Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO F17 & F17 Pro Bawa VOOC Flash Charge 4.0

0 4.247

Meski cukup banyak seri smartphone OPPO yang beredar di Indonesia, jika Gizmo friends perhatikan, ada salah satu seri yang memang sudah lama tidak hadir generasi terbarunya, yaitu OPPO F-series. Versi resmi terakhirnya adalah F11 Pro, lalu kemudian seolah ‘dilebur’ dengan A-series dan Reno series.

Secara spesifikasi & harga, bisa dibilang OPPO Reno4 cocok sebagai penerus F-series. Namun ternyata, di India OPPO tetap memperbarui seri tersebut, dengan baru saja meluncurkan OPPO F17 & F17 Pro. Keduanya hadir dengan desain yang jauh lebih fresh, dan diklaim menjadi seri dengan bobot paling ringan serta paling tipis.

Baca juga: OPPO Reno4 Pro dengan Teknologi Layar dan Baterai Terkini Dirilis 7 September 2020

Keunggulan OPPO F17 & F17 Pro

OPPO F17 Pro

Desain belakang OPPO F17 Pro dirancang dengan dua finishing berbeda, serta frame kamera yang dibuat persegi. Sementara di sisi depannya, OPPO gunakan dua kamera punch hole di sisi atas kiri yang terlihat identik seperti OPPO Reno4. Spesifikasi layarnya pun mirip, gunakan panel SuperAMOLED, punya dimensi 6,43 inci dengan resolusi full HD+ serta dilengkapi in-display fingerprint sensor.

Dengan bobot 164 gram dan ketebalan hanya 7,48mm, OPPO F17 Pro masih bisa menampung kapasitas baterai yang cukup besar di 4,015 mAh, plus membawa teknologi pengisian daya 30W VOOC Flash Charge 4.0. OPPO membawa teknologi AI Night Charging yang secara otomatis perlambat proses isi daya sampai jelang pagi hari.

Tak menjalankan chipset dari Qualcomm, OPPO F17 Pro pakai chipset MediaTek Helio P95, dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB UFS 2.1. Smartphone ini menjalankan antarmuka ColorOS 7.2 berbasis Android 10, dan dilengkapi fitur Air Gesture seperti pada OPPO Reno4 dimana pengguna dapat mengangkat telepon hanya dengan swipe di atas layar.

OPPO F17 Pro

Sensor utama pada setup empat kamera belakangnya adalah Samsung GM1ST 48MP f/1.7, dipasangkan dengan sensor 8MP f/2.2 ultra-wide, 2MP f/2.4 macro dan 2MP f/2.4 mono. Sementara di depan, ada kamera 16MP Sony IMX471 yang dipasangkan dengan kamera 2MP, memiliki fungsi sebagai depth sensor serta menjalankan fitur Air Gesture.

Fitur-fitur kameranya pun tidak kalah dengan OPPO Reno4, seperti perekaman video 4K, video bokeh, sampai fitur eksklusif seperti AI Color Portrait dan AI Night Flare Portrait. Sementara untuk varian lebih terjangkau, ada OPPO F17 dengan satu kamera depan, sensor utama 16MP f/2.2 di belakang, dan chipset Qualcomm Snapdragon 662. Sisanya kurang lebih sama.

Harga OPPO F17 Pro Mendekati Seri Reno4

OPPO F17 Pro

OPPO F17 Pro bakal hadir dalam tiga varian warna, yaitu Matte Black, Magic Blue dan Metallic White. Smartphone ini telah dijual secara pre-order di situs e-commerce lokal di India, Flipkart dengan harga INR22,990 atau sekitar Rp4,6 jutaan. Cukup mendekati harga jual resmi OPPO Reno4 di Indonesia, ya.

Sementara OPPO India belum mengumumkan harga varian standarnya. Menurut Gizmo friends, dengan harga yang tak terpaut jauh, perlukah OPPO F17 series masuk secara resmi di Tanah Air?