tower.

Baca juga: Signal, Aplikasi Kirim Pesan Pesaing WhatsApp dan Telegram

Baru-baru ini, Telegram mengumumkan telah memperbarui beberapa fiturnya. Lewat laman resminya, pihak pengembang melakukan sejumlah perubahan yaitu fitur waktu hapus otomatis untuk menghancurkan pesan di obrolan, tautan undangan sementara dan akses masuk ke grup lebih cepat dengan widget dari beranda ponsel Anda. Selain itu, pengguna dapat memiliki grup dengan anggota tak terbatas.

Penghapusan Pesan Otomatis

Auto delete telegram
ilustrasi penghapusan otomatis

Fitur penghapusan otomatis dapat dilakukan, untuk menghilangkan segala macam pesan yang terdapat dalam obrolan. Hal ini dilakukan, ketika pengguna dapat mengaktifkan waktu hapus otomatis di semua obrolan Telegram. Melalui fitur ini dapat menghapus pesan 24 jam atau tujuh hari setelah pesan dikirim.

Penghapusan otomatis tidak dapat dilakukan, jika sebelumnya pengguna tidak mengaktifkan pengaturan waktu. Pada grup dan channel, hanya admin yang dapat memasang dan mengatur waktu, sedangkan pada pesan pribadi dapat dilakukan oleh pengguna sendiri.

Cara mengaktifkan penghapusan otomatis ini, pada pengguna Android ketuk titik tiga pada pojok kanan atas obrolan ( ⋮ ). Setelah itu bersihkan Riwayat, lalu pilih durasi. Untuk iOS, tekan dan tahan pesan. Selanjutnya pilih bersihkan riwayat bagian atas kiri. Baru aktifkan hapus otomatis.

Sebelumnya pesaing Telegram yang memiliki fitur serupa WhatsApp memperkenalkan fitur serupa pada tahun 2020 dan Signal membuat fitur ini sejak 2016.

Undangan Grup Dengan Batasan Waktu

New Invites Telegram
Pengguna dapat menggunakan undangan berjangka waktu

Telegram juga membuat perubahan pada grup yang memungkinkan pengalaman audio langsung dan informatif layaknya aplikasi Clubhouse. Pengguna dapat memiliki anggota grup hingga 200 ribu untuk berbagi pesan, media dan stiker. Grup yang sudah hampir mencapai batas maksimal dapat diubah menjadi grup siaran dengan anggota tak terbatas.

Pada fitur ini, hanya admin grup yang dapat mengirim pesan. Obrolan suara di sisi lain terbuka untuk semua orang dan ideal untuk dimanfaatkan komunitas besar, dimana pengguna akan tetap mendapat informasi terkini, mengikuti wawancara eksklusif, berita, atau berdiskusi.

Untuk menjaga grup tetap eksklusif, Telegram menambahkan tautan yang sangat mudah digunakan bagi mereka yang ingin mengundang 1 hingga 1 juta pengguna ke grup dan channel dengan lebih cepat.

Tak hanya itu, pemilik dan admin sekarang dapat membuat tautan tambahan sementara dengan batasan durasi, penggunaan, bahkan keduanya.

Penambahan Kode QR Undangan Pengguna

Code QR Telegram
Dengan kode barcode qr dapat mempercepat pertemanan di Telegram

Tidak sebatas itu saja, dalam memudahkan mengundang pengguna lainnya, tautan juga dapat diubah menjadi kode QR. Memasang kode ini dapat diterapkan di berbagai tempat seperti di brosur, papan iklan, atau kartu nama.

Baca juga: Kebanjiran Pengguna Baru, Ini Pendapat CEO Telegram Terkait Aturan WhatsApp

Pengguna dapat mengetahui statistik lengkap mengenai format tautan yang efektif untuk pertumbuhan grup dan channel Anda.

Cukup atur setelan tautan Anda dengan membuka profil grup atau channel. Setelah itu pilih edit dan lanjutkan membuat tautan undangan. Ketuk (⋮) atau (⋯) untuk mengubah tautan menjadi Kode QR.
.

 

 

 

Tinggalkan komen