Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Layanan 4G Telkomsel Kini Jangkau Natuna dan Anambas

Kabar gembira bagi kawan-kawan yang tinggal di pulau Natuna dan Anambas. Layanan 4G Telkomsel kini sudah bisa dinikmati penduduk di dua pulau terdepan Indonesia tersebut setelah Telkomsel membangun dua base transceiver station atau BTS 4G yang baru.

BTS 4G terbaru di Natuna berlokasi di Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna. Sementara itu, BTS 4G baru di pulau Anambas dibangun di Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Guna memperluas layanan 4G Telkomsel tersebut, operator nasional ini menggandeng Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika atau BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui program Universal Service Obligation atau USO.

Pulau Natuna yang ditandai oleh panah merah. Gambar oleh wisatalova.com

Dengan perluasan layanan 4G Telkomsel tersebut berarti sudah ada 89 BTS di Natuna dan Anambas yang kini dioperasikan oleh Telkomsel, delapan di antaranya merupakan BTS 4G.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan, “Upaya Telkomsel dalam membangun layanan 4G di Natuna dan Anambas selaras dengan komitmen dalam memperkuat wilayah terdepan yang merupakan lini strategis Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kami berharap pemerintah dan masyarakat dapat mengoptimalkan layanan 4G yang kami gelar untuk meningkatkan produktivitas dalam membangun wilayah Natuna dan Anambas.”

Bukan perkara mudah memperkuat jaringan 4G di Natuna dan Anambas.

Related Posts
1 daripada 28

Pihak Telkomsel harus mendatangkan perangkat BTS dari luar pulau lalu melewati medan yang sulit hingga perangkat BTS benar-benar dapat terbangun secara solid.

“Kendati penuh tantangan, pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Natuna dan Anambas tetap kami lakukan, agar wilayah-wilayah terdepan ini bisa memperoleh layanan yang sejajar dengan kota-kota lain di Indonesia,” papar Bob.

Baca juga: Telkomsel CloudMAX Permudah Pelanggan Berbagi dan Simpan File di “Awan”

Pulau Natuna dan Anambas sendiri berbatasan langsung dengan Vietnam, Kamboja, Singapura dan Malaysia. Dengan diperkuatnya jaringan 4G Telkomsel di dua pulau tersebut diharapkan masyarakat bisa lebih cepat dalam bertukar informasi. Apalagi bagi warga kepulauan Natuna yang terletak pada jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea, dan Taiwan. Selain itu, Natuna juga dikenal sebagai penghasil minyak dan gas.

Diperkuatnya jaringan 4G Telkomsel ini diharapkan bisa mendukung ekonomi di pulau Natuna dan Anambas sehingga dapat menarik investor, menciptakan peluang usaha hingga membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat.

Dengan penambahan layanan 4G Telkomsel tersebut maka sejauh ini Telkomsel telah membangun lebih dari 160 ribu BTS di seluruh nusantara hingga akhir tahun lalu. Dari lebih dari 160 ribu BTS tersebut, lebih dari 28 ribu di antaranya merupakan BTS 4G untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan menggunakan layanan data.

Dengan jumlah pelanggan melampaui 196 juta, Telkomsel merupakan operator seluler terbesar nasional. Memasuki era digital, Telkomsel fokus mengembangkan bisnis berbasis digitalnya, yakni digital advertising, digital lifestyle, mobile financial services dan internet of things atau IoT.