Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Platform Media Sosial Ini Bikin Para Penyanyi Makin ‘Ngehits’ di Industri Musik

0 100

Platform media sosial, tak bisa lepas dari kehidupan kita sekarang. Banyak peran yang telah dilakukan dalam segala bidang. Tak hanya sebagai media komunikasi, penggunaan teknologi ini dapat membantu mengasah kemampuan kita dalam bermusik. Banyak penyanyi terkenal dan sukses berkat media ini.

Baca juga: Resmi, TikTok dan Universal Music Group Jalin Kerja sama

Dibandingkan dahulu, penyanyi butuh perjuangan untuk menjadi populer dan dikenal khalayak umum. Setidaknya mereka harus melalui berbagai macam panggung untuk dapat dikenali masyarakat. Sekarang, melalui kemudahan fitur berbagi di media sosial semua orang dapat tahu karya kita hanya dengan sekali sentuh,

Dalam rangka hari musik nasional yang jatuh tanggal 09 Maret, berikut Gizmologi telah merangkum beberapa media sosial yang telah membawa orang menjadi penyanyi terkenal dan sukses hingga sekarang.

Youtube
youtube music
Ilustrasi Youtube Music (blog.youtub.com)

Sebagai platform berbagi video terbesar di dunia, Youtube telah menjadi magnet bagi sebagian orang untuk mengekspresikan kemampuannya. Youtube telah melahirkan berbagai penyanyi terkenal seperti Raisa, G.A.C, Shawn Mendes, The Weeknd, dan Dua Lipa. Mereka  sukses dengan karyanya dan dikenal masyarakat luas hingga sekarang.

Selain dapat dinikmati dari visual videonya saja, saat ini Youtube menjelma sebagai pemutar musik.  Melalui perkembangannya, Youtube telah memiliki wadah tersendiri untuk para musisi/ penyanyi berekspresi. Youtube Music adalah fitur layanan streaming musik dan aplikasi seluler yang dikembangkan oleh YouTube.

Seperti layanan streaming musik pada umumnya, Youtube Music memungkinkan pengguna untuk menelusuri lagu dan video musik di YouTube berdasarkan genre, daftar putar, dan rekomendasi. Layanan ini menawarkan tingkat premium, yang memungkinkan pengguna melakukan pemutaran bebas iklan, pemutaran latar belakang hanya audio, dan mengunduh lagu untuk pemutaran offline.

Soundcloud

soundcloud TechCrunch.com

Sebelum terkenalnya Spotify dan Anchor, Soundcloud menjadi layanan yang populer bagi para musisi, penyanyi dan podcaster untuk berkembang. Platform ini dapat membagikan berbagai jenis suara secara online yang memungkinkan kolaborasi, promosi, dan distribusi melalui rekaman audio saja. Rendy Pandugo adalah salah satu contoh penyanyi sukses berkat adanya Soundcloud.

Saat ini, Soundcloud telah memperbarui layanannya melalui keberadaan Suggested Tracks. Layanan ini hadir sebagai upaya menjaga pengguna Sondcloud bisa merasakan kedekatan dan dapat mengeksplorasi musik yang disukai  menggunakan aplikasi ini.

Twitter

Twitter Super Follow
Ilustrasi Twitter (News18)

Sebagaimana kita tahu, Twitter telah menjadi primadona di kalangan masyarakat. Dengan kemudahan membagikan aktivitas ke seluruh pengguna, membuat karya kita cepat dikenal. Terbukti dengan viralnya 5 Seconds of Summer (5SOS) di media sosial tersebut. Kesuksesan mereka pun, tak terlepas dari kicauan Louis Tomlinson, mantan personil One Direction.

Baca juga: Memudahkan Pengguna Berbelanja, Twitter Kembangkan Fitur Integrasi E-Commerce

Ketika itu, One Direction tengah menjadi grup vokal yang memiliki basis penggemar setia terbesar di Twitter. Dalam tweetnya, Louis mengungkapkan akan menjadi penggemar dari 5SOS sejenak dan meminta dukungan kepada setiap orang untuk boyband ini. Hingga saat ini, grup vokal ini masih eksis dan mengeluarkan lagu-lagu barunya.

Tinggalkan komen