Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Mulai Gulirkan Pembaruan Android TV 11, Beri Tampilan Baru

Tingkat kepopuleran smart TV nampaknya memicu Google sebagai salah satu penyedia perangkat lunak (software) untuk terus tingkatkan kemampuan Android TV. Seperti yang kita ketahui, adanya pandemi membuat masyarakat konsumsi hiburan dari dalam rumah. Termasuk lewat TV pintar dengan beragam sistem operasi yang ada di pasaran.

Selain beberapa merek tertentu yang gunakan sistem operasi buatan sendiri seperti Samsung dan LG, lebih banyak smart TV memilih untuk menjalankan Android TV milik Google. Dan supaya tak hanya perangkatnya saja yang baru, Google baru saja menggulirkan pembaruan untuk perangkat rumah pintar yang satu ini.

Pembaruan yang dihadirkan membawa tampilan yang lebih segar. Dan bila ditelusur, tampilan tersebut hampir terlihat identik dengan Google TV yang dibawa oleh seri Google Chromecast terbaru. Varian terbaru Chromecast hadir dilengkapi dengan remote, dan punya tampilan menu tersendiri layaknya Mi TV Stick. Tak lagi polos seperti generasi-generasi pendahulunya yang murni untuk cast dari perangkat seperti smartphone.

Baca juga: Sony Bravia XR, TV Pertama dengan Teknologi Kecerdasan Kognitif

Beri Tampilan Lebih Segar, Fokus Pada Konten

Android TV
Tampilan antarmuka Android TV lama.

Dibandingkan dengan tampilan Android TV sebelumnya, versi terbaru ini lebih fokus menampilkan konten. Tombol-tombol berukuran besar yang awalnya ada di kiri, kini dipindahkan ke atas berupa teks sederhana. Di bawahnya, ditampilkan deretakn aplikasi-aplikasi popular, diikuti oleh carousel konten-konten favorit dari platform streaming dan YouTube.

Android TV
Tampilan antarmuka Android TV baru yang digulirkan mulai awal 2021 ini.

Tampilan layar TV bakal lebih dipenuhi dengan konten dari aplikasi di dalamnya, sehingga tidak terlihat sepolos Android TV sebelumnya. Meski mirip dengan Google TV, ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Secara umum, ada tiga tab yang bisa diakses; “Home” untuk tampilan awal dan akses aplikasi, “Apps” untuk tampilan khusus aplikasi dan saran tambahan, serta “Discover” untuk temukan konten baru.

Di Android TV, tampilan tab “Discover” bakal sajikan rekomendasi tayangan film maupun serial televisi, dengan saran personal sesuai selera pengguna dan tontonannya. Google juga bakal tampilkan konten yang sedang ngetren. Sementara di Google TV, tab ini menjadi tampilan awal dengan lebih banyak jenis konten seperti tayangan langsung.

Pembaruan Android TV Digulirkan Mulai Pekan Ini

Penasaran dan ingin menjajal sendiri Android TV versi terbaru yang baru saja rilis? Google menyatakan bila pembaruannya mulai hadir pekan ini, kepada beberapa seri perangkat smart TV di Amerika Serikat, Kanada, Jerman dan Perancis. Beberapa pekan ke depan, bakal menyusul ke negara lainnya.

Tentunya, kehadiran Android TV terbaru juga tergantung masing-masing merek. Sony dan TCL menjadi salah satu dari beberapa merek yang janjikan visual terbaru ini di perangkat baru mereka. Sejak akhir Januari kemarin, TCL sudah berani janjikan bila lini smart TV rilisan 2019 dan 2020 bakal dapat pembaruan ke Android TV 11.

Tak hanya sistem operasi saja, Google juga telah mencoba untuk tambahkan dukungan aplikasi supaya peran smart TV bisa lebih bermanfaat. Salah satunya adalah dengan hadirkan aplikasi Google Duo. Sayangnya, aplikasi tersebut tak berjalan optimal di semua smart TV—beberapa di antaranya hanya bisa digunakan untuk lakukan panggilan telepon.

Tinggalkan komen