Hands-on Review Xiaomi Pad 5: Tablet Terjangkau Rasa Flagship

Sepanjang tahun 2020, para vendor smartphone maupun elektronik lainnya yang ikut memproduksi tablet ikut meraup keuntungan lebih sejak adanya pandemi. Lebih banyak masyarakat memilih jenis perangkat tersebut, untuk keperluan SFH, perangkat hiburan dan lainnya. Datang sedikit terlambat, Xiaomi Pad 5 hadir dalam kemasan yang cukup menjanjikan.

Lama absen dalam dunia tablet Android, Xiaomi Pad 5 adalah penerus dari seri Mi Pad 4 yang hadir pertengahan 2018 lalu. Segmen yang dituju pun rasanya masih sama, datang sebagai pilihan kelas menengah dan mencoba tawarkan kualitas lebih premium dibandingkan kompetitornya. Secara tampilan dan spesifikasi sih memang terlihat, namun bagaimana kenyataannya?

Saya berkesempatan untuk menjajal tablet Xiaomi baru satu ini selama kurang lebih 24 jam. Dan meski dalam tenggat waktu singkat tersebut, saya bisa bilang kalau perangkat ini mudah untuk direkomendasikan. Berikut impresinya.

Desain

Xiaomi Pad 5

5 dari 5 orang yang melihat tablet ini saat saya pegang menyebutkan kalau desainnya terlihat, “kayak iPad Pro, ya?” Well, memang iya, dan menurut saya bukanlah suatu hal yang sepenuhnya negatif. Pertama, hampir semua tablet masa kini punya tampilan depan sama persis. Kedua, membuktikan kalau Xiaomi Pad 5 memang tampil premium, meski banderol harganya jauh lebih murah.

Bezel-nya tipis, punya ketebalan hanya 6,9mm, terasa kokoh di tangan dan mengusung bezel flat berbahan aluminium. Bodi belakangnya sendiri gunakan finishing seolah frosted glass, meski sejatinya hanya plastik. Tablet yang punya bobot 511 gram ini cukup mudah kotor dan sulit dibersihkan, sayangnya. Mungkin opsi warna lain bisa menyamarkannya lebih baik.

Kekurangan lainnya, tablet ini belum dilengkapi sensor sidik jari. Serta kamera belakangnya sedikit menonjol. Tanpa GPS, tanpa dukungan jaringan seluler, slot kartu microSD sampai jack audio 3,5mm. Mungkin saking tipisnya, sampai Xiaomi Pad 5 tak punya ruang yang cukup untuk sematkan fitur tersebut ke dalam bodi, mengingat juga didominasi oleh empat lubang speaker di sekelilingnya.

Layar

Layar Xiaomi Pad 5

Bisa dibilang sangat baik di kelasnya, namun tentu saja bukan yang terbaik. Seara spesifikasi, layar Xiaomi Pad 5 memang sangat mentereng. Sebut saja resolusi 2K yang tajam, dukungan konten 10-bit dengan 1 milyar warna, HDR10, Dolby Vision sampai refresh rate tinggi 120Hz. Keempat bezel-nya sangat tipis pula, membuat layar 11 inci tak terasa terlalu besar.

Gunakan panel berjenis IPS, tampilan warnanya memang sangat memuaskan. Namun tentu, bila dibandingkan dengan layar Galaxy Tab S7 yang sekilas sama, masih kalah dalam hal kontras maupun kedalaman warna hitam yang ditampilkan. Dengan sensor cahaya khusus, Xiaomi Pad 5 mendukung fitur True display untuk atur suhu warna, menyesuaikan pencahayaan di sekitar.

Xiaomi Pad 5

Dengan rasio 16:10, layar sebesar ini tentu sangat nyaman untuk konsumsi video streaming, multitasking maupun menggambar. Xiaomi sendiri berikan opsi aksesori berupa Smart Pen, memiliki responsivitas tinggi dan 4,096 titik tekanan. Baik stylus dan keyboard cover tambahan bakal hadir belakangan secara resmi.

Kamera

Kamera Xiaomi Pad 5

Selain banyak yang mengatakan mirip iPad Pro, ketika sekilas melihat modul kamera belakang, juga banyak yang terkecoh akan desainnya. Kalau versi Pro sih memang punya dua sensor, namun untuk Xiaomi Pad 5, hanya satu saja. Beresolusi 13MP f/2.0 dan sudah bisa merekam video sampai resolusi 4K 30fps.

Kualitas kamera utama Xiaomi Pad 5 sendiri sudah oke banget untuk sebuah tablet—kalau dibandingkan dengan smartphone, mungkin setara seri Redmi Rp2 jutaan ya. Dilengkapi AI, reproduksi warna oke (kecuali di beberapa kondisi sedikit cold alias kebiruan), dan bahkan ada mode malam untuk membantu pengambilan foto dalam kondisi malam hari tanpa lampu kilat.

XPhO2fcq CFjuKJ9AUA98sstQIQuQrARDCJAsQ5S5gIqp5hA t1Kkksz4GcfC EjXmAONFPuq87mMseFS2EIXfHQo3DoUTCckzvDAC77BEIRIcK77yzT1c60GePLmilv788lQ8BZlYQ=w1024 h768 p k

JFWUUFuEhxGvIhDlD9uRW96upb2kp1zJpU7ceTriLDORA3VVGPt3k9cgeGgWS1AQqtdfG2rWjkQRz6Dqo5OPDtXwR7uLSZtms By7Fo5U USuxTi6UX5qhfQpM1X4X6POfmVU7BarNg=w1024 h768 p k

8Ytfljvc03wl qt PN 2pvWPYZcjD33FPAFqSTVSJ60 RWXRHVlHl8YRKBt3Fc1B q71JgIHXMd2xUQWiZT7pylhdO hnPGvwlnDmwalN6C PwCcIp0O 0y uVaIeg9qDNQ5Mm4kLnQ=w1024 h768 p k

voFqNV4x7 ZUm6EfvYastO8rxb5MbazjrhdOh0OAQiluATVOEQ4Ux4ksmIsNnboxvlI7sJFf9WphTC3XHjFilc0oejDowZp34x1J07uft3UJ4RqV 5chOdCk7GfjlBe1Hv62o8XvNTg=w1024 h768 p k

Kamera depannya beresolusi 8MP f/2.0. Kualitasnya juga sudah cukup oke, dengan detail yang melebihi ekspektasi awal saja. Namun saya sendiri mengharapkan dua hal dari kamera depan ini; sudut pandang lebih lebar, serta peletakannya yang berada di bezel sebelah atas ketika mode lanskap.

Fitur

Xiaomi Pad 5

Jalankan tampilan antarmuka MIUI for Pad, tampilan antarmuka Xiaomi Pad 5 terlihat sangat mirip dengan MIUI versi smartphone. Bedanya, tentu saja, kali ini di layar besar. Beberapa bagian dimanfaatkan dengan baik seperti tampilan menu Settings, namun bagian lainnya tidak (seperti peletakan widget yang cukup terbatas meski layarnya besar—isu yang sama pada iPadOS 15). Situasi yang sama juga tentu terjadi pada aplikasi di Google Play Store.

Xiaomi Pad 5

Meski sudah sampai ke penghujung tahun 2021, jangan kaget kalau aplikasi yang ada kebanyakan masih gunakan tampilan mobile, alias tak memanfaatkan layar besar dari sang tablet. Lagi-lagi, ini lebih ke salah Google, bukan Xiaomi. Setidaknya Xiaomi berikan cara optimalkan layar Xiaomi Pad 5 dengan split screen atau floating window untuk multitasking.

Sedikit hal kecil yang mengganggu buat saya pribadi adalah absennya pintasan untuk akses menu Settings dari Control Center. Sisanya sih mirip versi smartphone, dengan galeri, Second Space dan Game Turbo dengan fitur sejenis. Oh ya, kualitas empat speaker-nya sangat baik, walau tidak sekencang milik iPad.

Performa

Xiaomi Pad 5

Xiaomi Pad 5 jalankan chipset yang cukup bertenaga dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 860 7nm dengan CPU octa-core clock speed tertinggi 2,96GHz. Varian resmi yang diboyong ke Tanah Air hadir dalam konfigurasi RAM 6GB dan penyimpan internal 256GB. Bagaimana dengan performanya? Kencang, setara tablet yang lebih mahal.

Bila dibandingkan dengan Galaxy Tab S6 Lite yang pernah saya ulas sebelumnya, tablet ini jauh lebih kencang. Sedikit lag justru saya temukan ketika mengakses aplikasi bawaan seperti berpindah ke menu Settings, jadi sepertinya hanya perihal optimasi software saja. Gim seperti Mobile Legends tentu bisa dilibas dengan ringan, plus suhu bodi yang terjaga.

Kapasitas baterainya sendiri juga lebih besar dari penawaran tablet 11 inci milik kompetitor, mencapai 8,720 mAh. Tergolong hebat untuk sebuah tablet tipis, ditambah dukungan fast charging 33W. Dengan chipset yang hemat daya, seharusnya bakal cukup untuk penggunaan intensif seharian penuh, atau 2 hari penggunaan ringan.

Kesimpulan

Xiaomi Pad 5

Ketika pertama kali Xiaomi Pad 5 hadir sampai diresmikan di Indonesia, ekspektasi saya terhadap tablet baru dari Xiaomi satu ini menyesuaikan dengan banderol harga. Apalagi bukan masuk seri Redmi, jadi mungkin tidak dirancang spektakuler. “Desainnya oke banget, pasti ada bagian lain yang disederhanakan,” mudahnya.

Tidak ada sensor fingerprint, tanpa opsi LTE dan absennya fitur lain pada tablet ini tak terlalu mengganggu performa penggunaan sehari-hari. Desain premium, layar superior, performa ngebut sampai dukungan stylus membuat Xiaomi Pad 5 sangat layak menjadi tablet Android penunjang produktivitas terbaik di kelasnya. Sangat mudah untuk menyarankan perangkat ini, juga untuk mereka yang utamakan fitur hiburan.


Cek harga produk Xiaomi di e-commerce:

SHOPEE LAZADA Blibli

Spesifikasi Xiaomi Pad 5

Xiaomi Pad 5
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Tablet
Model / Series Xiaomi Pad 5
Released 17 September, 2021
Status Available
Price IDR4.999.000 (launch price)

Platform

Chipset Qualcomm Snapdragon 860 (7nm)
CPU Octa-core (1x2.96 GHz Kryo 485 Gold & 3x2.42 GHz Kryo 485 Gold & 4x1.78 GHz Kryo 485 Silver)
GPU Adreno 640
RAM (Memory) 6GB
Storage 256GB
External Storage -
Operating System Android 11
User Interface MIUI for Pad

Design

Dimensions 254.7 x 166.3 x 6.9 mm
Weight 511 g
Design Features Glass front, aluminum back, plastic back
Magnetic pin connector for keyboard cover
Smart Pen magnet
Color: Cosmic Gray, Pearl White
Battery 8720 mAh
mendukung fast charging 33W

Display

Screen Type IPS LCD capacitive touchscreen, 1B colors
Size and Resolution 11” 1600 x 2560 (2K) IPS LCD
Touch Screen Yes
Features Smart Pen stylus
True display
100% DCI-P3
Dolby Vision
120Hz, HDR10

Network

Network Frequency -
SIM -
Data Speed -

Camera

Multi Camera No
Rear 13 MP, f/2.0
Front 8 MP, f/2.0
Flash Yes
Video 4K @30fps
Camera Features HDR, panorama, night mode

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB Type-C
GPS -
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features Loudspeaker with stereo speakers (4 speakers), Dolby Atmos
FM Radio No
Web Browser Google Chrome
Messaging Email, Push Email, IM
Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass
83%
Premium

Xiaomi Pad 5

Meski tidak dijual dengan harga setara tablet flagship, Xiaomi Pad 5 berikan impresi yang mirip, mulai dari tampilan fisik, kualitas layar sampai performanya.

  • Design
  • Display
  • Camera
  • Features
  • Performance
  • Battery
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.