alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Mulai Uji Coba Fitur Mode Gelap untuk Penelusuran di Desktop

Meski masih belum diluncurkan secara luas, Google secara aktif berupaya menghadirkan dark mode (mode gelap) penuh ke mesin pencarian Google di desktop. Berkat tahap pengujian yang dilakukan berulang kali, tim menemukan bahwa mode gelap Google Penelusuran juga dapat mengikuti tema sistem di desktop pengguna.

Dilansir dari The Verge, jika Anda meluncurkan jendela penyamaran di Chrome yang terjadi di smartphones, mungkin kita akan disambut dengan pesan baru di pencarian. Sebuah kotak menunjukkan bahwa “Tema gelap sekarang tersedia” dan mendorong pengguna untuk dengan cepat mengaktifkan setelan dengan tombol pintasan.

Khususnya, ikon yang digunakan memang terlihat umum. Kami cukup yakin ini digunakan pada peluncuran mode gelap sebelumnya.

Dalam pengaturan pencarian, Google akan menawarkan kepada penggunanya kemampuan untuk melihat mode gelap sesuai dengan tema sistem di desktop.  Meskipun banyak produk Google memiliki mode gelap di web, sebagian besar harus diaktifkan secara manual.

Baca juga: Google Mulai Gulirkan Pembaruan Android TV 11, Beri Tampilan Baru

Berdasarkan pengujian A / B ini, sepertinya Google Penelusuran hanya akan mencocokkan tema perangkat Anda secara keseluruhan. Halaman “Aktivitas Saya” Google adalah contoh penting lainnya dari fungsi ini di aplikasi web .

Fungsionalitas ini akan berguna untuk pengguna Windows 10 dan macOS, yang keduanya memiliki tema seluruh sistem yang didukung oleh Chrome, Safari, Edge, dan browser lainnya.

Dalam hal ini, tidak ada perubahan desain tampilan yang mencolok pada keseluruhan mode gelap di Google Penelusuran kali ini. Sejatinya, Google masih memilih latar belakang abu-abu gelap daripada hitam. Dengan menggunakan elemen putih untuk kontras dengan latar belakang serta keburaman cahaya untuk berbagai ikon dan tautan.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya , mode gelap masih tidak berfungsi di semua halaman, dan juga tidak terus-menerus menutup penyamaran yang dibuka kembali.

Sebelum mesin pencarian Google, sudah banyak sosial media yang menerapkan mode gelap. Dimulai dengan keberadaan fitur ini di Youtube pada 2017, saat ini keberadaan mode gelap seolah menjadi keharusan semua media sosial.

Sejarah Penggunaan Mode Gelap

google dark mode
tampilan google dark mode (support.google.com)

Dilansir Android Authority, pada peluncuran awal beberapa jenis komputer masih menggunakan monitor monokrom CRT (Cathode-ray tube) yang menampilkan teks kehijauan pada layar hitam. Banyak mesin pengolah kata awal juga diizinkan untuk mengetik teks putih pada latar belakang hitam.

Seiring waktu, semua itu berubah di tahun 80-an ketika perusahaan seperti Xerox dan CPT Corporation membuat mesin pengolah kata yang memiliki layar putih dengan teks hitam. Teknologi itu dibuat untuk meniru tampilan tinta di atas kertas.

Beberapa tahun kemudian mode gelap kembali populer. Perusahaan seperti Apple dan Google banyak mengiklankan tema gelap untuk semua produk mereka dan dunia mengikutinya.

Keuntungan paling umum dan ilmiah dari mode gelap adalah menghemat konsumsi energi pada perangkat dengan layar OLED atau AMOLED. Selain itu penggunaan mode gelap dapat memotong cahaya biru yang berbahaya terutama bagi kesehatan mata.

Tinggalkan komen