alexa

iPhone 13 Dirilis, Apple Kasih Peringatan untuk Pengendara Motor

Jakarta, Gizmologi – Apple baru saja merilis iPhone 13 series. Namun baru-baru ini Apple justru mengeluarkan peringatan bagi pengguna iPhone untuk berhati-hati terhadap paparan getaran seperti yang dihasilkan mesin sepeda motor. Kenapa?

Disebutkan, getaran dalam frekuensi tertentu, di antaranya dari mesin sepeda motor berkekuatan tinggi dapat merusak sistem kamera iPhone. Alhasil, kualitas gambar yang dihasilkan akan menurun drastis.

“Mengekspos iPhone Anda ke getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu, khususnya yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor berdaya tinggi, dapat menurunkan kinerja sistem kamera,” tulis Apple di situs resmi di bagian bantuan, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: iPhone 13 Series Punya Poni Lebih Kecil & Kamera Superior

Dalam penjelasannya, perusahaan besutan Steve Jobs itu mengatakan, sistem kamera canggih di beberapa model iPhone mencakup teknologi seperti optical image stabilization (OIS) dan closed-loop autofocus. Teknologi tersebut membantu pengguna untuk mengambil foto yang bagus meski dalam kondisi yang sulit.

“Sistem ini bekerja untuk secara otomatis melawan gerakan, getaran, dan efek gravitasi agar Anda bisa fokus untuk mengambil bidikan yang bagus,” kata Apple.

Hal serupa juga tidak dianjurkan pada kendaraan kecil atau mesin listrik seperti moped dan skuter, dapat menyebabkan getaran dengan amplitudo yang relatif lebih rendah. Bila perlu pengendara motor disarankan untuk menambah peredam untuk mengurangi risiko kerusakan pada iPhone, tepatnya pada sistem OIS dan AF-nya.

“Mounting peredam getaran direkomendasikan untuk mengurangi risiko kerusakan sistem OIS dan AF iPhone Anda. Direkomendasikan juga untuk menghindari penggunaan rutin (memasang iPhone di sepeda motor) dalam jangka waktu lama,” lanjut Apple.

 

Tinggalkan komen