Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Bocoran Spesifikasi iPhone 12 yang Bakal Dirilis Pada Apple Event

0 1.355

Setelah warganet sedikit kecewa karena tidak ada iPhone baru di acara peluncuran bulan lalu, kini antusiasme akan flagship terbaik dari Apple di tahun 2020 bakal kembali terbangun. Apple baru saja merilis sebuah undangan untuk Apple Event terbarunya, yang bakal diadakan kurang lebih enam hari lagi.

Sama seperti September event dimana Apple perkenalkan Apple Watch dan iPad baru, special event yang diadakan pada 13 Oktober 2020 nanti juga diadakan sepenuhnya secara daring, langsung dari kampus Apple Park di Cupertino, California. Karena produk lainnya sudah diperbarui, giliran iPhone baru, yaitu iPhone 12 series yang memang sudah dirumorkan sejak lama.

Dalam sebuah poster yang diunggah, terlihat kombinasi warna yang berbeda dari biasanya, yaitu warna oranye dan biru yang bervariasi kecerahannya. Rumor sebelumnya mengatakan bila hero colour pada iPhone 12 series nanti tak lagi Midnight Green, melainkan Navy Blue. Sementara di bawahnya, terdapat sebuah sapaan, “Hi, Speed”.

Baca juga: Inilah Harga iPhone SE (2020) Resmi Indonesia, Bisa Dipesan 2 Oktober

Bakal Tayang Pada 14 Oktober Waktu Indonesia

Sapaan tersebut bisa mengartikan peningkatan performa iPhone 12 series yang signifikan lebih kencang, bisa juga karena pada akhirnya iPhone akan mengadopsi layar dengan refresh rate tinggi, mengejar ketertinggalannya dengan smartphone Android yang mulai Rp2 jutaan saja sudah 90Hz. Atau pun, bisa jadi tidak memiliki arti apa-apa. Kita nantikan saja tanggal mainnya ya.

Tepatnya, Apple Event nanti bakal diadakan pada tanggal 14 Oktober pukul 00:00 WIB. Gizmo friends dapat menyaksikannya di situs resmi apple.com, maupun channel YouTube resminya dengan meng-klik video di atas. Bisa juga meng-klik reminder agar supaya otomatis mengingatkan bila acara sudah dimulai, langsung dari smartphone supaya tidak ketinggalan.

Apple October Event 2020 - AR

Untuk menambah keseruan, Gizmo friends juga bisa mencoba untuk tampilkan logo Apple October Event nanti ke dalam visual augmented reality (AR). Caranya mudah saja, akses situs resmi Apple, masuk ke halaman Apple Event, lalu klik logo acara di atas. Nantinya tampilan akan berubah secara otomatis, bisa ambil foto atau screenshot lalu post ke media sosial.

Bakal Ada Empat Varian iPhone 12 yang Diperkenalkan

iPhone 12 series
Ilustrasi perbandingan dimensi iPhone 12 series. (Sumber: MacRumors)

Dikutip dari MacRumors, iPhone 12 bakal hadir dalam empat varian dan tiga dimensi layar. iPhone 12 bakal hadir dalam dimensi layar 6,1 inci, dan dimensi baru 5,4 inci yang kabarnya sama kecilnya dengan iPhone SE (2020). Sementara untuk varian flagship, iPhone 12 Pro hadir dalam ukuran 6,1 inci dan 6,7 inci.

Keempatnya bakal gunakan panel layar OLED dengan bezel tipis, sementara notch-nya masih punya ukuran yang kurang lebih sama, mengakomodir kamera TrueDepth untuk Face ID. Selain itu, Apple juga bakal hadirkan AirPods Studio, perangkat audio nirkabel pertama mereka dalam bentuk headphone. Rumornya bakal punya fitur ANC serta desain retro/klasik.

Mengingat Apple telah mengakuisisi Beats sejak 2019 lalu, tidak mengagetkan bila Apple bakal merilis headphone kelas premium. Juga bakal ada aksesoris lain yang dinamakan “AirTags”, Bluetooth tracker yang bisa dipasangkan dengan kunci maupun dompet, dan dapat dicari lewat aplikasi Find My iPhone untuk meminimalisir kehilangan barang berharga.

Juga bakal ada speaker HomePod dengan varian yang lebih kecil, serta perangkat Mac yang menggunakan prosesor ARM untuk pertama kalinya, dalam bentuk MacBook Air versi baru dan iMac. Dari semua rumor produk baru ini, mana yang paling menarik perhatian Gizmo friends?