Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

HP Elite Dragonfly Max, Laptop Bisnis dengan Webcam 5 Megapiksel

0 1.765

Dalam berikan pilihan yang tepat sasaran untuk tiap jenis konsumen, HP rilis beragam seri notebook atau laptop sesuai dengan keperluan. Seperti Omen untuk gaming, Spectre untuk versi flagship yang utamakan desain, hingga seri Elite untuk keperluan bisnis. Sambut CES 2021, HP baru saja perbarui lini HP Elite Dragonfly mereka.

Sebelumnya, HP Elite Dragonfly hanya hadir dalam satu varian saja. Namun kali ini diperkenalkan dua varian berbeda, yaitu Elite Dragonfly G2 (2021) dan Dragonfly Max. Perbedaan utama di antara kedua seri tersebut adalah kemampuan untuk melakukan panggilan untuk konferensi video, di mana seri Max bakal jauh lebih cocok.

Keduanya memiliki desain yang identik, memiliki mekanisme hinge 2-in-1 di mana layarnya bisa diputar 360 derajat ke belakang, untuk penggunaan dalam mode tablet. HP Elite Dragonfly G2 & Max memiliki bobot paling ringan kurang dari 1 kilogram. Hal tersebut berkat materialnya yang gunakan bagian seperti plastik sampah dari lautan.

Baca juga: Review HP Envy x360 (2020): Kompak, Stylish dan Bertenaga

Spesifikasi HP Elite Dragonfly Max & G2

HP Elite Dragonfly Max

Kedua laptop sama-sama miliki dimensi layar 13,3 inci dengan bezel yang cukup tipis. Hadir dengan prosesor Intel generasi ke-11, HP Elite Dragonfly Max hanya tersedia dalam varian Intel Core-i5 dan i7, sementara Dragonfly G2 tersedia opsi Core-i3. Keduanya bisa menggunakan RAM hingga 32GB dan penyimpanan sampai 2TB berjenis M.2 SSD.

Untuk urusan konektivitas, mengingat ini laptop bisnis, pilihannya cukup lengkap. Terdapat dua port USB-C yang mendukung standar Thunderbolt 3, satu port USB A 3.1, port HDMI dan slot kartu Nano SIM. Ya, HP bahkan sediakan opsi dengan dukungan jaringan 5G langsung dari laptop.

Opsi warna Dragonfly Blue hadir untuk dua varian, sementara warna hitam polos hadir khusus untuk HP Elite Dragonfly Max saja. Keduanya juga miliki proteksi Corning Gorilla Glass 5 pada layarnya, minimalisir munculnya goresan. Lalu apa perbedaan keduanya? Ada pada kualitas panel layar, kamera serta mikrofon yang dimiliki.

HP Elite Dragonfly G2 hadir dengan opsi layar full HD hingga 4K, dengan kamera 1,2MP dan mikrofon standar. Sementara Dragonfly Max cukup ekstra; kameranya beresolusi 5MP (plus sensor IR untuk Windows Hello), ditambah dengan empat mikrofon terintegrasi. Sehingga bakal sangat cocok bagi mereka yang lakukan video conference secara rutin.

Keduanya memiliki teknologi khusus dari HP, di mana konten pada layar tidak akan terlihat dari orang yang berlalu lalang di belakang pengguna. Terdapat juga fitur HP Tamper Lock, yang kunci dan beri notifikasi ke pemilik bila laptop dibuka atau dibobol secara paksa oleh pengguna tidak bertanggung jawab.

Bakal Tersedia Mulai Januari 2021, Harga Rp20 Jutaan

HP Elite Dragonfly G2

Dengan seluruh fitur canggih yang ditawarkan, tentu ada harga premium untuk HP Elite Dragonfly yang diluncurkan awal 2021 ini. Tersedia mulai bulan Januari, HP sendiri belum menginformasikan perkiraan harga baik untuk seri G2 maupun Max.

Sebagai informasi, HP Elite Dragonfly G2 rilisan 2020 lalu dijual seharga USD1,500 (Rp21 jutaan). Itu adalah harga varian termurahnya yang gunakan Intel Core-i3. Sehingga bisa dibayangkan selisihnya dengan varian Max yang memiliki kamera resolusi tinggi, plus built-in Tile tracker di mana pengguna bisa lacak keberadaan perangkat (selama baterai masih ada).