Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ambisi GrabFood Kuasai Pasar Pesan Makanan Online

Siang itu, Ni Luh Larasati, konsultan agensi digital yang berkantor di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, bersiap menyantap makan siangnya setelah menerima kiriman dari kurir makanan online. Dia mengaku hampir tiap hari memesan makan siangnya lewat pengiriman daring.

“Simpel, murah, dan saya tidak perlu berpanas-panas di bawah sinar matahari atau bermacet-macet ria untuk sekadar makan siang,” kata wanita yang tinggal di Depok ini.

Ni Luh tak menyangka bahwa kebiasaan pesan makan secara online itu merupakan bagian dari pangsa pasar pengiriman makanan yang mengisi 1,3% total pasar makanan di Asia Tenggara. Baginya, yang penting makanan tersedia cepat dan tanpa perlu repot mengantri.

Laporan riset Google-Temasek terbaru menyebut bahwa nilai sektor pengiriman makanan di Asia Tenggara meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun ke tahun, dan diproyeksikan akan melewati USD 20 miliar pada tahun 2025.

Menurut Kameswara Natakusumah, pengamat teknologi dan bisnis digital di Jakarta, pasar makanan Indonesia kini sedang bergerak dipicu persaingan dua pemain utamanya di Indonesia Gojek dan Grab.

Berdasarkan penelitian pasar yang dilakukan oleh Kantar, GrabFood adalah platform pengiriman makanan yang paling sering digunakan di enam negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.Gojek bukannya tinggal diam merespons persaingan yang semakin intens.

Sementara itu menurut riset Nielsen Singapura, GoFood memimpin pasar pengiriman makanan di Indonesia dengan menguasai 75% pangsa pasar.

Related Posts
1 daripada 7

Di tengah meningkatnya persaingan itu, baik Grab dan Gojek berinvestasi besar-besaran dalam membangun program penghargaan dan loyalitas untuk mengikat dan mempertahankan pelanggan. Pada saat yang sama, mereka juga mengeluarkan diskon dan promo untuk meningkatkan pesanan makanan.

“GrabFood unggul dalam inovasi dan teknologi. ‘Dapur’ mereka sudah bekerja bahkan sebelum konsumen memesan. Maksudnya, dapur teknologi, bukan sekadar dapur tempat memasak makanan,” gurau Kameswara.

“Inovasi teknologi Grab terlihat dalam konsep dapur satelit GrabKitchen. Ini perpaduan antara kolaborasi antar-brand dan kecanggihan teknologi. Dengan konsep dapur delivery only ini, makanan lebih cepat disediakan dan di antar ke konsumen dalam jarak wilayah tertentu. Kurir juga tidak perlu mengantri seperti di restoran biasa,” papar Kameswara.

Baru pekan ini, GrabFood mengumumkan bahwa mereka telah menjadi perusahaan pengiriman makanan terbesar di Indonesia berdasarkan nilai barang bruto (gross merchandise value/GMV). Grab juga meluncurkan menu pesanan berbasis data untuk konsumen dalam kemitraan dengan pedagang. Fokus pada pelokalan inilah yang telah mendorong GrabFood ke posisi terdepan.

“Dari Juni 2018 sampai Juni 2019, GMV GrabFood di Asia Tenggara tumbuh 900%. Pada paruh pertama tahun 2019 saja, Grab menyatakan GMV GrabFood di Indonesia meningkat tiga kali lipat,” ujar Kameswara yang kini mengembangkan ventura rintisan di bidang bioteknologi.

Kameswara menyebutkan, rencana Grab untuk membuka kantor pusat kedua dan pusat aktivitas GrabFood Asia Tenggara di Indonesia yang telah disampaikan ke Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu menjadi pondasi penting Grab untuk makin merajai sektor pengiriman makanan di region ini di masa yang akan datang.

“Dari laporan Google Temasek tadi kita bisa melihat kuenya akan terus tumbuh dan menyediakan ruang persaingan yang semakin luas. Kini GrabFood relatif unggul dan tantangannya adalah mempertahankan keunggulan melalui inovasi,” kata Kameswara.