Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ASUS Zenfone 7 Series Siap Rilis 26 Agustus Mendatang

0 4.154

Persaingan smartphone flagship di tahun 2020 sudah dibilang cukup ramai, dengan perilisan dari hampir seluruh merk sejak awal tahun hingga menuju semester kedua. ASUS sendiri telah merilis seri flagshipnya, namun yang dibuat khusus untuk gaming, yaitu seri ROG Phone 3. Sementara itu, Zenfone 6 belum diketahui generasi penerusnya.

Rumor mengenai suksesor dari smartphone dengan kamera motorik tersebut memang sudah mulai bermunculan sejak beberapa saat lalu. Namun kini, titik cerah sudah mulai terlihat, berkat informasi resmi yang datang dari ASUS sendiri. Ya, ASUS sudah siap memperkenalkan flagship baru, ASUS Zenfone 7 series pada akhir Agustus mendatang.

ASUS Zenfone 7 Series Siap Meluncur

Informasi tersebut datang dari kanal YouTube resmi ASUS. Menariknya, dalam judul tersebut, selain tanggal tepatnya yaitu 26 Agustus, ASUS menuliskan “Zenfone 7 series”. Hal ini menandakan hadirnya lebih dari satu varian flagship terjangkau dari mereka. Jika kita flashback sejenak, ASUS Zenfone 6 hanya hadir dalam satu varian (kecuali penamaan yang berbeda di India).

Namun untuk Zenfone 5 yang dirilis dua tahun lalu, ASUS memang bawa dua varian. Yaitu Zenfone 5 dengan chipset kelas menengah Snapdragon 636 dan Zenfone 5z yang gunakan Snapdragon 845 (atau teknisnya tiga varian dengan Zenfone 5 Lite). Akan menarik jika Zenfone 6 series bakal mengadopsi ragam jenis yang setara.

Namun ASUS sepertinya akan perkenalkan smartphone tersebut pertama kali untuk wilayah asalnya saja, yaitu Taiwan. Kanal resmi yang digunakan adalah ASUS Taiwan, bukan global. ASUS Zenfone 7 series juga bisa dibilang salah satu smartphone yang bocorannya tidak banyak diketahui. Meski tak sampai 10 hari, bocoran desain belum muncul sama sekali.

Rumor Spesifikasi ASUS Zenfone 7

Asus Zenfone 6
Review Zenfone 6

Sejak pertengahan Juli lalu, diketahui jika ASUS Zenfone 7 dengan nomor ID ASUS_I002D dan nomor model ZS670KS telah muncul di beberapa lembaga sertifikasi, seperti NCC di Taiwan dan TUV Rheinland Jepang. Dari kedua listing, muncul beberapa spesifikasi yang bakal dibawa flagship ASUS untuk 2020 tersebut.

Dari nomor modelnya, diperkirakan jika Zenfone 7 bakal mengusung layar berdimensi 6,7 inci. Selain itu, kapasitas penyimpanan internalnya cukup besar di 512GB, lengkap dengan konektivitas seperti NFC, WiFi 6 dan Bluetooth 5.0. Kapasitas baterainya 5.000 mAh, dan sudah mendukung fast charging hingga 30W.

Sementara untuk rumor lainnya, diperkirakan jika smartphone tersebut bakal menggunakan chipset Snapdragon 865, tanpa versi Plus, dipasangkan dengan RAM 16GB. Setup kameranya juga diduga masih sama, hanya saja ASUS akan menambahkan jumlah sensor kameranya, melebihi dua yang ada di Zenfone 6. Mendukung 5G, Zenfone 7 bakal hadir dalam dua varian warna yaitu putih dan hitam.

ASUS Zenfone 6 sendiri dirilis di Indonesia jauh setelah perkenalannya secara global, hadir sekitar pertengahan November tahun lalu. Dibanderol dengan harga hanya Rp6,999 juta, tidak mengagetkan jika smartphone ini secara cepat menjadi ghoib dari peredaran. Spesifikasi tinggi yang diusungnya cukup menarik daya beli konsumen, termasuk mekanisme kamera putar yang membuat layarnya bebas hambatan dari notch.