Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei Enjoy 20 Series Hadir dengan 5G, Harga Mulai Rp3 Jutaan

0 4.588

Sepanjang tahun 2020, dunia smartphone telah diramaikan dengan beberapa seri terbaru dari beragam produsen, mendukung jaringan 5G meskipun bukan dalam kelas flagship. Berkat adanya chipset baru yang lebih terjangkau besutan Qualcomm dan MediaTek, kini lebih banyak smartphone 5G kelas menengah dengan harga yang jauh lebih murah dari flagship.

Huawei sendiri telah merilis sebuah smartphone kelas menengah, Huawei Enjoy 20 Pro 5G pada bulan Juni lalu di negara asalnya. Untuk melengkapi seri tersebut, diperkenalkan Huawei Enjoy 20 5G & Enjoy 20 Plus 5G, masing-masing hadir dengan segmentasi masing-masing. Varian Plus hadir dengan desain menyegarkan dan cukup futuristik.

Baca juga: Huawei MatePad T10s, Tablet Rp2 Jutaan dengan Speaker Harman Kardon

Keunggulan Huawei Enjoy 20 Series 5G

Huawei Enjoy 20 Plus 5G
Huawei Enjoy 20 Plus 5G

Memiliki desain belakang yang serupa dengan Mate 30 Pro, Huawei Enjoy 20 Plus 5G hadir sebagai alternatif yang lebih mahal dari seri Pro. Smartphone ini punya layar besar 6,63 inci dengan resolusi full HD+, mendukung refresh rate 90Hz serta tanpa gangguan notch maupun kamera punch-hole. Hanya saja, panelnya masih gunakan jenis IPS.

Huawei mensiasatinya dengan meletakkan sensor sidik jari yang dibuat menyatu bersama tombol power di sisi samping. Sementara kamera depannya sendiri menggunakan mekanisme pop-up, punya resolusi 16MP dengan diafragma f/2.0. Sejajar dengan kamera depan, terdapat port audio jack 3,5mm.

Sementara kamera belakangnya dilengkapi dengan tiga sensor, masing-masing adalah sensor utama 48MP f/1.8, sensor ultra wide-angle 8MP f/2.4 serta 2MP makro f/2.4. Untuk menyimpan hasil foto maupun tangkapan videonya, disiapkan penyimpanan internal 128GB yang tentunya, bisa ditambah lewat kartu NM dari Huawei, hingga 256GB.

Layar besarnya dipadukan dengan kapasitas baterai 4,200 mAh. Cukup modis, namun setidaknya smartphone ini telah mendukung 40W fast charging. Untuk urusan dapur pacu, Huawei memercayakan smartphone ini dengan chipset MediaTek Dimensity 720, dipasangkan dengan RAM LPDDR4X.

Selain Enjoy 20 Pro 5G, Huawei Enjoy 20 5G juga diperkenalkan, membawa desain kamera belakang kotak layaknya beberapa smartphone realme belakangan. Spesifikasinya terpaut jauh lebih sederhana, sebut saja layar 6,6 inci HD+, tanpa refresh rate tinggi, serta peletakan kamera depan 8MP f/2.0 yang masih berbentuk notch.

Sementara di bagian belakang, juga terdapat tiga sensor utama yang jenisnya sama. Hanya berbeda di besaran resolusinya, dimana Huawei Enjoy 20 5G punya sensor utama 13MP dan ultra-wide 5MP. Kapasitas baterainya lebih besar di 5,000 mAh, namun sayangnya tanpa fast charging.

Meski kelasnya lebih terjangkau, Huawei tetap gunakan chipset yang sama persis seperti varian Pro, yaitu MediaTek Dimensity 720. Secara teori, dengan teknologi layar yang lebih sederhana, smartphone ini bakal lebih hemat daya dengan performa lebih tinggi untuk gaming.

Harga Huawei Enjoy 20 Series di China

Huawei Enjoy 20 5G
Huawei Enjoy 20 5G

Huawei Enjoy 20 Plus 5G bakal hadir dalam empat opsi warna (Black, Gradient Blue, Forest Green & Pink). Varian RAM 8GB dibanderol seharga CNY2,499 atau sekitar Rp5,3 jutaan.

Sementara tujuan dari Huawei merilis Enjoy 20 5G dengan spesifikasi yang lebih ngepas adalah untuk menekan harga jual. Varian termurahnya dengan RAM 4GB dijual dengan harga CNY1,699, alias Rp3,6 jutaan saja. Membuat smartphone ini jadi produk termurah dari Huawei yang siap menanti kehadiran 5G secara merata.


Cek harga produk Huawei di

Shopee.co.id Lazada.co.id Eraspace