Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dukung Usaha Mitra Selama Pandemi, Gojek Tingkatkan Fitur Keamanan

1 299

Berlangsungnya pandemi yang masih belum mereda di Indonesia membuat kebiasaan hidup masyarakat menjadi berubah. Dari yang biasanya sering bepergian ataupun bertransaksi secara luring (offline), kini jadi lebih mengandalkan transaksi digital untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, faktor keamanan tentu menjadi yang utama setiap kali terjadi transaksi secara digital.

Tak hanya kita saja sebagai pelanggan aplikasi serbabisa seperti Gojek, para mitra driver dan UMKM juga perlu diperhatikan. Terutama banyak sekali para mitra dan UMKM pemula, alias baru bergabung saat pandemi. Gojek sendiri berkomitmen untuk kedepankan aspek keamanan digital bagi semua, termasuk melalui berbagai inisiatif yang telah diluncurkan lewat #AmanBersamaGojek.

Dalam sebuah diskusi media vitual yang digelar 18 September kemarin, Gojek menerangkan bagaimana inisiatif #AmanBersamaGojek telah terbukti membuat mitra driver dan merchat di ekosistem Gojek semakin merasa aman, dalam peroleh pendapatan di dunia digital. Hal yang penting di tengah meningkatnya migrasi pelaku usaha dari luring ke daring semasa pandemi dan PSBB.

Baca juga: Percepat Digitalisasi UMKM, GoBiz Hadirkan Fitur Daftar Mandiri

Mitra Driver & Merchant Merasa Aman dalam Bertransaksi

Diskusi #AmanBersamaGojek
(searah jarum jam): Chief Information Security Officer (CISO) Gojek Group – George Do, Peneliti Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) – Ir. Tony Seno Hartono, M.Ikom, SVP IT Governance, Risk & Compliance GoPay – Ganesha Saputra dan VP Public Affairs Gojek – Siti Astrid Kusumawardhani dalam diskusi media yang diselenggarakan secara virtual (18/9).

Dari hasil riset terbaru yang dilakukan Gojek kepada para mitra ekosistemnya, mayoritas mitra driver (92%) menyatakan bahwa akun mitra driver mereka kini lebih aman, salah satunya berkat adanya fitur verifikasi wajah. Mereka juga merasa keamanan fisiknya lebih terjamin di masa pandemi, dengan adanya protokol J3K (Keamanan, Kesehatan dan Kebersihan).

Selain mitra driver, mayoritas mitra merchant GoFood (93%) juga merasa aman dalam memanfaatkan GoBiz sebagai platform untuk berjualan dan pembayaran non-tunai. Tiga aspek utama yang membuat -+ 3000 mitra merchant yang disurvei adalah keamanan pembayaran, keamanan data usaha serta keleluasaan dalam pengelolaan mandiri akun GoBiz.

Dalam kesempatan diskusi media virtual, George Do selaku Chief Information Security Office (CISO) Gojek Group mengatakan bila pihaknya terus perkuat keamanan sistem di bawah paying Gojek SHIELD, sesuai inisiatif #AmanBersamaGojek. Inovasi dilakukan secara menyeluruh di platform mitra driver dan mitra merchant.

“Apalagi kini masyarakat semakin bergantung pada layanan digital untuk kebutuhan sehari-hari selama masa pandemi, kemanan jutaan mitra driver dan mitra merchant terus kami jaga. Dengan platform yang semakin aman, mitra kami bisa berusaha dengan lebih tenang tanpa perlu khawatir dari sisi keamanan digitalnya,” tambah George Do.

Fitur verifikasi wajah adalah salah satu inovasi terbaru di sisi platform mitra driver, memastikan kesesuaian data dan informasi mengenai identitas mitra driver. Inovasi tersebut melengkapi inovasi keamanan Gojek lainnya seperti penyamaran nomor telepon (number masking), tombol darurat (emergency button) serta bagikan perjalanan (share trip).

Sementara pada platform GoBiz, sudah dilengkapi fitur verifikasi PIN, kode OTP serta fitur ‘Kelola Pengguna GoBiz’ untuk lindungi data pribadi usaha mitra merchant. Calon mitra yang ingin bergabung juga bisa mendaftar dengan aman tanpa perantara, lewat inovasi terbaru yaitu fitur Daftar Mandiri GoBiz. Proses registrasi, verifikasi dan aktivasi hanya dalam satu genggaman.

Gojek Juga Tingkatkan Kapabilitas SDM

Dan untuk tingkatan yang lebih jauh, Gojek juga tingkatkan kapabilitas sumber daya manusianya di bidang keamanan digital. Salah satunya dengan menambah jajaran pemimpin senior dengan keahlian di bidang keamanan siber, seperti George Do yang berpengalaman di NASA dan Equinix, perusahaan investasi real estate yang telah terdaftar di Nasdaq.

Gojek juga terus melakukan edukasi komprehensif kepada mitra driver, mitra merchant dan masyarakat, lewat berbagai kanal komunikasi milik perusahaan dan kanal eksternal seperti sosial media dan webinar publik. Juga berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Kominfor RI dan Siberkreasi untuk tingkatkan literasi digital masyarakat Indonesia, sejalan dengan meningkatnya penggunaan aplikasi digital.