Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia C3, Smartphone Android Spesifikasi Pas-pasan Harga Rp1,4 Jutaan

0 7.133

Pasar smartphone dengan spesifikasi yang cekak atau pas-pasan masih menjadi andalan bagi HMD Global, selaku pemegang lisensi brand smartphone Nokia. Sejak akhir tahun kemarin, HMD telah merilis dua smartphone Android terjangkau, yaitu Nokia C1 di bulan Desember, disusul Nokia C2 pada bulan Maret. Keduanya punya baterai kurang dari 3.000 mAh dan RAM 1GB saja.

Lima bulan setelah memperkenalkan Nokia C2, HMD secara senyap merilis sebuah seri atas untuk smartphone entry-level tersebut, dinamakan Nokia C3. Smartphone ini sepertinya bukan hadir untuk menggantikan C2, namun opsi dengan spesifikasi yang sedikit lebih baik. Desainnya sendiri sedikit mencerminkan dengan seri Nokia 3.1 Plus yang hadir resmi di Indonesia.

Baca juga: Nokia 150 (2020) Hadir di Indonesia, Feature Phone Rp400 Ribuan

Spesifikasi Nokia C3 (2020)

Nokia C3 (2020)

Sebelum kaget dengan spesifikasinya, perlu diingat bahwa smartphone ini dijual dengan harga yang cukup murah. Kita mulai dari bagian depannya yang bisa dibilang nampak klasik, dengan bezel atas dan bawah yang tak setipis smartphone masa kini. Layarnya sendiri berdimensi 5,99 inci, dengan resolusi HD+ dan panel yang masih IPS.

HMD berikan proteksi tempered glass pada Nokia C3, meski belum dari penyedia ternama seperti Gorilla Glass. Karena menjadi smartphone kelas entri, dimensinya sedikit tebal di 8,69mm dengan bobot 184,5 gram. Tak seperti Nokia 3.1 Plus yang berbahan metal, Nokia C3 gunakan plastik polikarbonat unibodi.

Tak seperti Nokia C1, Nokia C3 sudah mendukung konektivitas 4G. Smartphone ini ditenagai chipset dari Unisoc, tepatnya seri SC9863 octa-core dengan kecepatan hingga 1,6GHz. Kapasitas RAMnya cukup lega di 3GB, dengan penyimpanan memori 32GB yang masih bisa ditambah microSD sampai 128GB.

Baik kamera depan maupun belakang jumlahnya hanya satu. Kamera depannya punya resolusi 5MP, sementara di belakang terdapat sensor 8MP f/2.0 yang ditemani lampu kilat. Di bawahnya, ada sensor sidik jari yang dapat digunakan untuk mengunci layar, bisa dikombinasikan dengan fitur face unlock.

Diklaim mampu menyala seharian, kapasitas baterainya sendiri 3,040 mAh. Yah, setidaknya masih 11-12 dengan smartphone Google Pixel lah ya. Kamu bisa menggunakannya untuk menelepon sampai 23 jam dalam jaringan 5G. Pengisiannya harus ekstra sabar, karena baru mendukung input 5 watt melalui port microUSB.

Meski begitu, HMD tidak melakukan penghematan berlebih terhadap sensor yang ada. Nokia C3 tetap memiliki sensor cahaya, proximity, serta akselerometer. Terdapat jack audio 3,5mm plus fitur radio FM, termasuk konektivitas Bluetooth 4.2 dan WiFi 802.11 b/g/n.

Nokia C3 Dijual Rp1,4 Jutaan

Warna Nokia C3 (2020)

Smartphone ini dihadirkan dalam dua varian warna menarik, yaitu Nordic Blue dan Sand Gold. Sudah menjalankan Android 10, pre-order Nokia C3 di China telah dimulai, dengan penjualan perdana 13 Agustus mendatang. Harga resminya adalah CNY699 (Rp1,46 jutaan), namun selama masa pre-order, dijual sedikit lebih murah di CNY669 (Rp1,4 jutaan).

Harga tersebut, jika disamakan dengan harga smartphone di Indonesia, sudah mendekati Redmi 8A yang kini dijual resmi mulai Rp1,349 juta. Lagi-lagi, dengan harga setara, smartphone Nokia tidak menawarkan value yang lebih baik. Mungkin baiknya fokus di kelas flagship saja ya.