Spotify Gulirkan Fitur Sortir Lagu Berdasarkan Mood & Genre

Mendengarkan musik adalah salah satu jenis kegiatan atau hiburan yang paling mudah dan murah untuk diakses. Dengan berbagai platform streaming musik yang sudah tersedia, kita bisa mendengarkan lagu favorit dari mana saja. Dan untuk permudah kegiatan tersebut, Spotify sebagai salah satu penyedia baru saja berikan sebuah fitur baru.

Selama ini, Spotify dikenal sebagai platform streaming musik gratis (dengan iklan, tentunya) yang berikan banyak sekali pilihan playlist. Mulai dari playlist umum sampai yang dibuat personal untuk tiap akunnya, kita dapat memilih sesuai artis favorit hingga genre. Dari situ, pengguna bisa menyimpan lagu yang mereka temui dan suka.

Namun ada masanya ketika pengguna ingin mendengarkan lagu favoritnya yang punya genre tertentu. Kalau lagi sedih, maunya dengerin yang sendu, begitu pula lagu yang lebih nge-beat saat lari pagi. Saat ini, solusi yang paling tepat adalah membuat playlist baru. Namun ke depannya sudah tidak perlu lagi berkat fitur baru satu ini.

Baca juga: Spotify HiFi Siap Saingi Tidal dengan Streaming Musik Kualitas Tinggi

Permudah Penyortiran Lagu di Spotify

Spotify - FIlter Mood & Genre - 2

Mulai diluncurkan 25 Februari kemarin, Spotify baru saja menggulirkan sebuah fitur yang berikan para penggunanya cara baru dalam mendengarkan musik. Nantinya, kamu bakal bisa mendengarkan lagu dengan mood atau genre tertentu di dalam sebuah playlist, memanfaatkan fitur filter yang sudah ada.

Sebelumnya, opsi filter ini hadir di setiap playlist yang pengguna akses, dengan cara lakukan scroll ke atas sampai muncul bar pencarian dengan tombol filter di atasnya. Saat ini, opsi yang ada di dalam filter hanyalah sortir berdasarkan judul, artis, album dan lagu-lagu yang baru saja ditambahkan.

Ke depannya, pengguna bakal bisa melakukan sortir berdasarkan mood dan genre, hingga 15 pilihan untuk daftar lagu yang sudah disukai (atau Liked Songs, dengan minimum 30 lagu). Mulai dari rap, folk, indie dan pop, tak perlu lagi membuat playlist baru. Lebih jelasnya, Spotify berikan video ilustrasi singkat berikut ini.

Baru digulirkan secara bertahap, fitur sortir lagu berdasarkan mood dan genre ini tersedia untuk pengguna gratisan dan Premium, untuk perangkat Android & iOS di pasar yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Irlandia, Australia, New Zealand dan Afrika Selatan.

Juga Rilis Cara Baru Untuk Bagikan Lirik ke Instagram Stories

Spotify - Fitur Bagi Lirik

Sementara di Indonesia, beberapa pengguna juga sudah mendapat fitur baru untuk membagikan lirik dari aplikasi. Sebelumnya, Spotify bekerja sama dengan Musixmatch, platform berbagi lirik berbasis komunitas untuk berikan lirik yang bisa ikuti lagu secara real-time.

Dengan sebuah tombol “share” baru yang muncul di tampilan lirik, pengguna bisa memilih beberapa baris lagu, yang kemudian bisa dibagikan ke media sosial seperti Instagram Stories, Facebook dan Twitter. Tentunya, tampilan bakal lebih menarik dari sekadar mengunggah tangkapan layar (screenshot) saja.

Fitur ini juga hadir secara bertahap—belum semua pengguna sudah mendapatkannya saat ini. Jadi untuk Gizmo friends yang sudah tidak sabra menggunakan fitur tersebut demi memberi kode kepada pasangan atau gebetan, harap bersabar ya.

Tinggalkan komen