Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review HP Envy x360 (2020): Kompak, Stylish dan Bertenaga

1 1.825

Serupa dengan smartphone, perangkat komputer portable atau laptop hadir dalam segmen harga yang beragam, bahkan rentangnya jauh lebih lebar. Mulai dari Rp3 jutaan, hingga puluhan juta dengan kemampuan yang benar-benar powerful. Di antara rentang tersebut, terdapat kelas laptop menengah premium yang saat ini juga tidak kalah powerful.

Salah satu produsen elektronik komputer ternama yang sudah sangat dikenal di Indonesia, HP baru saja memperbarui sebuah seri laptop portabel “fleksibel” mereka, yaitu HP Envy x360. Versi 2020 ini diperbarui dengan desain yang lebih kompak serta peningkatan performa yang cukup signifikan, berkat penggunaan chipset AMD Ryzen 7 4700u di dalamnya. Hadir secara resmi dengan harga Rp17 jutaan.

Selama satu bulan pemakaian, saya bisa bilang kalau laptop ini bisa dibilang sempurna, atau setidaknya sangat layak dengan harga yang ditawarkan. Seluruh fiturnya hampir memiliki kualitas yang sangat baik, diluar dugaan dari kombinasi perangkat kompak, tipis, stylish tapi juga powerful. Berikut adalah pengalaman saya menggunakan HP Envy x360 13-ay0006AU.

Desain

HP Envy x360

Tak kalah dengan seri Spectre, HP Envy 360 edisi 2020 ini juga hadir dengan tampilan yang sangat elegan. Varian warna Nightfall black yang ditawarkan, punya kombinasi warna abu-abu gelap, gunakan tekstur matte yang terasa halus di tangan. Sedikit kekurangan mungkin terletak pada bahannya yang sedikit mudah membekas sidik jari.

Untuk sebuah laptop convertible dengan chipset yang sangat powerful, bisa dibilang dimensinya termasuk salah satu yang paling kecil. Selain tipis, bobotnya hanya 1,32 kilogram saja, sehingga tentu tidak membebani tas punggung atau sling bag ketika sedang dibawa.

HP Envy x360

Bisa diputar hingga 360 derajat ke belakang, mekanisme hinge yang digunakan HP Envy x360 terasa sangat solid, sehingga tetap stabil walaupun diberi input sentuh pada layarnya. Sementara papan ketiknya dibuat cukup besar, sangat nyaman dan hanya perlu waktu singkat untuk membiasakannya. Bidang touchpad memang bukan yang terbesar, namun sudah sangat cukup, terutama sudah gunakan Windows Precision Driver.

Keyboard HP Envy x360

Yang sedikit terasa berbeda, tombol power untuk laptop convertible biasanya terletak di sisi samping bodi. Namun tidak untuk laptop ini—melainkan diletakkan di sebelah tombol delete. Mungkin karena saking tipisnya, ya. Tapi jangan khawatir, selama pemakaian, saya tidak pernah mengalami kejadian salah pencet sampai membuatnya mati/sleep. Karena untuk mematikan, perlu ditekan beberapa detik sebagai fitur keamanan.

Dan omong-omong soal keamanan, sensor sidik jari kapasitifnya disematkan di area bawah kanan keyboard. Sensor ini sangat responsif dan akurat, tinggal letakkan jari secara sangat singkat, kunci layar langsung terbuka. Sementara di atas keyboard kini terlihat polos, tanpa speaker grille yang kini dipindahkan ke bawah bodi.

Layar

Layar HP Envy x360

Spesifikasi layar HP Envy x360 cukup baik, cocok baik untuk penggunaan kasual, kreator konten yang membutuhkan akurasi warna tinggi, maupun para desainer grafis. Dimensinya cukup pas di 13,3 inci, dengan micro-edge bezel yang memang terlihat tipis di keempat sisinya. Panel yang digunakan sudah IPS, beresolusi full HD, dan mendukung warna 100% sRGB.

Dapat menyala hingga 400 nits, tidak ada masalah dengan penggunaan di luar ruangan maupun meja yang menghadap ke jendela. HP juga sudah berikan proteksi Corning Gorilla Glass NBT agar tidak khawatir mudah tergores. Oh ya, layar ini juga multi-touch, dan mendukung input stylus yang sudah termasuk dalam paket penjualan.

Stylus HP Envy x360

Tingkat akurasinya bisa dibilang mendekati stylus milik Apple Pencil atau Surface Pen, dan teknologi palm rejection cukup baik untuk mencegah sentuhan tangan ketika ditaruh di atas kaca layar saat menggambar. Sensitivitasnya juga baik ketika digunakan dalam mode tablet. Meski sebelumnya belum pernah menggunakan laptop layar sentuh, saya lebih sering memanfaatkannya ketika fitur ini ada di HP Envy x360, untuk percepat penyelesaian tugas sehari-hari.

Port dan Konektivitas

Port HP Envy x360

Hadir dengan desain yang tipis, ada yang harus dikorbankan pada bagian ini. Di sebelah kiri, terdapat audio combo jack, USB-A SuperSpeed 5Gbps dan USB-C SuperSpeed 10Gbps. Sementara di sebelah kanan ada charging port (AC pin), USB-A dengan spesifikasi yang sama, serta microSD reader. Ya, bukan full-size SD card, sehingga yang memiliki kamera DSLR atau lainnya harus mengkonsiderasikan untuk membeli dongle/card reader.

Oh ya, jika dirasa kurang, HP sudah menyertakan sebuah dongle ekstra yang tersambung ke port USB-C, berikan tiga port tambahan. Miliki modul WiFi 802.11ac dan Bluetooth 5.0, tidak ada masalah ketika menghubungkan perangkat ini dengan beragam WiFi public maupun beragam earphone TWS yang saya gunakan. Mungkin kalau mau sedikit nitpick, desain port USB-A sedikit merepotkan, walaupun membuat terlihat tipis sekaligus melindungi bagian dalamnya.

Performa

Performa HP Envy x360

Laptop ini hadir dengan dua SKU di Indonesia, dan kebetulan unit yang saya pegang merupakan varian yang paling tinggi. Chipset yang digunakan adalah salah satu yang cukup baru dari AMD, yaitu AMD Ryzen 7 seri 4700U octa-core dengan clockspeed hingga 4,1GHz. RAM yang digunakan berjenis DDR4 onboard, sehingga tak bisa diganti atau upgrade, namun setidaknya sudah cukup lapang di 16GB dan berjenis dual-channel.

Sementara penyimpanannya berukuran 512GB, gunakan jenis SSD PCIe NVMe yang punya kecepatan baca melebihi 3000MBps. Dengan spesifikasi seperti ini, HP Envy x360 bisa dibilang sangat bertenaga. Mau diapakai untuk main gim yang cukup berat, bisa. Untuk keperluan olah digital maupun editing video juga tentunya cocok. HP juga berikan sebuah software Command Center dimana pengguna bisa mengatur untuk maksimalkan performanya.

HP Envy x360 - benchmark

Dengan performa yang bisa dibilang sangat kencang untuk sebuah laptop portable, ada sedikit kekurangan pada laptop ini. Suhunya bisa terasa sangat panas, terutama di bagian bawah kanan bodi. Tidak terasa sampai permukaan atas, memang, namun hal tersebut membuat laptop ini tidak nyaman untuk digunakan secara kasual dengan meletakannya di atas paha penggunanya.

Namun itu dengan catatan ketika kita menggunakannya pada mode performance di menu baterai atau Command Center, ya. Kalau pakai battery saver, atau mode Quiet, tentu panasnya tidak sampai berlebih, dan performa juga masih sangat cukup kok. Laptop ini hanya dilengkapi satu kipas, dihembuskan lewat sela belakang bodi. Tentunya akan terdengar sangat kencang ketika mode performa diaktifkan.

Fitur Lain

Webcam HP Envy x360
Penutup kamera berwarna putih otomatis aktif ketika webcam dimatikan.

Kalau laptop yang sebelumnya saya ulas punya posisi webcam yang sangat kurang pas, laptop ini masih normal-normal saja, alias diletakkan di atas layar. Padahal bezelnya juga masih ramping. Sesuai namanya, HP Wide Vision HD Camera ini punya viewfinder yang sangat luas, dan kualitas yang baik bahkan dalam kondisi cahaya cukup. Sangat cocok untuk video call dan video conference.

Untuk beri rasa aman, disediakan penutup kamera fisik di balik panel kaca layarnya. Ketika diaktifkan, akan ada lapisan tambahan berwarna putih, serta pemutusan akses ke kamera tersebut. Selain itu, layar yang bisa diputar juga membuat kita lebih fleksibel menggunakannya dalam berbagai mode. Hanya saja, terkadang sensornya seperti salah melakukan pendeteksian.

Sehingga ketika saya membuka dalam mode laptop standar, terkadang keyboard tidak bisa ditekan, seolah-olah sedang dalam mode tablet. Jarang sih, dan semoga bisa diperbaiki lewat pembaruan software. Untuk fitur audio, lambing Bang & Olufsen yang disematkan di bawah keyboard memang hadir bukan sekadar untuk gimmick saja.

HP Envy x360 adalah laptop Windows dengan kualitas audio speaker paling baik yang pernah saya dengar, bahkan dibandingkan dengan laptop lain yang tidak dirancang tipis. Tidak se-dahsyat MacBook Air atau MacBook Pro, memang, tapi sudah sangat mampu memanjakan penggunanya ketika digunakan untuk menonton konten Netflix atau sekadar mendengarkan lagu lewat Spotify.

Baterai HP Envy x360 (2020)

Sebetulnya tidak ada yang spesial dari kapasitas baterai milik HP Envy x360 2020 ini, hanya gunakan 3-cell 51Wh. Saya sendiri awalnya pesimis, terutama melihat klaim di situs resmi bila laptop ini bisa digunakan hingga 12 jam. Dan ternyata memang terbukti, tidak sesuai klaim, tapi masih sangat memuaskan. Laptop ini mampu bertahan seharian untuk penggunakan kasual, tanpa edit video ataupun bermain game.

Kurang lebih, untuk penggunaan dokumen dan browsing lewat Microsoft Edge, bisa bertahan selama jam kerja atau bisa mencapai 10 jam. Bergantung dari mode dan kecerahan layar yang digunakan. Nah, yang paling saya suka, HP Envy x360 mendukung pengisian daya lewat port USB-C. Sehingga saya hanya perlu membawa satu GaN charger 65W untuk isi daya laptop dan smartphone, jauh lebih praktis.

Kesimpulan

HP Envy x360

Dengan mengeluarkan dana Rp18 juta kembali seribu rupiah, Gizmo friends bisa mendapatkan sebuah laptop kompak kencang yang memiliki checklist nilai baik pada semua bagian. Desain convertible, material premium, layar cerah dan akurat, speaker yang memuaskan, mendukung input sentuh plus dilengkapi stylus dalam paket penjualan, sampai sensor sidik jari yang sangat responsif.

Itu masih nilai-nilai ekstranya saja, belum lagi performa kencang yang dibawa AMD Ryzen generasi keempat, dan daya tahan baterainya yang cukup lama. Bisa diisi menggunakan USB-C pula. Jika dirasa tak memerlukan Ryzen 7, Gizmo friends juga bisa menghemat Rp2 juta dengan ambil opsi Ryzen 5-4500U (dengan RAM 8GB) untuk versi SKU 13-ay0005AU. Membuat HP Envy x360 sangat layak untuk dikonsiderasikan sebagai laptop terbaik di segmen harganya.


Cek harga produk HP di e-commerce:

Tokopedia Lazada Shopee Bhinneka

   Spesifikasi HP Envy x360 (2020)

HP Envy x360
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Laptop
Model / Series HP Envy x360 2020
Released 17 April, 2020
Status Available
Price Rp15.999.000 (Ryzen 5), Rp17.999.000 (Ryzen 7)

Platform

Processor AMD Ryzen 7 4700U
VGA (Graphic Card) AMD Radeon RX Vega 7
RAM (Memory) 16GB DDR4 dual-channel (onboard)
Storage 512GB NVMe PCIe SSD
Operating System Windows 10 Home

Body

Dimensions 30.65 x 19.46 x 1.64 cm
Display 13.3" diagonal FHD, IPS, BrightView, micro-edge, WLED-backlit, multitouch-enabled, edge-to-edge glass with Corning® Gorilla® Glass NBT™, 400 nits, 100% sRGB (1920 x 1080)
Battery 3-cell, 51Wh
Up to 12 hours
65W AC adapter
Support USB-C charging

Connectivity

Webcam HD WideView Vision Camera
Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices. 5.0
Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world. 802.11 ac
NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
I/O Interface Audio Jack Combo 3.5mm
2 USB 3.1 Gen 1 Type-A
1 Type-C USB 3.1 Gen 2
Micro SD Card Reader

Other

Audio Stereo speaker by Bang & Olufsen
Features Backlight Keyboard (Single-Color, White)
Color: Nightfall Black
92%
Sempurna

Review HP Envy x360 13-ay0006AU

Untuk sebuah laptop seharga mulai dari Rp15 jutaan, HP Envy x360 mampu tawarkan fitur yang lengkap dengan kualitas yang merasa baiknya. Mulai dari segi performa, baterai, layar, hingga desainnya yang kompak, ringan dan premium.

Beli
Promo HP Envy x360 (2020) di Shopee
  • Design
  • Display
  • Performance
  • Features
  • Battery
1 Komen
  1. […] Baca juga: Review HP Envy x360 (2020): Kompak, Stylish dan Bertenaga […]

Tinggalkan Balasan