Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pandemi Covid-19, Inilah Produk yang Paling Diburu di Tokopedia 

0 3.419

Imbauan #DiRumahAja untuk mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19 membuat perusahaan e-commerce panen. Karena belanja online dapat menjadi alternatif memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satunya adalah Tokopedia, ecommerce yang kini berstatus unicorn. Mereka mengumumkan kategori produk di Tokopedia paling diminati masyarakat selama pandemi COVID-19 di bulan Maret 2020.

Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia, mengungkapkan bahwa kesehatan, keperluan rumah tangga, makanan dan minuman merupakan 3 kategori produk di Tokopedia yang meningkat signifikan selama Maret. “Pada kategori Perawatan Kesehatan dan Pribadi misalnya, terjadi kenaikan transaksi hampir 3 kali lipat,” ujarnya.

Selain dapat menekan penyebaran COVID-19, belanja daring juga bisa mendorong bisnis lokal tetap beroperasi secara online. Hal ini dibuktikan dari peningkatan jumlah penjual baru pada kategori Perawatan Kesehatan dan Pribadi sebesar hampir 2,5 kali dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Dijelaskan lebih lanjut, Tokopedia juga mengadakan kampanye #JagaEkonomiIndonesia untuk mendorong lebih banyak masyarakat berani menciptakan peluang di ranah online agar roda ekonomi tetap berjalan di tengah pandemi.
Baca juga: Ini yang Dilakukan Tokopedia, OVO dan Grab untuk Lawan COVID-19

Produk di Tokopedia paling laris

Hand sanitizer, vitamin dan masker adalah produk yang banyak dicari masyarakat di kategori Kesehatan. Nilai penjualan masker tercatat meningkat 197 kali dibanding bulan-bulan sebelumnya selama Maret. Di sisi lain, ada satu waktu dimana dalam 42 menit, 72.000 hand sanitizer terjual habis. Pembeli hand sanitizer paling jauh berasal dari Merauke.

Dalam kategori Keperluan Rumah Tangga, produk paling diburu mencakup disinfektan, tisu dan air purifier, sedangkan dari kategori Makanan dan Minuman, daging sapi, jahe dan kurma mengalami peningkatan signifikan.

Lebih dari 100 ton daging sapi terjual di Tokopedia selama bulan Maret 2020. Jumlah jahe yang terjual pun mencapai 60 ton, setara dengan jumlah jahe yang dibutuhkan untuk membuat jamu empon-empon bagi seluruh masyarakat Kota Sukabumi.

Selain itu, selama pandemi berlangsung, Tokopedia membuka dua kanal berdonasi untuk mengajak masyarakat bersama melawan pandemi, yaitu lewat fitur ‘Bantu Pejuang COVID-19’ dan halaman Checkout Tokopedia. Sampai akhir Maret, lebih dari 400.000 masyarakat telah berdonasi dan lebih dari Rp5 miliar donasi terkumpul untuk yang terdampak, terutama para tenaga medis.

Tokopedia juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tanpa harus ke luar rumah lewat Bebas Ongkir. Selama bulan Maret, total jarak pengiriman barang dengan Bebas Ongkir, yaitu lebih dari 2,5 juta kilometer, setara dengan 63 kali keliling bumi.

Infografik produk di Tokopedia yang laris Maret 2020

Infografik produk di Tokopedia Maret 2020