Honda x JAXA Kembangkan Roket Kecil untuk Eksplorasi Ruang Angkasa

Japan, Gizmologi – Tak ingin ketinggalan dari SpaceX ataupun Blue Origin, Honda juga punya ambisi untuk bisa mengeksplorasi dunia luar angkasa. Manufaktur asal Jepang ini bakal mengembangkan roket berukuran kecil untuk penjelajahan luar angkasa.

Selain menghadirkan teknologi ramah lingkungan dan keselamatan yang canggih, Honda R&D juga ingin mengambil peran dalam eksplorasi ke luar angkasa. Termasuk memperluas potensi mobilitas di bidang robotik hingga kendaraan ruang angkasa.

“Area baru yang akan ditekuni Honda ini termasuk pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal listrik, robot avatar dengan tujuan untuk memperluas jangkauan kemampuan manusia dan tantangan baru di bidang luar angkasa,” kata Honda dalam pernyataan resmi, dikutip Jumat (1/10/2021).

Dalam mengembangkan mobilitas tanpa kemacetan, Honda mengembangkan pesawat eVTOL (electric Vertical Take-off and Landing) yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal. Dan, kendaraan terbang ini ditenagai oleh motor listrik, ramah lingkungan dan mudah diakses orang-orang.

Tantangan bidang luar angkasa

roket-hondaHonda juga sedang mengerjakan penelitian di bidang teknologi luar angkasa dan berkeinginan membangun sistem energi terbarukan sirkulatif di permukaan Bulan. Honda juga akan melibatkan robot dengan tangan multi-jari fungsi yang didukung AI, dan teknologi kontrol torsi yang sangat responsif dan dikendalikan dari jarak jauh saat akan melakukan tugas.

Dalam perlombaan teknologi ke luar angkasa, Honda akan bekerja sama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) untuk mengembangkan sistem energi terbarukan. Serta pengembangan teknologi robotika untuk lingkungan di luar angkasa.

Saat ini, Honda juga sedang mengerjakan pengembangan roket berukuran kecil. Pengembangan roket ini diprakarsai kebutuhan global untuk menghadirkan teknologi yang ramah lingkungan, serta cakupan mobilitas tinggi untuk sarana peluncuran satelit orbit rendah Bumi.

Apalagi, Honda sedang melakukan penelitian dengan asumsi membuat roketnya “dapat digunakan kembali” dengan memungkinkan setidaknya beberapa komponen roket mendarat kembali di bumi setelah peluncuran.

Dengan langkah ini Honda dan beberapa kelompok kongklomerat dunia yang berambisi mengeksploitasi luar angkasa dengan pengambangan kendaraan-kendaraan luar angkasa. Sehingga persaingan bisnis untuk kepentingan luar angkasa jadi peluang di masa depan.

Tinggalkan komen