Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

HMD Siapkan Tiga Feature Phone Nokia 4G, Rilis Besok

0 1.142

Sepertinya memang pangsa pasar untuk feature phone masuk cukup dominan di berbagai negara. Hal tersebut diperkuat dengan kabar HMD Global selaku pemegang lisensi merk ponsel Nokia, yang konon akan kembali merilis feature phone. Tidak hanya satu, melainkan tiga seri sekaligus, dimana dua dari tiga bakal mendukung konektivitas 4G.

Informasi tersebut muncul beberapa saat setelah akun Twitter resmi, Nokia Mobile India mengunggah sebuah teaser jika bakal ada sesuatu yang baru di 25 Agustus mendatang. Dalam sebuah video singkat yang diunggah, ditampilkan sketsa Nokia 3310 Reborn dengan tampilan smartphone di detik berikutnya, mengindikasikan gabungan fungsi kedua perangkat.

Baca juga: Nokia C3, Smartphone Android Spesifikasi Pas-pasan Harga Rp1,4 Jutaan

Feature Phone Baru Nokia Mendukung 4G & Aplikasi Populer

Sebelumnya, HMD Global juga dikabarkan bakal rilis beberapa seri smartphone di penghujung tahun 2020 ini. Selain Nokia 7.3, diketahui jika Nokia juga bakal merilis smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 460, pertama kali digunakan di OPPO A53 yang baru saja diluncurkan pekan lalu. Namun informasi perihal smartphone baru Nokia ini masih cukup samar.

Berbeda dengan feature phone baru yang bakal dirilisnya. Dikutip dari NokiaMob, HMD akan memperkenalkan tiga seri baru yaitu Nokia 215, Nokia 225 serta satu feature phone lain yang belum diketahui penamaannya. Nokia 215 (2020) atau 215 4G bakal jadi varian termurah yang sudah mendukung jaringan 4G, hadir tanpa kamera sama sekali.

Nokia Feature Phone 215 & 225 4G

Sementara Nokia 225 4G bakal hadir dengan fitur yang lebih lengkap, termasuk untuk kemampuan akses aplikasi seperti YouTube dan Facebook. Dalam gambar yang diunggah, terlihat bahwa tanggal yang ditampilkan adalah 3 Agustus 2020. Ini mengindikasikan jika seharusnya perangkat tersebut dirilis lebih awal, namun harus diundur akibat adanya pandemi.

Selain itu, perangkat ketiga memiliki kode nama Nokia Leo Basic. Desain bagian depannya mengingatkan saya terhadap seri feature phone lawas terdahulu yang cukup populer, seperti Nokia 6300 atau 6303 Classic. Perangkat ini dikabarkan juga akan mendukung aplikasi seperti WhatsApp, Facebook sampai akses ke Asisten Google lewat tombol pintasan khusus.

Feature Phone Nokia dengan Android Sempat Muncul di Internet

Nokia feature phone Android
(Sumber: Android Community).

Besar kemungkinan jika Nokia Leo Basic dan Nokia 225 4G bakal hadir dengan sistem operasi KaiOS, atau smarter OS yang dirancang untuk feature phone. Minggu lalu, sebuah feature phone Nokia dengan tampilan aplikasi Android juga sempat muncul di internet, menunjukkan ketersediaan aplikasi seperti Google Chrome serta YouTube.

HMD Global sendiri tak banyak merilis smartphone kelas menengah premium ataupun seri flagship. Setelah perkenalkan Nokia 8.3 5G yang juga tak kunjung tersedia, tidak ada lagi smartphone Android yang diperkenalkan. Alih-alih, malah berencana merilis tiga feature phone baru. Mungkin demand perangkat jenis ini memang masih tinggi di India, ya. Kalau misalkan hadir di Indonesia, apakah Gizmo friends juga tertarik? Berapa kira-kira harga yang pas untuk sebuah perangkat 4G feature phone bermerk Nokia?