alexa

Penting! iOS 14.8 Tambal Celah Keamanan Krusial iPhone

Jakarta, Gizmologi – Jelang gelaran acara tahunan Apple Event yang bakal berlangsung tengah malam nanti, vendor asal California tersebut justru malah meluncurkan pembaruan perangkat lunak untuk perangkatnya. Bukan, bukan iOS 15, melainkan iOS 14.8 yang statusnya dibuat urgent alias harus segera diterapkan oleh seluruh pengguna iPhone.

Ya, Apple memang dikabarkan bakal meresmikan versi sistem operasi terbarunya yang membawa segelintir fitur baru tersebut. Namun tak disangka, iOS 14 masih mendapatkan sebuah pembaruan ekstra. Hal tersebut karena adanya celah atau lubang keamanan pada versi sebelumnya, membuat smartphone Apple rentan untuk dibobol oleh para hacker tertentu.

Baca juga: Bersiap! Apple Event 14 September Bakal Perkenalkan iPhone 13

Untuk itu, iOS 14.8 dihadirkan secara spesifik khusus mengatasi isu tersebut. Alih-alih membawa penambahan fitur atau diluncurkan dalam bentuk beta terlebih dahulu, seluruh pengguna smartphone Apple yang jalankan iOS 14 seperti iPhone 6S ke atas mutlak mendapatkan pembaruan satu ini. Bisa didapatkan secara over the air, langsung dari menu Settings.

iOS 14.8 Cegah Akses Spyware Berbahaya

iOS 14.8

Lantas sebenarnya bagaimana celah keamanan yang ada pada versi iOS 14 sebelumnya? Dikutip dari detikInet, pembaruan perangkat lunak kali ini hadir untuk menambal celah yang mungkinkan spyware milik NSO Group. Sebelumnya, informasi terkait keberadaan spyware Pegasus buatan mereka memang sempat santer beredar, dapat dimanfaatkan sebagai media mata-mata yang membahayakan privasi data pengguna.

Spyware tersebut diklaim bisa melakukan pengambilan data pada perangkat iPhone, Mac sampai Apple Watch tanpa pengguna harus melakukan proses apa pun. Sehingga pihak Apple menerima informasi terkait hal ini dari perusahaan keamanan siber asal Kanada, yaitu Citizen Lab. Agar diperbaiki pada versi perangkat lunak terbarunya.

Apple Watch Series 6

Karena tak harus melakukan apa pun, pengguna tak akan mengetahui tanda khusus bila datanya telah dipantau hingga direkam, mulai dari pesan teks, email, kamera, mikrofon sampai panggilan suara. Setelah berhasil, informasi akan dikirimkan ke klien NSO di pemerintahan global.

Lebih lanjut terkait spyware milik NSO Group, meski mengakunya hanya dijual kepada pemerintah yang penuhi standar HAM, selama ini telah muncul juga di perangkat telepon seperti aktivis, pengacara, oposisi dan lainnya. Pada negara-negara seperti Uni Emirat Arab, Meksiko, Arab Saudi dan lainnya.

Selain iOS 14.8, Juga Ada Pembaruan Untuk Perangkat Lainnya

iOS 14 iPadOS 14

Lalu apa yang harus Gizmo friends lakukan sebagai pemilik iPhone? Tentunya dengan segera disarankan untuk lakukan proses update ke iOS 14.8. Langkah-langkahnya juga sama seperti sebelum-sebelumnya, dengan mengakses menu Settings – General – Software Update. Bila belum muncul secara otomatis, ada baiknya untuk lakukan proses pengecekan secara manual.

Karena hanya bersifat penambalan celah keamanan, ukuran pembaruannya sendiri tak bakal mencapai lebih dari 1GB, serta proses update yang tak lama. Selain untuk iPhone yang mendukung, Apple juga merilis iPadOS 14.8, watchOS 7.6.2 dan macOS Big Sur 11.6 dengan penambahan keamanan yang sama.

Meski kamu bukanlah seorang aktivis atau orang penting sekalipun, ada baiknya untuk terus melakukan update software secara berkala demi keamanan yang lebih terjamin. Sebelum hal-hal buruk dapat terjadi dikemudian hari.

Tinggalkan komen