Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

JD.ID Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Lombok hingga Rp 500 Juta

0 115

Bencana alam merupakan fenomena alam yang tak dapat dihindari. Selain merugikan manusia secara materil, bencana alam juga membuat manusia kehilangan nyawanya. Awal Agustus lalu, Lombok, Bali dan sekitarnya mengalami bencana alam gempa bumi. Kekuatan gempa bumi di Indonesia bagian timur tersebut mencapai 7 SR dan sudah memakan banyak nyawa serta korban luka. Untuk itu, masyarakat Indonesia bersatu untuk membantu masyarakat Lombok dengan donasi yang dikumpulkan bersama-sama. Begitupun juga dengan JD.ID.

Pada 16 agustus 2018, JD.ID , sebuah perusahaan e-dagang yang terafiliasi dengan JD.com, sebuah perusahaan internet terbesar ke-3 di dunia, menyerahkan secara resmi donasi sebesar Rp 500 juta untuk para saudara-saudari korban bencana.

Dana kemanusiaan ini disalurkan kepada Lembaga Palang Merah Indonesia pusat untuk kemudian disalurkan langsung kepada yang membutuhkan terutama dalam 3 (tiga) aspek utama yang paling dibutuhkan. Tiga aspek tersebut berupa bantuan segera obat-obatan dan peralatan medis yang dibutuhkan. Lalu juga disediakan air putih yang nantinya akan didistribusikan, serta bantuan untuk penanganan pasca gempa. Termasuk dukungan untuk program pemulihan trauma para korban.

jdid bantu lombokPresident Director JD.ID Zhang Li menjelaskan, “Musibah tidak bisa diprediksi, sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, nurani kami tergerak untuk segera berpartisipasi secara nyata dalam program #JDIDbantuLombok yang kami gelar sehari setelah terjadi bencana. Aksi solidaritas ini kami sematkan dalam kampanye promo kami yang kebetulan sedang berlangsung pada 8 hingga 10 Agustus lalu ditambah penggalangan dana sumbangan sukarela secara internal kami, baik di kantor maupun di gudang-gudang kami di seluruh Indonesia sebagai bentuk simpati pada para korban bencana di Lombok.”

Palang Merah Indonesia (PMI) sendiri menyambut baik inisiatif dari JD.ID. Pelaksana harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita, mengatakan, “Dana yang kami terima akan kami salurkan ke beberapa lokasi di Lombok seperti Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Kota Mataram. Dana ini sangat bermanfaat karena dapat kami gunakan untuk memperbaiki jalur distribusi sementara serta menyediakan bantuan makanan, obat-obatan, air bersih, dan kebutuhan logistik lainnya.”

Terhitung hingga hari Rabu, 15 Agustus 2018, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 460 orang korban jiwa dan total pengungsi sebesar 417.529 orang. Dua belas hari sejak gempa yang terjadi pada awal Agustus lalu, tercatat sebanyak 576 gempa susulan terjadi dengan intesitas yang kecil.

Sementara itu, gempa susulan diperkirakan masih akan terjadi hingga empat minggu ke depan. Ini artinya, bantuan sekecil apapun bagi para korban gempa di Lombok dan sekitarnya masih sangat dibutuhkan untuk meringankan beban para korban.

Sebagai informasi, saat bencana gempa terjadi, JD.ID sedang mempersiapkan rangkaian promo mulai 8 hingga 17 Agustus 2018 menjelang kemerdekaan Republik Indonesia. Setelah pemberitaan mengenai bencana turun, JD.ID akhirnya memutuskan untuk ikut dalam aksi nyata soladaritas. Aksinya tersebut ialah berupa ajakan memberikan ‘like‘ pada post #JDbantuLombok di media sosial Instagram JD.ID.

Post-an tersebut berhasil mendapatkan lebih dari 1800 likes, dimana setiap ‘like‘ divaluasi seharga Rp. 1.000,00. Kemudian , pihak management memutuskan untuk menggenapi hasil yang didapatkan dengan bantuan yang diberikan oleh secara langsung oleh karyawan internal JD.ID. Mereka bahkan menyambutnya dengan antusias ketika mengetahui bahwa mereka juga dapat ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana solidaritas secara sukarela. Setelahnya, dana total yang terkumpul, disalurkan melalui dana kemanusiaan PMI.