Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Garmin Venu Sq Hadir di Indonesia, Smartwatch dengan GPS Mulai Rp3 Jutaan

0 2.403

Produk jam tangan pintar atau smartwatch dari brand yang satu ini, umumnya punya desain yang lebih sporty, terlihat dikhususkan untuk olahraga. Namun untuk seri yang satu ini berbeda, punya tampilan lebih kasual, mirip Apple Watch dan Fitbit Versa. Adalah Garmin Venu Sq, diresmikan akhir September kemarin.

Tak memerlukan waktu lama, Garmin Indonesia bekerja sama dengan Erajaya Group untuk mendistribusikan smartwatch terbarunya secara resmi ke Indonesia. Ada dua seri yang dibawa; Garmin Venu Sq dan Venu Sq Music Edition. Keduanya diklaim tahan hingga enam hari pemakaian serta dilengkapi dengan GPS. Gabungkan daily style dengan health monitoring dan fitur kesehatan.

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (30/10), Djohan Sutanto selaku Direktur Erajaya Group mengatakan bila hadirnya Garmin Venu Sq perkuat hubungan antara Erajaya dengan Garmin, yang telah terjamin cukup lama. “Kami bangga bisa bekerja sama dengan Garmin, yang terus berkomitmen untuk mengembangkan teknologi dan produk yang mendukung gaya hidup aktif.”

Baca juga: Review Garmin Instinct Solar: Jam Bertenaga Surya yang Serba Bisa

Keunggulan Garmin Venu Sq

Garmin Venu Sq

Bagi Djohan, kehadiran kedua smartwatch terbaru Garmin berikan pilihan bagi masyarakat yang mengidamkan smartwatch stylish dengan harga terjangkau. Keduanya hadir dengan layar LCD 1,3 inci 240×240, mendukung input sentuh dan terlindungi Gorilla Glass 3. Strap-nya sendiri punya lebar 20mm, dengan sistem quick release untuk permudah kustomisasi jam.

Dengan GPS, Garmin Venu Sq dapat mencatat lokasi rute olahraga secara presisi. Ada 20 opsi pelacakan jenis olaharaga spesifik, termasuk sensor detak jantung yang bisa deteksi otomatis apabila ada ritme yang kurang normal. Dan seperti Apple Watch Series 6, terdapat fitur untuk mendeteksi kadar saturasi oksigen dalam darah.

Digabungkan dengan aplikasi canggih, pengguna akan mendapat statistik data seperti berapa banyak penggunanya bernafas dalam satu menit, informasi detak jantung, serta lainnya. Untuk berikan informasi seperti tingkat stres, serta seberapa banyak energi yang telah ‘dilepaskan’ dari tubuh sepanjang hari.

Dengan daya tahan baterai yang cukup lama, Garmin Venu Sq mendukung sleep tracking ketika digunakan sembari tidur. Informasi tersebut akan ditampilkan lewat aplikasi Garmin Connect. Atau akses melalui widget yang bisa dikustomisasi lewat aplikasi khusus, Garmin Connect IQ. Tersedia baik untuk Android maupun iOS.

Enam hari pemakaian bisa diraih jika tanpa menggunakan GPS secara kontinyu. Sementara untuk olahraga dengan GPS, bisa bertahan hingga 14 jam nonstop (atau 6 jam sambil mendengarkan musik). Perbedaan Garmin Venu Sq versi biasa dan Music Edition hanyalah adanya tambahan memori penyimpanan lagu, untuk simpan lagu Spotify secara luring.

Harga Resmi Garmin Venu Sq

Garmin Venu Sq

Tertarik membeli? Garmin Venu Sq (& Music Edition) sudah tersedia secara luring di jaringan gerai Urban Republic dan Garmin Brand Store, dengan banderol harga masing-masing Rp3,199 juta & Rp3,999 juta. Pengguna dapat mencoba dan melihatnya dulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Sementara untuk pembelian secara daring, sudah tersedia sejak 9 Oktober 2020. Tersedia di situs resmi eraspace.com, Urban Republic Official Store & Garmin Official Store di marketplace Tokopedia, Blibli dan Shopee.