Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

GoPlay Indie Dukung Kreator Film Independen

Meski tergolong baru dirilis sejak September 2019 lalu, platform video on demand dari Gojek, GoPlay telah hadir menemani masyarakat Tanah Air dengan beragam konten menarik. Tak hanya untuk streaming serial hingga film saja, fitur-fiturnya pun terus ditingkatkan seiring waktu. Mulai dari fitur rental hingga GoPlay Live untuk konser daring.

Masih belum berhenti sampai di situ, kali ini GoPlay hadirkan sebuah fitur yang bakal menguntungkan beragam kreator konten film indie di Indonesia. Lewat inisiatif terbarunya, hadir sebuah segmen baru yaitu GoPlay Indie, di mana saat peluncuran bakal menampilkan lebih dari 200 konten film indie karya anak bangsa.

Para pengguna GoPlay nantinya bakal dapat menyaksikan pilihan konten film independen dari berbagai genre, mulai dari aksi, komedi, drama, horror hingga animasi. Hadirnya GoPlay Indie sekaligus mengukuhkan komitmen GoPlay dalam menjadi wadah kreasi bagi para pembuat film independen, serta saluran distribusi karya-karya sineas berbakat di Indonesia.

Baca juga: GoPlay Hadirkan Film Blockbuster Korea dari tvN Movies

Konten GoPlay Indie Tersedia Secara Gratis & Berbayar

GoPlay Indie

GoPlay Indie tidak hadir secara terpisah, alias bakal ada di aplikasi GoPlay versi terbaru baik untuk Android maupun iOS. Cara mengaksesnya pun mudah, cukup buka aplikasi, lakukan proses login dan geser ke menu paling kanan untuk temukan bagian film indie tersendiri. Tinggal pilih saja film atau serial yang akan ditonton.

Bakal ditampilkan kategori-kategori sesuai dari rekomendasi, durasi serta genre. Sementara cara menontonnya sendiiri ada tiga. Pertama, dengan berlangganan atau subscription video on demand, dimana pengguna Gojek bisa membayar Rp29 ribu selama dua minggu atau Rp45 ribu untuk satu bulan mengakses konten di GoPlay. Bisa juga melalui metode GoPlay Rental, membayar konten per tayang.

Lalu yang ketiga ada metode yang cukup menarik, yaitu free video on demand. Pengguna dapat menonton beberapa episode serial atau konten film GoPlay Indie secara gratis. Di akhir sesi (atau bahkan selagi menonton film), dapat memberikan apresiasi berupa tip lewat tombol kontribusi yang ada di layar. Bisa memilih nominal, berikan review/pesan langsung ke pembuat film, lalu bayar pakai GoPay.

Kolaborasi Berbagai Pihak, Terbuka Untuk Kreator Independen

Peluncuran GoPlay Indie
(Ki-Ka) Head of Corporate Strategy GoPlay Martinus Faisal, Festival Director Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) Ifa Isfansyah, Produser film Friends dan Peserta GoPlay Indie Lady Arianne, dan Direktur Industri Kreatif, Film, Televisi, dan Animasi, Kemenparekraf/Baparekraf Bapak Syaifullah (bawah) berfoto bersama pada peluncuran inisiatif GoPlay Indie (24/11).

Dalam sebuah acara peluncuran virtual (24/11), Head of Corporate Strategy GoPlay, Martinus Faisal menyebutkan bila GoPlay Indie hadir tidak hanya sebagai platform yang mewadahi dan perluas jaringan karya sineas Tanah Air, namun juga untuk membuka akses bagi para pengguna untuk menikmati film independen Indonesia.

GoPlay berkolaborasi dengan komunitas, rumah produksi, universitas, pemerintah sampai para individu pegiat dan pemerhati film independent termasuk Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), Indonesia Sinema Persada (ISP) dan Minikino Film Week Bali International Short Film Festival.

Selain itu, GoPlay juga terbuka untuk para pembuat film independen menerima karyanya yang nanti akan diterima dan dikurasi oleh tim internal. Juga sediakan skema monetisasi lebih baik bagi para sineas dan kreator konten lewat mekanisme pembagian pendapatan (revenue sharing). Gojek juga mengedepankan transparansi yang dinilai menjadi sebuah masalah dalam industri film Indonesia.

“Para pembuat film akan dapat memantau secara langsung performa karya mereka melalui GoPlay Indie Leaderboard. Tak hanya itu, GoPlay telah mampu memberikan jangkauan dan data berwawasan kepada pembuat konten lokal yang membantu mereka lebih memahami preferensi konsumen, dan menghasilkan konten yang lebih bertarget,” jelas Faisal.

Tinggalkan komen