Xiaomi Umumkan Penurunan Harga Smart TV & Harga Baru Seri Redmi

Jakarta, Gizmologi – Dalam setiap produk yang dijual, vendor perangkat elektronik tentu sudah menghitung margin atau nilai keuntungan yang bisa didapat, dibandingkan dengan biaya komponen dan perakitan yang sebenarnya. Xiaomi sendiri punya pendekatan yang berbeda, mengklaim bila margin yang didapat lebih sedikit dan fokus ke jumlah penjualan.

Istilah yang sering disebut oleh sang Country Director, Alvin Tse adalah “amazing products at honest pricing”, menjaga marginnya tak lebih dari 5% untuk setiap perangkat keras yang dijual. Untuk itu, harga jual produk Xiaomi bisa lebih fluktuatif dari vendor lain. Salah satu dampaknya adalah penyesuaian harga.

Lewat sebuah pengumuman resmi yang diunggah langsung dari akun media sosial Xiaomi Indonesia, diberikan informasi penyesuaian harga untuk kurang lebih 10 perangkat kerasnya. 4 di antaranya adalah jajaran smartphone terjangkau, sementara sisanya untuk smart TV. Ada yang naik, ada juga yang turun, namun selisihnya tergolong sama setiap jenis produk.

Baca juga: Hands-on Review Xiaomi Pad 5: Tablet Terjangkau Rasa Flagship

Hal ini bukanlah pertama kali dialami oleh Xiaomi. Sebelumnya di 2018 lalu, Xiaomi sempat merilis smartphone yang sangat terjangkau yaitu Redmi 5A, memiliki banderol harga Rp999 ribu. Selang kurang lebih 5 bulan, harga naik Rp100 ribu, disusul 3 bulan kemudian menjadi Rp1,149 juta, dengan alasan perubahan nilai tukar uang.

Harga Baru Xiaomi Redmi & POCO Seri 5G

Redmi 9C smartfren unlimited

Untuk empat smartphone yang terpaksa harus naik harga, Xiaomi Indonesia mengatakan bila ini merupakan dampak dari kelangkaan komponen secara global, selain karena masih adanya pandemi COVID-19. “Dengan berat hati, kami harus melakukan penyesuaian harga Rp100 ribu kepada empat produk smartphone kami.”

Keempat produk tersebut adalah Xiaomi Redmi 9A, Redmi 9C, Redmi Note 10 5G dan POCO M3 Pro 5G. Dua smartphone pertama merupakan seri yang sejatinya sudah tak bisa dianggap baru, karena sudah diresmikan tahun lalu. Meski naik hanya Rp100 ribu, banderol harganya yang terjangkau berikan perubahan yang bakal terasa signifikan bagi para pembelinya.

Dengan begitu, Redmi 9A kini dibanderol mulai Rp1,299 juta, sementara untuk Redmi 9C mulai Rp1,499 juta. Lalu untuk dua seri smartphone yang jadi alternatif terjangkau untuk konsumen yang ingin merasakan smartphone 5G, Redmi Note 10 5G dijual seharga Rp2,799 juta. Dan untuk POCO M3 Pro 5G, lebih murah Rp100 ribu di Rp2,699 juta. Keduanya punya gabungan spesifikasi yang sangat mirip.

Smart TV Xiaomi Kini Semakin Murah

Xiaomi Mi TV 4 32"

Nah, menariknya, kalau harga empat smartphone di atas alami kenaikan karena kelangkaan komponen, enam seri smart TV Xiaomi justru diberikan penurunan harga akibat pengurangan komponen biaya dari panel TV. “Hal ini sekaligus mencerminkan nilai kami yaitu memberikan harga yang sebenarnya,” tulis pihak Xiaomi dalam pernyataan resmi.

Enam seri smart TV Xiaomi yang alami penurunan harga ini terbagi dalam tiga ukuran layar. Untuk dimensi 32 inci, kini bisa didapat mulai dari Rp2,099 juta (atau Rp2,299 juta versi Bezel-less), 43 inci mulai Rp3,399 juta (atau Rp3,699 juta versi Bezel-less), dan 55 inci mulai dari Rp6,399 juta (atau Rp7,999 juta versi Bezel-less).

Penyesuaian harga untuk empat smartphone Xiaomi dan POCO bakal efektif per hari ini (12/10). Sementara untuk harga TV, mulai 15 Oktober mendatang, berlaku di semua kanal resmi penjualan Xiaomi di Indonesia. Saat yang tepat bagi Gizmo friends untuk membeli smart TV dari Xiaomi.

Tinggalkan komen