Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ini Sederet Inovasi Tokopedia Saat Ramadan di Tengah Pandemi

0 134

Tokopedia telah bertransformasi dari startup marketplace kecil saat didirikan pada 11 tahun silam menjadi unicorn dengan valuasi ratusan triliun. Situs belanja ini sekarang diklaim punya lebih dari 7,8 juta penjual di mana lebih dari setengahnya mengelola bisnis lewat aplikasi.

Para pebisnis lokal ini memasarkan lebih dari 250 juta produk dengan harga transparan kepada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia. Di tengah pandemi COVID-19, Tokopedia berkomitmen memastikan para pebisnis lokal tersebut tetap beroperasi daring, juga terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah, terutama selama Ramadan.

Priscilla Anais, AVP of Product Tokopedia, mengatakan Ramadan biasanya dibarengi oleh lonjakan transaksi. Terlebih di tengah pandemi, belanja online menjadi alternatif meminimalisir penyebaran virus di tempat ramai. “Demi membantu bisnis lokal tetap beroperasi daring di masa seperti ini, kami menciptakan sederet inovasi untuk menunjang produktivitas para penjual. Kami juga menghadirkan pengalaman konten baru untuk para pembeli lewat Tokopedia Play and kemudahan berbelanja lewat fitur Beli Langsung,” ujar Priscilla, saat konferensi pers daring di Jakarta (27/4).
Baca juga: Pandemi Covid-19, Inilah Produk yang Paling Diburu di Tokopedia 

Fitur Inovatif Tokopedia

Untuk menjaga kelangsungan bisnis penjual dan mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi Corona, Tokopedia melakukan transformasi pada aplikasi khusus penjual demi meningkatkan produktivitas. Berikut ini beberapa fitur inovatif Tokopedia yang bisa dimanfaatkan para penjual agar dagangannya semakin laris.

Fitur quick reply chat sekarang sudah tersedia dan memungkinkan penjual membalas pesan dari pembeli lewat notifikasi tanpa harus membuka aplikasi. Ada juga weekly summary sales and order, yang bisa memudahkan penjual melihat ringkasan penjualan, performa toko, pesanan, serta kendala transaksi.

Pada homepage toko, para penjual kini bisa memanfaatkan berbagai tampilan toko agar terlihat lebih menarik bagi pembeli. Para penjual juga dapat menampilkan kampanye, produk-produk unggulan, serta promo pada homepage yang dipersonalisasi.

Di sisi lain, pembeli juga bisa menikmati pengalaman berbelanja langsung atau live shopping yang terintegrasi secara lebih mulus. Inovasi di Tokopedia Play ini membuat pembeli dapat berinteraksi dengan para kreator konten, juga langsung membeli produk yang dibutuhkan saat mengikuti live streaming.

Tokopedia juga menghadirkan fitur Beli Langsung yang mempermudah dan mempercepat proses berbelanja. Kini dengan fitur Beli Langsung, pengguna dapat menyelesaikan transaksi hanya dengan satu klik. Metode pembayaran dan pengiriman di sisi lain dapat secara otomatis direkomendasikan sesuai preferensi atau kebiasaan masing-masing pembeli.