Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah Bocoran Foto & Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro, Rilis 22 Oktober

0 5.043

Setelah membawa P40 series sebagai flagship awal tahun 2020, diikuti dengan Mate Xs yang lebih futuristis, kini sudah saatnya bagi Huawei untuk rilis flagship keduanya. Perusahaan teknologi asal Shenzhen yang satu ini telah mengikuti tren yang mirip dengan Samsung dan beberapa brand lainnya, rilis dua smartphone terbaik tiap tahunnya.

Huawei sendiri telah merilis beberapa teaser video pendek mengenai Huawei Mate 40 series, yang bakal diresmikan pekan depan, tepatnya pada tanggal 22 Oktober 2020. Namun bocoran mengenai informasi flagship terbaru Huawei ini tak kunjung berhenti. Spesifikasi dan foto render Huawei Mate 40 Pro terus bermunculan di internet.

Informasi mengenai Huawei Mate 40 Pro ini bisa dibilang cukup bisa dipercaya, karena dibocorkan oleh Roland Quandt dari WinFuture, yang memiliki track record tinggi dalam membocorkan informasi spesifikasi smartphone baru. Desain Huawei Mate 40 Pro terlihat mirip seperti pendahulunya, dengan penyempurnaan di sana sini, termasuk desain kamera depannya yang sudah gunakan punch-hole.

Baca juga: Huawei Freebuds Pro & FreeLace Pro Bawa Fitur Noise Cancellation Canggih

Bocoran Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro

Huawei Mate 40 Pro

Dimensinya dibuat sedikit lebih besar dari sebelumnya, punya layar 6,76 inci (vs 6,53 inci di Mate 30 Pro) 3D curved display. Panelnya OLED, dengan resolusi 1344p yang hasilkan kerapatan piksel 456ppi. Kamera punch-hole di siri kiri atas mengakomodir sensor 13MP f/2.4, ditemani sensor 3D yang mendukung input gestur dari tangan.

Sementara sisi belakangnya masih gunakan desain sirkular, hanya saja kini branding Leica diletakkan di tengah. Desain modul kamera yang sedikit berubah ini sedikit terlihat seperti milik Nokia 5.3, punya tiga sensor kamera dengan LED flash di atasnya. Sensor utamanya beresolusi tinggi, 50MP f/1.9 dan dilengkapi OIS.

Kamera Huawei Mate 40 Pro

Selain itu ada sensor 20MP f/1.8, plus 12MP f/3.4 telefoto dengan dukungan 5x optical zoom. Sementara sensor yang terletak di atas kanan merupakan color temperature sensor, untuk hasilkan foto dengan warna yang akurat. Kamera utama Huawei Mate 40 Pro ini sanggup merekam video hingga resolusi 8K.

Meningkat dari generasi sebelumnya, Huawei Mate 40 Pro bakal mendukung 65W fast charging, bisa isi daya baterai 4,400 mAh hingga penuh kurang dari 60 menit. Prosesor yang digunakan tentunya jenis baru, HiSilicon Kirin 9000 dengan clockspeed mencapai 3,13GHz, dan terbuat dengan proses fabrikasi 5nm.

Dan tentunya, hadir tanpa layanan Google, digantikan oleh Huawei Mobile Services. Versi Android-nya pun belum yang terbaru, bakal masih jalankan Android 10, sedikit tertinggal dibanding beberapa smartphone Android baru seperti vivo V20 yang sudah jalankan Android 11.

Selain Huawei Mate 40 Pro, Ada Versi Porsche Design

https://twitter.com/RODENT950/status/1317471333337497601

Lalu bagaimana dengan foto lainnya yang tersebar, perlihatkan siluet desain kamera oktagon? Kabarnya, tahun ini Huawei Mate 40 series hadir dalam empat varian seperti P40 series; Mate 40, Mate 40 Pro, Mate 40 Pro+ dan Porsche Design Huawei Mate 40 RS. Dua varian terakhir dikabarkan gunakan desain kamera baru tersebut.

Belum ada informasi mengenai harga kecuali varian tertingginya, yang dikabarkan mencapai 2000 Euro atau sekitar Rp34 jutaan. Huawei Mate 40 Pro bakal hadir dalam lima opsi warna, sementara Pro Plus serta Porsche Design hanya dua saja; Ceramic White & Ceramic Black.