Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Riset Kredivo: Kepercayaan Konsumen Terhadap E-Commerce Naik Sepanjang 2019

2 1.289

Belanja daring melalui situs e-commerce sudah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Kemudahan yang ditawarkan, serta harga yang juga nggak kalah kompetitip membuat orang-orang gemar untuk berbelanja di e-commerce, bisa diakses hanya dari smartphone. Tren ini sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu, dengan intensitas yang tentunya semakin meningkat, seiring perkembangan teknologi.

Sepanjang tahun 2019 kemarin, diketahui jika rata-rata transaksi e-commerce per bulan mulai dari kuartal pertama hingga kuartal akhir terus meningkat. Informasi ini didapat dari temuan utama riset terbaru yang diadakan oleh Kredivo serta Katadata Insight Center, berjudul “Perilaku Konsumen E-commerce Indonesia”. Menunjukkan kepercayaan dan kenyamanan yang semakin mendalam terhadap e-commerce.

Baca juga: Kredivo: Transaksi Harian E-Commerce Naik 26% Selama Pandemi

Hasil Riset Kredivo & Katadata Terhadap Tren E-Commerce di 2019

Metodologi riset Kredivo Katadata
Riset kali ini menggunakan data dari Kredivo, dari transaksi di enam e-commerce lokal terkemuka sepanjang 2019.

Studi kasus dalam riset ini menggunakan data dari Kredivo, sebagai platform kredit digital yang sudah terdaftar dan diawasi OJK. Sementara data primel sampelnya diambil dari transaksi di enam pemain e-commerce terbesar Indonesia. Lily Suriani, General manager Kredivo Indonesia menyebutkan jika adaptasi kebiasaan baru menuntut pelaku bisnis terus memahami tren dan perilaku konsumen, baik sebelum dan sesudah pandemi.

Rata-rata nilai transaksi meningkat jika dibandingkan dari tahun 2018, dan nilai tersebut terjadi di hampir semua 13 kategori produk, termasuk komputer dan aksesorisnya. Hal ini turut menunjukkan peningkatan kepercayaan dan kenyamanan dalam berbelanja daring, membuat konsumen merasa lebih yakin saat bertransaksi dalam nominal besar.

Insight Katadata Kredivo

Jam istirahat menjadi waktu paling favorit untuk berbelanja daring, sementara nilai belanja di akhir pekan menjadi yang paling besar. 30% dari total transaksi sepanjang 2019 merupakan pembelian barang fashion, baik laki-laki maupun perempuan. Uniknya, 33% konsumen perempuan cenderung bertahan di satu marketplace, dibandingkan laki-laki di 15%.

“Kami percaya, dengan adanya riset ini akan memberikan manfaat bagi strategi bisnis para mitra e-commerce, seiring dengan kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi dalam berbelanja daring, termasuk menggunakan pembayaran digital,” jelas Lily dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi di Jakarta (5/8).

Insight Katadata Kredivo

Dari data internal Kredivo, tren kepercayaan konsumen juga terus meningkat positif hingga semester pertama tahun 2020. Peningkatan frekuensi pembelian terus meningkat, khususnya untuk barang kebutuhan pokok. Selain pergeseran tren belanja luring ke daring, hal ini juga menandakan kepercayaan masyarakat terhadap transaksi di e-commerce, meski situasi sedang menantang seperti sekarang ini.

Potensi Konsumen Gen-X & Baby Boomers Cukup Tinggi

Sementara itu, direktur riset Katadara Insight Center, Mulya Amri menambahkan temuan menarik terkait peningkatan aktivitas e-commerce di Indonesia. Sebesar 85% dari total transaksi didominasi oleh konsumen Gen-Z dan Milenial. Namun demikian, semua kelompok umur setidaknya miliki rata-rata jumlah transaksi 17-20 kali dalam setahun, berapa pun usianya.

Meksi didominasi oleh milenial, kepercayaan konsumen terhadap e-commerce terjadi pada lintas generasi. “Dengan memperbesar peluang bagi kelompok umur lainnya, konsumen Generasi X dan Baby boomers, hal ini menjadi salah satu cara e-commerce untuk dapat menarik lebih banyak konsumen, sekaligus tingkatkan inklusi keuangan,” tambah Mulya.

Hasil riset juga tunjukkan potensi pertumbuhan e-commerce di luar Jawa, meski nilai transaksi tertinggi masih terkonsentrasi di dalam pulau jawa. Salah satu potensi di level kota, beberapa kota besar di luar Jawa yang miliki konsumen e-commerce cukup banyak adalah medan, Palembang dan Denpasar.