Mayoritas Orang Indonesia Lebih Suka COD Ketika Belanja Online

Surabaya, Gizmologi – Meskipun sering berbuntut masalah dan menjadi viral di media sosial, nyatanya metode pembayaran Cash-on Delivery (COD) merupakan pilihan mayoritas konsumen belanja online di Indonesia. Hal ini diungkap J-Express (JX) yang merupakan mitra logistik dari JD.ID.

Ya, ketika melakukan edukasi pemasaran kepada 125 pelaku UKM di Kota Surabaya, Rabu (17/11/2021), Adhika Yosmik, Head of Marketing, Community, and Partnership J-Express (JX) Indonesia mengungkapkan bahwa COD adalah salah satu cara jitu yang dilakukan oleh para seller untuk membangun kepercayaan para pelanggan.

“Hal ini didukung data statistik yang menyatakan lebih dari 70% konsumen Indonesia masih memilih COD sebagai metode transaksi belanja dan pengiriman barang. Terlebih di situasi pandemi, di mana kegiatan jual-beli mayoritas dilakukan secara digital dan online, kami melihat COD sebagai jalan tengah yang memungkinkan kedua belah pihak, seller dan pelanggan, merasakan kepuasan dan manfaat dari belanja online,” ujarnya.

Selain pengenalan metode transaksi COD, dalam acara tersebut, JX bersama JD.ID melakukan berbagai edukasi, seperti cara bergabung menjadi mitra seller JD.ID, serta penjelasan mengenai program social commerce JD Fans, sebuah program afiliasi marketing resmi milik JD.ID.

Furqon Ramdhan, Seller Acquisition JD.ID, dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa pihaknya terus melakukan berbagai upaya dan terobosan untuk menyediakan lingkungan dagang yang sehat dengan fasilitas yang lengkap bagi para mitra seller.

“Meski tergolong muda jika dibandingkan dengan lini-bisnis ritel kami, platform marketplace JD.ID terus mengalami peningkatan jumlah transaksi dari tahun ke tahun. Dengan kegiatan ini, kami kami ingin mengajak para pelaku UKM di Indonesia khususnya Kota Surabaya untuk bergabung dengan JD.ID, bersama-sama dengan kami untuk ‘naik level’,” ujarnya.

Jualan Tanpa Modal

Sementara itu, mengenai peluang bisnis bersama JD.ID, Adrawan Diponugroho, Social Commerce Business Development Specialist JD Fans, mengatakan bahwa di platform ini tersedia banyak kanal untuk para pelaku bisnis belajar memulai usaha atau sekedar ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tanpa mengumpulkan modal. Menurutnya, JD Fans adalah aplikasi afiliasi marketing dari JD.ID yang memanfaatkan platform media sosial untuk penjualan dan promosi.

“Jika bergabung dengan JD Fans, para promoter berkesempatan untuk mendapatkan komisi hingga 80%, diskon khusus, dan voucher menarik, serta dibebaskan untuk mempromosikan barang, sesuai dengan cara dan kreativitas masing-masing. Kami berharap banyak pihak dapat diberdayakan, terutama yang kesulitan mendapatkan penghasilan di tengah situasi pandemi,” paparnya.

JD.ID x JX Express - UKM Surabaya

JD. ID mengklaim kegiatan yang dilakukannya bersama JX ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para peserta di Kota Surabaya. Keduanya bahkan bersemangat untuk menggelar program serupa di berbagai kota di Indonesia, setelah sebelumnya mendarat di Kota Serang, Bogor, Malang, dan Yogyakarta.

“Melalui rangkaian kegiatan ini, JX dan JD.ID berkeinginan untuk dapat berbagi ilmu dan informasi terbaru mengenai industri e-commerce kepada para pelaku UKM, menggandeng para seller dari berbagai daerah, serta memberikan program pelatihan dengan materi yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan para #TemanOnlineSeller,” demikian bunyi pernyataan resmi yang diterima Gizmologi.

Tinggalkan komen