Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei Mate 40E 5G Rilis dengan Chipset Kirin 990E & Kamera Leica 64MP

0 7.357

Saat memperkenalkan flagship terbarunya di akhir 2020 lalu, Huawei secara total hadirkan empat varian yang berbeda dalam lini Mate 40 series. Tahun ini, sebelum Huawei P50 series resmi diluncurkan, Huawei justru rilis sebuah pembaruan lewat Huawei Mate 40E, yang baru saja hadir di negara asalnya.

Sudah umum bagi Huawei untuk merilis flagship dengan strategi serupa dengan Samsung, yaitu dua kali dalam satu tahun. Di awal tahun, umumnya Huawei P series bakal hadir dengan inovasi terbarunya, terutama pada sektor kamera mumpuni seperti Huawei P40 Pro Plus. Unggulkan sensor ultra-wide superior dengan kamera periskop untuk zoom jauh.

Namun Huawei nampaknya masih ingin perbarui seri terakhirnya yang punya desain kamera belakang serupa tombol iPod tersebut. Dengan embel-embel huruf “e” di belakang Namanya, Huawei Mate 40E menjadi opsi yang lebih terjangkau dari Mate 40 biasa. Menggunakan chipset yang sama seperti Mate 30 Pro, dengan sedikit modifikasi.

Secara tampilan dan dimensi, Huawei Mate 40E sama persis dengan Mate 40. Mulai dari ketebalan 8,8mm sampai bobot relatif ringan di 188 gram saja. Material depan dan belakang sama-sama gunakan kaca lengkung 3D, ditambah sertifikasi IP53 agar tahan debu dan cipratan air. Logo Leica tetap ‘nongkrong’ di dalam modul kameranya.

Baca juga: Duo Tablet Ramah Anak, Huawei MatePad T10 & MatePad R Bakal Hadir di JD.ID

Spesifikasi Huawei Mate 40E 5G

Huawei Mate 40E

Layar 6,5 inci dengan bezel tipis di sekelilingnya membuat Huawei Mate 40E terasa kompak di tangan. Layar tersebut punya resolusi full HD+, gunakan panel OLED dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 240Hz. Sensor sidik jari disematkan di baliknya, sementara kamera depannya hanya satu.

Meski begitu, lewat bantuan kamera 13MP di atas kiri, fitur Air Gesture masih dibawa ke varian Mate 40 termurah satu ini. Sementara setup kamera belakangnya juga serupa Huawei Mate 40 Pro, dengan sensor utama yang dibuat berbeda. Pakai sensor 64MP f/1.9 konvensional tanpa OIS.

Sementara sensor telephoto 8MP f/2.4 bisa hadirkan pembesaran optik 3x dengan OIS, dan terakhir ada sensor ultra wide-angle 16MP f/2.2 yang mendukung autofocus dan foto makro. Ketiganya dibantu sensor laser autofocus untuk percepat pengambilan fokus di berbagai kondisi cahaya.

Perbedaan berikutnya terdapat pada chipset yang digunakan. Kirin 990E 5G pada Huawei Mate 40E punya arsitektur serupa flagship akhir 2019 mereka. Hanya saja, GPU-nya sedikit turun performa, termasuk juga dengan jumlah inti neural processing unit (NPU)-nya.

Dipasangkan dengan RAM 8GB, kapasitas baterainya 4,200 mAh, mendukung kecepatan pengisian cepat yang seimbang baik lewat kabel maupun nirkabel. Dengan arus 40W, tentu bisa terisi penuh dalam kurun waktu kurang dari satu jam.

Harga Huawei Mate 40E 5G

Huawei Mate 40E

Smartphone yang punya NFC dan jack audio 3,5mm ini hadir dalam tiga opsi warna; Bright Black, Glaze White dan Secret Silver. Sudah tersedia di China lewat jalur pre-order di toko daring Vmall dan ritel lainnya.

Hadir dalam dua kapasitas penyimpanan internal, Huawei Mate 40E 128GB dibanderol seharga CNY4,599 atau Rp10 jutaan. Sementara varian 256GB terpaut cukup jauh di CNY5,099 (Rp11 jutaan). Tentunya, tanpa layanan Google meski menjalankan Android 10.

 

Tinggalkan komen