Foto Xiaomi 12 Beredar, Punya Desain Baru dengan Layar Besar

Jakarta, Gizmologi – Setiap awal tahun, Xiaomi selalu meluncurkan smartphone flagship terbarunya dengan spesifikasi terbaik. Meski memang, tahun 2021 sedikit berbeda, karena disusul dengan Mi 11 Ultra yang kemudian bawa peningkatan pada sektor kamera. Kini menjelang penutup tahun, rumor akan spesifikasi dan tampilan Xiaomi 12 sudah mulai bermunculan.

Bocoran spesifikasi dan fitur unggulan dari Xiaomi 12 sendiri sejatinya sudah ada sejak Oktober lalu, namun baru-baru ini, akun pembocor informasi ternama mengunggah dua foto yang diduga bakal hadir sebagai penantang terbaru dan terkuat dari vendor elektronik raksasa asal China tersebut. Mengusung desain yang kabarnya jauh berbeda.

Di Indonesia sendiri, Xiaomi sudah cukup pede untuk hadirkan lini terbaiknya setelah bertahun-tahun sebelumnya tergolong nanggung dan fokus ke seri Redmi. Baik Xiaomi Mi 11 dan Mi 11 Ultra sudah dijual resmi, sehingga konsumen tak lagi perlu membelinya secara tidak resmi. Terutama dalam masa saat ini di mana smartphone yang dibeli dari luar negeri dikenakan pajak tambahan.

Baca juga: Xiaomi Umumkan Penurunan Harga Smart TV & Harga Baru Seri Redmi

Perangkat Prototype Xiaomi 12 Tertangkap Kamera

Dalam sebuah cuitan yang diunggah oleh Mukul Sharma di atas, terlihat sebuah smartphone yang dipercaya sebagai purwarupa (prototype) dari Xiaomi 12. Memang, kedua foto tidak menampakkan desain perangkat secara jelas—pada sekeliling bodinya, diberikan casing tambahan yang sudah umum untuk cegah paparazzi.

Bila dilihat secara lebih dekat, masing-masing foto dapat berikan beberapa detail kecil terkait desain Xiaomi 12. Pertama, rasio layarnya terlihat lebih tinggi dari biasanya, seolah menyerupai lini Xperia yang punya format sinema alias 21:9. Layarnya terlihat penuh dengan bezel atas dan bawah yang tipis. Sementara pada bodi sebelah kanan, terdapat tombol volume di atas tombol power.

Pada foto kedua, lagi-lagi Xiaomi 12 terlihat seolah memiliki rasio layar tinggi, walaupun bisa juga karena sudut pengambilan gambar yang miring. Juga terlihat adanya kamera berjenis punch-hole yang terletak di tengah atas layar, punya ukuran kecil dan belum pakai teknologi under-display, seolah demi kualitas gambar lebih sempurna.

Dalam cuitan yang diunggah oleh Mukul, hanya dua gambar itu saja yang bisa dilihat, tanpa diikuti oleh informasi tambahan terkait spesifikasi. Meski begitu, beberapa bagian dapat mengonfirmasi bocoran yang muncul sejak bulan Oktober terkait Xiaomi 12.

Juga Bakal Hadir dalam Varian Lite

Xiaomi 11 Lite 5G NE

Dari pembocor informasi ternama, Digital Chat Station, disebutkan bila Xiaomi 12 bakal punya rasio layar ke bodi yang lebih tinggi. Melihat dari generasi sebelumnya, Mi 11 sejatinya sudah punya bezel tipis—hanya bagian bawah saja yang memang masih tebal. Sehingga besar kemungkinan keempat sisi bezel di Xiaomi 12 bakal dibuat sama tipisnya.

Dan agar terasa lebih ramping, layarnya bakal punya lengkungan 3D di kedua sisi kiri dan kanan. Plus, dimensi kamera punch-hole yang lebih kecil supaya tak terlalu mengganggu konten yang ditampilkan. Lantas bagaimana dengan spesifikasi kameranya? Kabarnya, Xiaomi 12 bakal pakai sensor 50MP di ketiga kamera belakang. Baik sensor utama, ultra wide-angle maupun telefoto.

Kalau Xiaomi Mi 11 jadi salah satu yang pertama dengan Snapdragon 888, begitu pula dengan Xiaomi 12 yang juga konon bakal gunakan Snapdragon 898, lewat proses fabrikasi 4nm. Selain Xiaomi 12, juga bakal disiapkan varian lebih terjangkau seperti Xiaomi 12 Lite, yang muncul dari barisan kode software pada MIUI.

Tinggalkan komen