alexa

Layanan 5G Indosat Ooredoo Siap Geber Jakarta Jadi Smart City

Jakarta, Gizmologi – Indosat Ooredoo resmi meluncurkan layanan 5G secara komersial di kawasan Jakarta. Kehadiran layanan 5G ditujukan untuk mempercepat transformasi digital dan visi smart city Jakarta.

“Saya dengan rendah hati dan rasa bangga meluncurkan layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta, sekaligus sangat senang dengan potensi transformatifnya di berbagai industri,” ujar Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama dalam acara peluncurannya, Kamis (26/8/2021).

Dikatakan Neama, layanan 5G yang dihadirkan Indosat Ooredoo dapat menggali potensi untuk merevolusi industri manufaktur kota, layanan publik, sektor kesehatan, dan memenuhi permintaan konten digital dan layanan hiburan yang terus meningkat melalui jaringan seluler.

Terlebih menurutnya, infrastruktur Jakarta lebih lengkap untuk mendukung episentrum ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Sehingga ada banyak use case 5G yang relevan untuk diterapkan sebagai pengembangan smart city.

“Ada banyak pelanggan B2B yang ingin lihat use case tersebut. Selain itu dari sisi data, ada lompatan data yang meningkat karena pandemi. Untuk itu kami berkomitmen membawa teknologi terbaru guna meningkatkan pengalaman pelanggan, enterprise, hingga pemerintah kota Jakarta,” paparnya.

Saat ini, cakupan layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta menjangkau Kawasan Monumen Nasional, Jalan Medan Merdeka, dan sekitar kantor Indosat Ooredoo di Jakarta Pusat. Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan setelah Solo dan Jakarta, pihaknya berencana memperluas peluncuran komersial layanan 5G ke kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Setelah Jakarta akan ada di Surabaya, Makassar, dan Balikpapan,” ucap Vikram.

Baca Juga: Menguak Teknologi SRv6 Cisco di Jaringan 5G Indosat

Kolaborasi Layanan 5G Indosat Ooredoo

Layanan 5G Indosat di Jakarta

Layanan 5G Indosat Ooredoo menawarkan kecepatan internet tinggi dan latensi rendah yang dapat diberdayakan ke berbagai sektor industri. Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta melibatkan sejumlah mitra seperti Ericsson, Qualcomm, Indocyber, SONAR, Sari Technology x Universitas Gunadharma, Bosch, dan MPS.

5G bukan semata perubahan dari segi kecepatan tetapi juga akan memungkinkan berbagai use case yang penting untuk mendukung visi Indonesia digital. Dalam mengaplikasikan jaringan 5G di berbagai use case dibutuhkan kolaborasi berbagai pihak,” kata Vikram.

Dalam peluncuran, Anies Baswedan menyebut pihaknya memberikan dukungan dan siap berkolaborasi untuk bisa mempercepat smart city, smart government, dan smart city.

“Kami berharap dengan peluncuran layanan 5G ini, membawa manfaat sebesar-besarnya untuk warga Jakarta, dan kami siap berkolaborasi lebih lanjut serta membuat seluruh kota siap memanfaatkannya,” paparnya.

Selain menawarkan kecepatan internet tinggi dengan latensi rendah, jaringan 5G ini diklaim dapat memberdayakan berbagai use cases unik yang mencakup semua industri dan berlaku untuk pelanggan bisnis dan konsumen.

Beberapa use cases paling canggih termasuk mobil terhubung dan layanan hiburan dalam mobil, teknologi pengawasan pintar seperti drone dan CCTV pintar, listrik pintar yang secara otomatis mendeteksi kesalahan di sirkuit rumah tangga, aplikasi kesehatan yang melibatkan pemantauan jarak jauh, dan aplikasi hiburan seperti video HD seluler, video 360, dan virtual reality.

Tinggalkan komen