Jakarta, Gizmologi – YouTube perlu berbangga hati, lantaran mereka masih jadi platform video nomor satu yang digunakan oleh Generasi Z (Gen Z). Pernyataan itu berdasarkan hasil survei terbaru dari lembaga riset Kantar dan Ipsos, terkait penayangan YouTube di Indonesia.
Diungkapkan, Direktur Regional YouTube Asia-Pasifik, Ajay Vidyasagar – Lebih dari 110 juta orang di Indonesia menggunakan YouTube setiap harinya. Angka tersebut diperkuat dengan meningkatnya sebanyak 130 persen dalam rata-rata durasi penayangan YouTube di wilayah Asia Tenggara.
“Kami melihat tren dan minat yang luar biasa untuk YouTube. Berdasarkan riset dan pendalaman, ditemukan fakta bahwa YouTube adalah satu-satunya platform yang memiliki kelengkapan dan kedalaman konten di satu tempat,” papar Ajay dalam sesi media briefing YouTube Works Awards: Finale 2023, Kamis (12/10/2023).
Dari data yang mereka miliki, Ajay mengatakan bahwa Indonesia berperan cukup besar. Di mana YouTube secara general mendapatkan 70 miliar penayangan setiap harinya.
Hal ini berarti, Gen Z Indonesia mengonsumsi berbagai format konten video yang dihadirkan YouTube. “Bahkan, mereka (Gen Z Indonesia) cuma menghabiskan maksimal 24 persen dari waktu menonton mereka untuk mengonsumsi satu format,” imbuhnya.
Baca Juga: Google Podcast Akan Disuntik Mati, YouTube Music Bakal Mengambil Alih Warisannya
Mayoritas Gen Z Masih Gemar Nonton YouTube

Berdasarkan laporan Kantar 90 persen Gen Z di rentang usia 18 hingga 24 tahun memilih YouTube Shorts, dibanding pesaingnya seperti TikTok dan Reels dari Instagram. Riset tersebut menilai, bagaimana YouTube memiliki beragam konten yang relevan dan memungkinkan bagi mereka untuk mendalami sebuah topik yang diminati.
“Ketika kita punya waktu yang lebih sedikit, kita bisa ke Shorts. Kalau kita punya waktu lebih banyak in just review about something atau kita mau sesuatu yang lebih mendetail, ya kita ke long term dan kita enggak harus pindah ke platform lain untuk mendapatkan itu semua,” papar YouTuber Nessie Judge.
Menurutnya, hal tersebut didasari karena Gen Z paling tertarik menggunakan layanan video yang dapat dibuka di berbagai perangkat secara lancar, memungkinkan mereka untuk memilih tontonan dengan mudah, dan memberikan rekomendasi yang bagus tanpa harus beralih platform.
Kemudian, sebanyak 95 persen responden Gen Z menyatakan bahwa menonton video mengenai tutorial melakukan sesuatu sebanyak satu kali atau lebih per bulan. Riset-riset tersebut pun semakin menunjukkan betapa kuatnya posisi YouTube sebagai platform video dengan konten yang beragam dan unik di hadapan para Gen Z.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




