Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Mi TV Stick, Alternatif Chromecast Berbasis Android TV yang Lebih Ringkas & Murah

2 4.713

Memasuki era dimana sudah semakin banyak masyarakat mengakses konten digital, jenis perangkat seperti portable media streaming player jadi lebih populer. Perangkat ini memiliki fungsi untuk mengubah sebuah televisi standar, alias belum smart TV, menjadi lebih pintar.

Dengan begitu, kita tidak perlu membeli TV baru untuk merasakan pengalaman memiliki smart TV. Berbagai alat yang sudah populer adalah Google Chromecast dan Mi Box S. Namun Xiaomi baru saja merilis perangkat terbarunya, yaitu Mi TV Stick. Perangkat ini memiliki kombinasi desain fisik serupa Chromecast, dengan fungsi lebih banyak. Apa saja?

Baca juga: Mi TV 4 32″ & 43″ Masuk Indonesia, Smart TV Termurah Xiaomi

Kenggulan Mi TV Stick

Mi TV Stick ini bisa dibilang cukup unik, atau bahkan inovatif. Sebagai informasi sebelumnya, Google Chromecast adalah perangkat yang bisa kita gunakan untuk cast atau mengirim konten dari aplikasi yang ada di smartphone, seperti Netflix, YouTube, Spotify dan lainnya. Sementara perangkat TV box seperti Mi Box S punya fitur lebih lengkap, layaknya Android TV dengan tampilan menu dan aplikasi.

Nah, Mi TV Stick mengkombinasikan keduanya, alias punya dimensi kecil namun juga memiliki tampilan antarmuka Android TV, dimana pengguna dapat mengunduh beragam aplikasi dari Google Play Store (untuk TV ya). Harganya pun lebih murah dari Mi Box S.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan Bluetooth remote, mendukung audio Dolby dan DTS, ditenagai prosesor Quad-core dan miliki memori penyimpanan 8GB. Spesifikasinya hamper sama persis dengan Mi Box S, hanya saja perbedaan ada di kapasitas RAM (1GB di Mi TV Stick, 2GB di Mi Box S), serta output video maksimum “hanya” 1080p 60fps.

Mi TV Stick

Secara otomatis, Mi TV Stick hadir menjadi alternatif yang lebih menarik. Dimensinya yang kecil membuat perangkat ini dapat diletakkan secara tersembunyi di balik panel layar televisi. Berbeda dengan Mi Box S yang mungkin harus diletakkan di meja atau area sekitar TV.

Namun karena batasan dimensi, Mi TV Stick tidak memiliki port USB tambahan seperti pada Mi Box S, yang bisa digunakan untuk menancapkan perangkat lain seperti HDD eksternal untuk menonton konten lokal. Alasan untuk memilih Mi Box S hanya tergantung pada port USB serta kemampuan untuk menonton konten hingga 4K 60fps. Selebihnya, Mi TV Stick berikan solusi yang lebih simpel dan mudah.

Harga & Ketersediaan Mi TV Stick

Mi TV Stick

Untuk ketersediaannya sendiri, Mi TV Stick baru saja hadir secara resmi di India pada awal Agustus lalu. Tepatnya mulai dapat dibeli oleh konsumen lokal di 7 Agustus 2020, dengan harga INR2,799 atau sekitar Rp550 ribuan saja. Belum ada informasi resmi mengenai kehadirannya secara resmi di Indonesia.

Namun jika Gizmo friends sudah tidak sabar untuk membelinya, Mi TV Stick non-resmi sudah bisa banyak ditemukan di e-commerce lokal, dengan rentang harga sekitar Rp520 ribu. Cukup signifikan lebih murah, jika dibandingkan dengan Mi Box S yang dijual rata-rata Rp700 ribuan atau Google Chromecast 3rd Gen di Rp599 ribuan.


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE LAZADA Blibli JD.ID