Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Siap-Siap! Lazada Bakal Hadirkan Voucher Belanja Rp12 Miliar di Harbolnas 12.12

0 277

Gelaran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) sepertinya sudah menjadi ‘hari raya’ tersendiri bagi penggila belanja online. Kampanye yang dimulai sejak tahun 2012 tersebut sekarang telah menjadi hal yang ditunggu-tunggu untuk berburu barang impian dengan harga yang relatif murah.

Dalam gelaran Harbolnas 12.12 tahun 2019 ini, perusahaan dagang elektronik (e-commerce) Lazada akan menggelar Grand Year End Sale pada tanggal 12,13, dan 14 Desember dengan konsep belanja interaktif yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan voucher belanja senilai total 12 miliar rupiah.

Selain itu, Lazada juga akan memberikan berbagai bonus yang salah satunya adalah tiket untuk menyaksikan malam final anugerah musik paling bergengsi di dunia Grammy Awards di Los Angeles.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia mengatakan upaya tersebut merupakan bagian dari inovasi dan komitmen Lazada untuk senantiasa memajukan industri e-commerce di Indonesia. “Bagi Lazada, 12.12 adalah ajang unjuk kebolehan bagi Lazada, para brand, seller dan enabler e-commerce dalam mengerahkan seluruh kreativitas, inovasi, teknologi, dan infastruktur untuk mewujudkan keinginan dan menciptakan nilai bagi konsumen,” kata Monika.

Dengan mengusung tema Lazada 12.12 “Kabulkan Keinginanmu” perusahaan eCommerce tersebut akan menggelar berbagai aktivitas online yang menawarkan berbagai hadiah mulai dari liburan ke Bali, Korea, dan Jepang, serta kesempatan untuk tampil sepanggung bersama penyanyi Andmesh di Lazada 12.12 Grand Show.

SVP Trafik dan Operasi Lazada, Haikal Bektianggoro mengatakan dalam kampanye Lazada 12.12 Grand Year End Sale, pengguna juga dapat mengumpulkan berbagai voucher diskon belanja senilai total Rp 12 miliar yang bisa dikumpulkan mulai tanggal 5 – 12 Desember untuk dapat digunakan di periode 12 – 14 Desember dengan berbagai cara interaktif, termasuk game di aplikasi seperti livestream game show Guess IT King (9 Des), MojiGo dan Stamp Hut (5 – 14 Des 2019) .

Baca juga: Inilah 6 Laptop Keren HP yang Cuma Dijual di Lazada

Adapun kesempatan bagi penguguna Lazada untuk menyaksikan acara  62nd GRAMMY Awards® secara langsung di Los Angeles merupakan kolaborasi dengan Mastercard. “Rencananya, pemenang yang beruntung akanenikmati perjalanan gratis, selama 4 hari 3 malam yang termasuk di dalamnya adalah tur pribadi keliling Los Angeles, sesi makeover dengan para ahli sebelum acara red-carpet dan Official GRAMMY Celebration® After Party setelah acara penghargaan selesai.

Ki-Ka : SVP Traffic and Operations Heikal Bektianggoro, Chief Customer Experience Officer Ferry Kusnowo dan Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia Monika Rudijono

Persaingan ketat industri dagang elektronik

Industri perdagangan elektronik di Indonesia terbilang semakin ketat. Berdasarkan riset iPrice beberapa waktu lalu,Shopee, Lazada, dan Tokopedia mengukuhkan diri sebagai e-commerce terpopuler di Asia Tenggara untuk periode triwulan III 2019.

Sengitnya persaingan tersebut menuntut pelaku industri untuk terus berinovasi demi merebut ceruk pasar yang masih tergolong sangat potensial. Laporan State of Internet Q1 2017 dari Akamai menyebutkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan adopsi digital tertinggi di dunia, mengalahkan India dan China.

Baca juga: Ramaikan Harbolnas, JD.ID Gelar SEBUT

Lazada sendiri menekankan pihaknya terus melakukan berbagai inovasi teknologi dan logistik yang digencarkan Lazada di berbagai aspek demi kenyamanan dan keamanan belanja online, baik bagi pembeli maupun penjual,

“Berawal dari pengalaman fokus di website yang bisa diakses pada 12.12 di tahun 2012, kami mengusung aplikasi ponsel sejak 2014. Sedangkan untuk mendorong partisipasi, di awal kami mengikuti Harbolnas di 2012, kami menyediakan Cash on Delivery namun sekarang kami telah memiliki beragam pilihan pembayaran yang lebih mudah dan aman, mulai dari dompet digital, cicilan hingga pembayaran langsung di kasir minimart,” kata Chief Customer Experience Officer Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo.

Ferry menambahkan, “Jangkauan kami pun semakin meluas, di 12 .12 tahun 2012, kami melayani area Jakarta dan sekitarnya, dan seiring berjalannya waktu saat ini kami telah bisa melayani ke hampir 500 kabupaten/kota di Indonesia, berkat dari pengembangan infrastruktur logistik kami. Pada saat Harbolnas 2012 dulu Lazada baru memiliki 1 gudang, namun demi menjangkau lebih banyak konsumen kami meningkatkan fasilitas gudang kami hingga saat kami sudah memiliki 12 gudang dan 2 pusat penyotiran. Lebih dari itu, di tahun 2015 pun kami meresmikan layanan kurir Lazada (Lazada Express) dengan  1 last mile hub dan 700 kurir. Dan saat ini kami sudah memiliki  74 last mile hub dan total lebih dari 8000 kurir.”

Tak hanya itu, lanjut Ferry, interaksi konsumen yang awalnya murni klik dan beli di 2012, sejak 2017 konsumen bisa belanja ambil menonton tayangan livestreaming dan di tahun 2018 kami pun memperkenalkan game dalam aplikasi yang interaktif bagi konsumen kami. Kami juga mengabulkan keinginan konsumen yang menginginkan produk dengan jaminan keaslian, dan layanan pengembalian produk tanpa ribet dalam kurun waktu 15 hari dari waktu pembelian melalui peluncuran LazMall di tahun  lalu.”

Sebagai informasi, kampanye Harbolnas 12.12 pertama kali diselenggarakan tahun 2012 oleh Lazada bersama lima pelaku eCommerce lainnya. Sekarang Harbolnas 12.12 telah menjadi festival belanja nasional yang fenomenal dengan partisipasi hampir 300 pelaku eCommerce. Menurut Laporan eConomy 2019 dari Google dan Temasek, e-commerce ini memiliki nilai industri sebesar USD 20,9 miliar tahun 2019 dan menjadi salah satu penggerak utama pertumbuhan ekonomi digital Indonesia saat ini yang memiliki nilai industri sebesar USD 40 miliar. (PNJ)