Review OPPO Enco Air: Tampil Berbeda, Unggulkan Kenyamanan

True wireless stereo (TWS) kini sudah menjadi aksesori yang sangat populer di kalangan masyarakat, terutama mereka pengguna smartphone. Selain karena harga yang beragam, earphone nirkabel tentu saja lebih diminati atas alasan kepraktisan. Meski fiturnya itu-itu saja, OPPO Enco Air hadir berikan diferensiasi yang menarik.

Kata ‘menarik’ yang saya gunakan bisa bekerja dalam dua makna, baik secara harfiah maupun kiasan. Pasalnya, OPPO Indonesia mencoba untuk hadirkan sebuah earphone TWS dengan tampilan yang memang berbeda. Dan secara bersamaan, hadirkan perangkat dengan kenyamanan tingkat tinggi—penting bagi kamu yang sering menggunakan aksesori ini dalam waktu lama.

Setelah hadirkan OPPO Enco Buds, OPPO Enco Air hadir untuk para konsumen yang memiliki preferensi berbeda dalam mendengarkan musik atau berkomunikasi. Apakah perbedaan yang dibawa membuatnya lebih menarik atau layak beli? Berikut ulasan saya setelah menjajalnya selama satu pekan.

Desain

OPPO Enco Air

Langsung masuk ke bagian yang menurut saya bisa menjadi nilai jual perangkat TWS baru OPPO satu ini. OPPO Enco Air memiliki desain casing membulat pipih, yang cukup ramping dan nyaman untuk masuk ke kantong. Bobot keseluruhan? Hanya 40,4 gram saja.

Permukaan luarnya dirancang cukup kokoh, dengan bahan plastik doff sampai ke bagian tutup. Ya, desainnya dibuat semi transparan, sehingga earbud yang sedang tersimpan bakal terlihat. Sentuhan unik nan useful ini patut diapresiasi.

Mekanisme buka tutup cukup solid, sementara lampu indikator hanya ada di bagian depan. Ketika membuka tutup dan mengambil salah satu earbud, jangan kaget bila terasa sangat ringan. Pasalnya, bobot hanya 3,75 gram saja. Desainnya pun dibuat semi in-ear, berbeda dengan seri Enco Buds yang punya eartip.

OPPO Enco Air

Desain seperti ini memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Kekurangannya? Tentu saja, tidak menyumbat suara dari luar, serta lebih ke ’cocok-cocokan’ karena tak ada bagian yang bisa dikustomisasi. Kelebihannya? Sangat-sangat nyaman di telinga saya.

Desain semi in-ear membuat telinga tidak mudah lelah atau berkeringat meski digunakan berjam-jam, walaupun aman berkat sertifikasi IPX4. Di telinga saya pribadi, OPPO Enco Air bahkan lebih pas dari AirPods, berkat desain sudut-sudutnya yang mungkin lebih baik menopang bagian telinga.

Fitur

OPPO Enco Air

Perangkat ini dilengkapi fitur yang dinamakan “AI-Powered Noise Cancellation for Calls”. Jangan sampai terkecoh, karena teknologi pengurangan noise ini hadir khusus ketika digunakan saat menelepon. Memanfaatkan dua mikrofon yang ada di setiap earbud.

Mencari TWS yang cocok untuk kebutuhan telepon? Maka OPPO Enco Air bisa jadi salah satu opsi terbaik. Salah satu penanda kualitasnya adalah ketika saya sedang menghubungi keluarga, sembari berjalan menyusuri keramaian Lebak Bulus, pihak penerima dapat mendengarkan suara saya dengan lancar tanpa komplain.

Begitu pula saya yang dapat mendengarkan suara panggilan dengan jelas meski desainnya semi in-ear. Kualitas panggilan yang baik ini hadir berkat algoritma audio binaural berbasis Deep Neural Network. Secara otomatis mengambil suara pengguna dan menjernihkannya.

Oh ya, OPPO Enco Air juga menjadi TWS pertama di dunia yang berhasil melalui proses uji dari TUV Rheinland. Uji tersebut memastikan kinerja perangkat serta latensi rendah, telah lolos dalam berbagai skenario. Maka tidak kaget bila kualitas panggilan suaranya tergolong baik.

Pengoperasian

OPPO Enco Air

Proses sambungannya sendiri tergolong mudah. Untuk smartphone OPPO dengan ColorOS baru, ketika tutup dibuka, bakal langsung muncul pop-up. Sementara bila tidak ada sambungan selama beberapa detik, TWS OPPO ini bakal masuk ke mode pairing, dengan lampu indikator berkedip putih.

Baik disambungkan ke iOS maupun Android lancar-lancar saja. Hanya saja, pengguna iOS tak bisa mengatur pintasan gestur, karena aplikasi HeyMelody yang belum tersedia di Apple App Store.

Lewat aplikasi tersebut, pengguna Android selain OPPO tetap bisa cek indikator masing-masing earbud dan case, atur pintasan bahkan dibuat berbeda antara kanan dan kiri, serta mode gaming khusus dengan latensi rendah, lewat Bluetooth 5.2.

Respon sensor sentuh pada tiap earbud pun tergolong instan dengan tingkat kesuksesan yang tinggi. Mulai dari atur volume sampai memanggil asisten suara, masing-masing pengguna bisa personalisasikan pintasan sesuai selera.

Baterai

OPPO Enco Air

Saya sendiri kurang paham, bagaimana OPPO dapat meracik resep yang oke sehingga dalam sekali pakai, OPPO Enco Air bisa digunakan untuk mendengarkan musik sampai 4 jam. Pasalnya, bobot earbud sangat ringan, dan baterainya pun sangat mungil, hanya 25 mAh.

Bukan yang paling awet, memang, namun sudah tergolong cukup. Sementara charging case-nya yang juga ramping menampung baterai 440 mAh untuk total waktu penggunaan mencapai 24 jam. Tak perlu khawatir untuk mengisi dayanya tiap hari.

Sudah gunakan port USB-C, fitur unggulan lainnya adalah fast charging, layaknya seri smartphone OPPO. Dalam waktu 10 menit saja, OPPO Enco Air bisa digunakan untuk putar lagu sampai 8 jam.

Kualitas Audio

OPPO Enco Air 006

Berbeda dengan Enco Buds, OPPO Enco Air bakal kurang cocok bagi kamu para bass head atau yang benar-benar utamakan dentuman bass yang melimpah. Tak hanya perangkat ini saja, umumnya memang bakal lebih mantap lewat earbud yang memiliki eartip.

Sebagai info, masing-masing earbud pada OPPO Enco Air dilengkapi driver berukuran sangat besar, yaitu 12mm berbahan titanium komposit. Selain adanya power bass booster, keluaran suaranya merupakan hasil konfigurasi dari tim riset OPPO yang sudah berjalan selama 15 tahun.

Yang ingin dihadirkan oleh OPPO adalah berikan keluaran audio semurni mungkin. Dan memang, perangkat ini bisa berikan output yang seimbang. Bass tetap ada, meski tidak dominan dan berlimpah. Namun instrumen lain jadi terdengar lebih kaya.

Bakal lebih cocok untuk memutar lagu dari Kings of Convenience, Tulus, Iron & Wine sampai Danilla. Buat dengerin Mac Ayres dan Joji juga masih oke, hanya saja bakal kurang nendang. Bukan untuk semua orang, tapi untuk kamu yang inginkan karakteristik seimbang (balanced), bisa jadi pilihan tepat.

Kesimpulan

OPPO Enco Air

Ketika banyak earphone TWS di luaran yang tampil sama, OPPO berhasil bawa perbedaan menarik, namun juga berikan nilai positif lewat OPPO Enco Air. Desain semi in-ear membuatnya sangat nyaman meski terpasang di telinga dalam waktu berjam-jam.

Unit driver besar mampu antarkan suara yang cukup powerful, sementara teknologi AI juga membuat perangkat ini cocok untuk panggilan Zoom maupun telepon biasa, ketika sedang berada di situasi yang ramai sekalipun.

Konsumen pun tak perlu merogoh kocek dalam untuk memiliki aksesori terbaru dari OPPO satu ini. Berminat untuk membelinya? Gizmo friends hanya perlu menunggu waktu satu hari saja, karena perangkat ini akan dijual resmi mulai 2 Juli esok.

[rwp_box id=”0″]

Spesifikasi OPPO Enco Air

Speaker: 12mm dynamic driver per earbud
Mic: Dual mics per earbud
Warna: Putih
Berat: 3,75 gram (per earbud), 40,4 gram (case)
Charging port: USB-C
Baterai: 25 mAh (per earbud), 440 mAh (charging case)
Waktu Charge: 90 menit
Music playback: 4 jam
Total playback: 24 jam
Konektivitas: Bluetooth 5.2, mendukung codec SBC & AAC
Daya tahan: IPX4 tahan cipratan air
Fitur: Gaming Mode, AI call noise reduction
Harga resmi: Rp999.000

Cek harga smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE  LAZADA

Tinggalkan komen