Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Chromecast 2020 Resmi Jalankan Antarmuka Google TV

0 2.689

Ketika hiburan yang bisa diakses dan dinikmati dari rumah semakin diminati, perangkat elektronik seperti smart TV dan sejenisnya mengalami lonjakan minat yang cukup tinggi. Dan bagi mereka yang tak ingin merogoh kocek dalam untuk membeli sebuah TV baru, berbagai macam brand sediakan solusinya masing-masing.

Mencoba untuk tetap memiliki daya saing dengan kompetitor, Google baru saja memperbarui perangkat kompak terbarunya, yang dapat mengubah TV jadul menjadi smart TV, lewat Google Chromecast generasi terbaru. Ya, perangkat ini akhirnya diperkenalkan secara resmi, sebelum beberapa waktu lalu sempat dibocorkan spesifikasi atau ditemukan di beberapa toko ritel elektronik resmi Amerika Serikat.

Baca juga: Google Luncurkan Pixel 5 & Pixel 4a 5G dengan Snapdragon 765G

Google Chromecast Kini Hadir dengan Smart Remote

Kalau Gizmo friends belum tahu, Google sendiri telah merilis Chromecast generasi pertamanya sejak 2013, hingga rilis beberapa seri yang mendukung streaming konten digital sampai resolusi 4K. Nah, Google Chromecast terbaru ini hadir sedikit berbeda. Selain tampilannya yang berwarna putih (dan dua warna cerah lainnya), perangkat yang ditemukan di dalamnya tak hanya satu.

Di perangkat Chromecast sebelumnya, navigasi konten sepenuhnya dilakukan dari smartphone, lewat masing-masing aplikasi yang diakses. Ketika ditancapkan ke televisi, Chromecast lawas hanya tampilkan screensaver saja. Nah, hadir lebih pintar, Google Chromecast edisi 2020 datang dengan smart remote, yang miliki tombol navigasi serta pintasan khusus.

Ketika ditancapkan ke TV, Google Chromecast bakal tampilkan antarmuka Google TV, yang sebenarnya adalah bentuk lain dari Android TV. Hadir lebih fresh, Google TV bakal tampilkan rekomendasi platform streaming sesuai masing-masing penggunanya, dan juga bisa mengumpulkan watchlist atau daftar antrean film atau serial secara otomatis. Di remote-nya sendiri, terdapat sebuah tombol yang punya warna mencolok, yaitu Google Assistant.

Google Chromecast

Dengan begitu, penggunanya dapat mengirimkan perintah suara untuk akses konten tertentu, tak perlu navigasi manual, atau mengakses smartphone-nya. Selain konten, pengguna juga bisa mengirimkan pertanyaan lain seperti ramalan cuaca harian. Juga ada pintasan khusus untuk akses aplikasi Netflix serta tentunya YouTube. Menurut Google, dihadirkan smart remote ini atas banyaknya permintaan dari konsumen.

Apabila TV-nya mendukung, Google Chromecast bisa tampilkan konten dalam standar tertinggi yaitu 4K HDR 60fps, masih ditambah dengan Dolby Vision. Lewat port HDMI-nya, perangkat ini juga bisa mengantarkan output suara berkualitas apabila kontennya mendukung Dolby Audio.

Karena basisnya Android TV, Google TV yang ada di Google Chromecast terbaru memungkinkan penggunanya untuk mengakses lebih dari 6,500 aplikasi yang tersedia untuk platform TV. Tentu saja, aplikasi streaming konten video hadir dengan lengkap, seperti Disney Plus, HBO Max, Netflix dan lainnya. Untuk penggunaan gaming, dukungan Google Stadia bakal hadir di semester pertama tahun depan.

Harga Google Chromecast (2020)

Warna Google Chromecast 2020

Tak seperti Pixel terbaru yang harus dipesan lebih dulu, Google Chromecast (2020) ini sudah tersedia sejak perilisan di Amerika Serikat. Ada tiga warna cerah yang bisa dipilih, yaitu Snow, Sunrise dan Sky. Harga resminya adalah USD49,99, atau sekitar Rp740 ribuan.

Masih ada kemungkinan bila perangkat seperti ini hadir resmi di Indonesia, mengingat Google Nest Mini dengan harga yang tidak jauh berbeda diresmikan oleh Erajaya. Namun Google tentunya akan punya pesaing kuat, yaitu Xiaomi dengan Mi TV Stick mereka. Punya kemampuan yang kurang lebih sama, harganya jauh lebih murah di Rp449 ribu saja.