California, Gizmologi โ Iklan iPad Pro terbaru menuai kontroversi, terutama dari kalangan industri kreatif. Menindaklanjuti hal tersebut, pihak Apple akhirnya mengambil sikap.
Jauh dari tradisi Apple, di mana biasanya iklan-iklan produknya mendapatkan pujian. Kali ini tampaknya perusahaan tersebut harus mengakui kreativitasnya kebablasan.
Ya, iklan iPad Pro terbarunya langsung diserbu netizen tak lama setelah ditayangkan. Bahkan, Apple sampai menutup kolom komentar pada tayangan iklan tersebut di YouTube Channel-nya.
Dalam iklan tersebut, terlihat berbagai alat dan instrumen kreatif seperti turntable, kamera, piano, kaleng cat, dan alat musik lainnya dihancurkan dengan mesin press hidrolik. Di durasi akhir, setelah semuanya hancur, dimunculkan iPad Pro yang tampil tipis.
Sebenarnya, memang Apple terlihat ingin menampilkan ketipisan perangkat tablet tersebut dan merangkum semua fitur-fitur kreatif di dalamnya. Hanya saja, menghancurkan alat dan instrumen kreatif terlihat sebagai sesuatu yang mengerikan, terutama bagi pelaku di industri kreatif.
โApple sangat tidak sensitif menayangkan kehancuran benda-benda yang biasa kami gunakan dalam pekerjaan kami,โ ujar salah satu pekerja industri kreatif dalam sebuah tayangan berita di BBC.
โBagaimana mungkin Apple menyebut iPad sebagai perangkat untuk berkreasi, sementara dia menampilkan iklan iPad Pro seperti itu?โ tanya seorang desainer.
Meet the new iPad Pro: the thinnest product weโve ever created, the most advanced display weโve ever produced, with the incredible power of the M4 chip. Just imagine all the things itโll be used to create. pic.twitter.com/6PeGXNoKgG
โ Tim Cook (@tim_cook) May 7, 2024
Iklan iPad Pro Terbaru Tidak Ditayangkan
Akibat kontroversi tersebut, akhirnya mendorong pihak Apple memberikan pernyataan. Namun, berbeda ketika iklan ini pertama kali diumumkan, klarifikasi ini tidak dilontarkan oleh Tim Cook, melainkan Tor Myhren, Apple VP of Marketing Communication.
Myhren mengatakan bahwa pihaknya mengaku salah dan meleset dalam mengungkapkan komunikasinya di iklan iPad Pro terbaru. Padahal niatnya adalah untuk merayakan berbagai cara pengguna dalam mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide melalui perangkat tersebut.
โKreativitas ada dalam DNA kami di Apple dan sangat penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan para kreatif di seluruh dunia. Kami meleset dari sasaran dalam video ini, dan kami minta maaf,โ demikian bunyi pernyataan tersebut seperti dikutip Gizmologi dari AdAge, Sabtu (11/5/2024).
Selain meminta maaf atas iklan iPad Pro terbaru yang kontroversial tersebut, Apple juga mengambil keputusan untuk tidak menayangkannya di TV.
Baca juga: iPad Pro M4 Tampil Lebih Ramping, Punya Dua Layar OLED Canggih
Nah, buat Gizmofriends yang belum menonton iklan tersebut, silakan tonton iklannya di sini. Apakah iklan ini memang tidak sesensitif itu?
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



