Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

IDC Q1 2020: Vivo Pimpin Market Share Smartphone di Indonesia

0 3.155

Komposisi pangsa pasar smartphone di Indonesia cukup dinamis. Setelah dua kuartal sebelumnya OPPO memimpin, kini giliran Vivo yang berada di posisi puncak. Hal ini berdasarkan laporan International Data Corporation (IDC) pada Q2 2020 yang menunjukkan, vivo Smartphone menduduki posisi 5 untuk smartphone global dan menduduki posisi 1 di pasar smartphone Indonesia.

Laporan terbaru Quarterly Mobile Phone Tracker Q1-2020 oleh  IDC) menunjukkan vivo telah mencatat pencapaian baru dengan menempati posisi pertama brand smartphone di Indonesia. Laporan ini juga dikonfirmasi oleh Risky Febrian, Market Analyst IDC indonesia.

“Untuk kuartal pertama di tahun 2020, IDC telah mengeluarkan data terbarunya, dan vivo berada di urutan satu untuk industri smartphone di Indonesia,” ujar Risky Febrian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari IDC, vivo berhasil menduduki posisi nomor 1 di pasar smartphone Indonesia pada kuartal pertama tahun 2020 ini dengan market share sebesar 27.4%. Sebelumnya, produsen smartphone yang masih dalam keluarga BBK Electronics China ini menduduki posisi dua pada kuartal-3 dan kuartal-4 tahun lalu.

Menguatnya pencapaian vivo di pasar Indonesia juga sejalan dengan pencapaian vivo di pasar smartphone global. Laporan Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker Q1-2020 oleh IDC menunjukkan, vivo juga mengalami pertumbuhan market share secara global dengan year-on-year growth sebesar 7%. Mencapai posisi 5 besar merk smartphone global, vivo berhasil mencatat pengapalan 24,8 juta unit smartphone sepanjang kuartal pertama 2020.

Kendati demikian, yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa metode pencatatan IDC berdasarkan shipment atau pengiriman barang dari pabrik ke distributor atau dealer. Bukan berdasarkan jumlah unit yang terjual ke konsumen. Sedangkan firma riset yang fokus menghitung data berdasarkan penjualan adalah Gfk. Sehingga tak heran jika data market share-nya berbeda. Sayangnya, Gfk termasuk jarang membagikan data tersebut ke publik. Pelaku industri harus membelinya untuk mendapatkan data penjualan smartphone yang komprehensif.

Market share smartphone global versi IDC Q1 2020

Baca juga: vivo Y50 Hadir di Indonesia dengan Memori 8GB & Snapdragon 665, Harga Rp3 Jutaan

Pencapaian Vivo Smartphone

Edy Kusuma, Senior Brand Director Vivo Indonesia mengatakan pencapaian ini didapatkan juga tidak lepas dari dukungan masyarakat dan konsumen loyal vivo Indonesia. “Bagi kami, ini merupakan sebuah indikator kepercayaan konsumen terhadap kami dari segala pihak seperti produk dan layanan yang kami tawarkan. Banyak terimakasih saya sampaikan,” ujar Edy.

Menurutnya, periode awal tahun 2020ini merupakan masa yang berat bagi industri smartphone. Salah satunya faktornya adalah karena permintaan konsumen yang turun pada masa pandemi Covid-19 serta kebijakan pemerintah yang menghimbau masyarakat untuk tetap tinggal dirumah ditambah lagi dengan melemahnya kondisi perekonomian dunia.

Oleh karenanya, pada awal tahun 2020 ini, Vivo merasa harus bekerja lebih keras serta mengimplementasikan strategi yang berbeda dari sebelumnya untuk tetap dapat meningkatkan penjualan serta terus menjaga kepercayaan masyarakat Indonesia.Vivo

Beberapa langkah yang diambil adalah dengan memberikan lebih banyak lagi varian smartphone berkualitas yang bisa dijangkau lebih banyak masyarakat Indonesia dengan lebih meningkatkan teknologi serta fitur pendukungnya. Memperkuat jalur distribusi pemasaran serta memastikan produk tersedia di pasar.

Perusahaan ini juga berusaha melakukan adaptasi cara penjualan yang disesuaikan dengan kondisi saat ini seperti program Layanan Antar Ke Rumah, promosi penjualan yang menarik, tidak lupa juga implementasi kerjasama dengan beberapa partner terpercaya seperti perusahaan penyedia layanan komunikasi.

“Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman berkualitas melalui variasi dan pembaruan produk, agar dapat terus berkembang di pasar smartphone tanah air. Vivo Indonesia memiliki rencana jangka panjang dan kami ingin terus apa yang telah kami berikan baik itu kualitas pelayanan maupun produk,” pungkas Edy.